Sukses

11 Tempat Wisata di Bandung yang Murah Meriah, Ada yang Gratis!

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bandung yang murah ternyata ada banyak, bahkan ada yang gratis. Bandung merupakan salah satu wilayah metropolitan di Indonesia.

Banyak wisatawan menjadikan Bandung sebagai pilihan tepat untuk berlibur. Berbagai tempat wisata ditawarkan oleh Kota Kembang ini. Mulai dari alam hingga wisata belanja.

Jika kamu merupakan traveler yang tak ingin merogoh kocek lebih dalam, tempat wisata di Bandung yang murah ini tempat yang tepat kamu cari. Bandung rupanya memiliki tempat wisata murah meriah bahkan gratis. Penasaran apa saja tempat wisata di Bandung yang murah?

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang tempat wisata di Bandung yang murah, Jumat (12/4/2019).

2 dari 6 halaman

Museum

Museum Geologi Bandung

Tak jauh dari Gedung Sate, kamu dapat menemukan museum Geologi Bandung. Untuk dapat masuk ke museum ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 2 ribu untuk pelajar, Rp 3 ribu untuk warga lokal, dan Rp 10 ribu untuk wisatawan asing.

Di museum ini kamu dapat berbagai ruang peragaan yang menampilkan kondisi geologi Indonesia tiap zamannya, fosil, flora-fauna dan sejarah terbentuknya kota Bandung, serta sumber daya geologi dan pemanfaatannya.

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955. Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka.

Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika.

Untuk dapat merasakan euforia Konferensi Asia Afrika ini, kamu cukup datang ke Jalan Asia Afrika No. 65. Kota Bandung. Kamu tak perlu merogoh kocek sepeserpun karena museum ini menggratiskan para pengunjungnya untuk masuk.

Museum Sri Baduga

Satu lagi museum yang patut dikunjung saat di Bandung adalah Museum Sri Baduga. Museum Sri Baduga memiliki koleksi benda-benda bersejarah seperti berbagai jenis koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi.

Museum Sri Baduga berada di Jl. BKR No.185 ( Lingkar Selatan ) kota Bandung. Harga tiket masuk museum ini juga amat murah meriah yaitu Rp 2.500 untuk orang dewasa dan Rp 1.500 bagi anak-anak.

3 dari 6 halaman

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani merupakan tempat wisata di Bandung yang Murah dengan konsep edukasi yang tepat untuk liburan anak. Di sini, kamu bisa melihat berbagai konsep lalu lintas berupa simulasi dan berbagai rambunya.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani ini berada di Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung. Kamu bisa datang pada jam operasional yang ditentukan pada Senin – Kamis 08.00 – 15.00 WIB dan Sabtu, Minggu, Libur Nasional 08.00 – 16.00 WIB. Tempat Wisata di Bandung yang murah satu ini tutup pada tiap hari Jumat.

Untuk harga tiketnya pada Senin – Kamis kamu cukup mengeluarkan uang Rp 6.000, sementara Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional dikenakan tarif Rp 7.000.

4 dari 6 halaman

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang dikonsep sebagai tempat wisata keluarga yang unik dan lengkap. Selain pasar kuliner terapung, pengunjung juga bisa mencoba berbagai spot menarik yang bisa dinikmati bersama keluarga, seperti Kota Mini, penyewaan kostum Jepang dan Korea, Rainbow Garden, dan wahana permainan air.

Di dalam area Floating Market juga terdapat beberapa tempat yang membuat pengunjung seakan berada di sebuah desa di Jepang dan di sebuah ladang bunga di Jerman. Objek wisata ini buka Senin–Jumat dari pukul 09.00–17.00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu–Minggu dan hari libur, jam buka dari pukul 09.00–20.00 WIB.

Biaya masuk ke Floating Market Rp 20 ribu di akhir pekan/hari libur dan Rp 15.000 di hari biasa. Untuk menikmati berbagai wahana di area Floating Market, pengunjung dikenai biaya tambahan.

5 dari 6 halaman

Menyusuri Kota Bandung

Gedung Sate

Karena bangunannya yang ikonik dan bersejarah, Gedung Sate telah menjadi salah satu tujuan objek wisata di Bandung. Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto ria.

Untuk dapat menikmati kemegahan Gedung Sate dari luar, kamu tak perlu merogoh kocek sepeserpun alias gratis. Kamu dapat berfoto dan menikmati hiruk pikuk kota Bandung yang indah.

Alun-alun Bandung

Jika berwisata ke kota Bandung tak lengkap jika tak singgah ke alun-alun Bandung. Tempat ini telah menjadi objek wisata yang populer di Bandung. Tak ada tarif tertentu untuk menikmati tempat wisata di Bandung yang murah ini.

Kamu dapat menikmati sore di alun-alun Bandung ditemani dengan kuliner yang dapat kamu beli di sekitar tempat wisata di Bandung yang murah ini. Saat ini Alun-alun Bandung telah mengalami renovasi yang membuat tempat ini ramah akan pengunjung.

Jalan Braga

Jalan Braga menjadi salah satu maskot Bandung sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya.

Di sini kamu dapat merasakan kemegahan kota Bandung dari bangunan-bangunan tempo dulunya. Hingga saat ini kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sama seperti tempat wisata di Bandung yang murah, Jalan Braga gratis untuk di akses.

6 dari 6 halaman

Wisata Alam

Taman Begonia

Taman Begonia merupakan alah satu taman bunga di Bandung yang sangat fenomenal keberadaannya. Di sini kamu juga bisa menikmati wisata alam Bandung lembang yang sejuk, tenang dan memanjakan mata.

Tempat Wisata di Bandung yang murah ini berada di Jalan Maribaya N0 120 A Lembang. Di sini kamu bisa merasakan sensasi keindahan aneka bunga khas Indonesia dan mancanegara. Untuk dapat masuk ke taman ini kamu cukup menyiapkan uang Rp 10 ribu tiap orangnya. Murah, kan?

Curug Maribaya

Curug Maribaya dikenal sebagai air terjun yang kental akan mitos dan hal mistis di dalamnya. Namun tak perlu khawatir, lokasi ini tetap menyimpan pesona alam yang luar biasa indahnya.

Selama kamu berhati-hati, tidak akan terjadi masalah saat mengunjunginya. Untuk menikmati pemandangan air terjun ini, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp 3.000 untuk dapat masuk ke tempat wisata di Bandung yang murah ini.

Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit atau yang juga dikenal dengan Punclut merupakan salah satu wisata Bandung yang patut dikunjungi saat berada di Bandung. Tak jauh dari pusat kota, kamu dapat menyaksikan indahnya Kota Bandung dari ketinggian. Tempat ini juga gratis untuk dikunjungi dan selalu indah baik siang atau malam hari.

Beberapa tempat makan pun tersedia di wilayah ini. Di sini kamu juga bisa menemukan kuliner-kuliner khas Sunda yang siap menemani waktumu menikmati keindahan kota Bandung dari ketinggian.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Paket Wisata Pangandaran dari Bandung, Intip Tujuan dan Harganya
Artikel Selanjutnya
6 Tempat Wisata Keluarga di Bandung untuk Habiskan Akhir Pekan