Sukses

Terlalu Malas Menyikat Gigi, Bocah Ini Alami Kejadian yang Bikin Ngeri

Menyikat gigi pada malam hari adalah hal yang penting dilakukan agar tak mengalami hal yang merugikan.

Liputan6.com, Jakarta Menyikat gigi adalah salah satu menjaga kesehatan diri sendiri. Menyikat gigi sangatlah penting bagi kesehatan mulut maupun untuk menjaga kebersihan.

Sejak kecil anak akan sering dinasihati soal kebersihan dan kesehatan diri. Salah satunya adalah rajin menyikat gigi. Sikat gigi yang baik yang dianjurkan oleh ahli kesehatan yaitu dua kali sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Orang tua kerap kali memaksa anaknya agar mau menyikat giginya dengan rajin, terutama pada malam hari. Pada malam hari, orang akan lebih cenderung malas untuk melakukannya. Padahal menyikat gigi sebelum tidur adalah hal yang penting.

Seperti yang terjadi pada bocah berusia 4 tahun ini. Dilansir Liputan6.com, Jumat (12/4/2019) dari World of Buzz, bocah berusia 4 tahun asal Phuket, Thailand memiliki kebiasaan malas untuk menyikat gigi pada malam hari. Akibat dari kebiasaannya tersebut, ia mengalami hal tak terduga pada giginya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

18 Giginya Hilang dan Hanya Tersisa 2

Sathian Ken Suravisankul, dokter yang menangani bocah mengatakan bahwa bocah tersebut telah kehilangan 18 giginya dan hanya menyisakan dua gigi saja di dalam mulutnya.

Hal ini dilakukan karena kerusakan pada gigi bocah usia 4 tahun itu sudah sangat parah. Ia bahkan terkejut melihat kondisi gigi itu. Sehingga tak ada pilihan lain selain mencabut atau mengekstraksi 18 giginya.

Setelah ditangani, bocah itu hanya memiliki dua gigi yang berada di sisi rahangnya dan akan memengaruhi asupan makannya dalam jangka pendek.

Dokter Sathian menduga bahwa orang tuanya kerap sekali memberikannya sebotol susu jika anaknya sedang menangis pada malam hari dan tidak menyikat gigi setelahnya berdasarkan keterarangan yang ditulis China Press.

3 dari 3 halaman

Susu yang Menempel Bisa Merusak Gigi

Susu memang salah satu asupan yang baik bagi tubuh anak-anak. Meminum susu seolah wajib bagi anak untuk tumbuh kembangnya.

Namun, dalam kasus ini adalah bocah tersebut tidak membersihkan gigi dan mulutnya pasca mengonsumsi minuman susu tersebut.

Dokter gigi mengatakan bahwa botol dot pada bayi maupun batita dapat meningkatkan risiko merusak gigi dan memengaruhi kesehatan lainnya. Tak hanya susu, sebelum tidur dianjurkan untuk menyikat gigi agar bersih dari sisa-sisa makanan atau minuman yang menempel agar kebersihan tetap terjaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.