Sukses

6 Wisata Trenggalek dengan Keindahan Alam, Mulai dari Pantai hingga Perbukitan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Trenggalek didukung dengan letak geografisnya yang dikelilingi oleh pegunungan. Merupakan salah satu kabupaten yang berada di kawasan selatan Jawa Timur, Trenggalek memiliki berbagai objek wisata yang sangat indah.

Banyak sekali pantai-pantai yang begitu mempesona terletak di Trenggalek ini. Bahkan saking banyaknya kawasan pantai, letaknya pun tidak terlalu berjauhan satu dengan yang lainnya.

Selain itu, wisata Trenggalek lainnya menawarkan keindahan alam yang indah dan asri, serta keindahan pegunungan. Ada juga wisata air terjun dan bukit pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/4/2019) tentang wisata Trenggalek.

2 dari 4 halaman

Pantai Taman Kili-Kili dan Pantai Pelang

1. Pantai Taman Kili-Kili

Wisata Trenggalek yang pertama adalah Pantai Taman Kili-Kili. Istimewanya pantai ini adalah karena di sini kamu bisa melihat kawanan penyu, karena Pantai Kili-kili ini memang merupakan tempat penangkaran penyu.

Ada beberapa penyu yang biasanya bertelur di pantai taman Kili-kili ini, diantaranya adalah penyu abu abu, penyu belimbing, penyu sisik dan penyu hijau. Kawasan pantai taman Kili-kili ini memang dijadikan konservasi pembudidayaan penyu dengan tujuan untuk mengawal induk penyu yang telah selesai bertelur. Ada juga kegiatan seru melepas anak penyu ke lautan lepas bila kamu beruntung.

Pantai ini berjarak 54 kilometer dari pusat Kota Trenggalek. Dengan pemandangan indah karena bisa melihat sunset, kamu juga akan dimanjakan dengan pasir lembut yang terhampar di sepanjang pantai. Di salah satu wisata Trenggalek ini kamu juga bisa berenang di tepi pantai dengan ombak yang menyegarkan.

2. Pantai dan Air Terjun Pelang

Wisata Trenggalek satu ini merupakan wisata yang mana di satu tempat kamu bisa mendapatkan dua destinasi sekaligus. Pantai Pelang memiliki panorama yang sangat indah dengan ombak yang bersar, jadi kalau ingin berenang di sini, kamu harus hati hati.

Di samping itu, air terjun pelang merupakan wisata Trenggalek yang memiliki tinggi 25 meter dengan air deras yang sangat menyegarkan. Jadi kalau kamu takut mandi atau berenang di pantainya, kamu bisa melarikan diri ke Air terjun Pelang ini.

Seakan tidak hentinya memberikan sajian menarik untuk wisatawan, kawasan wisata Pantai Pelang ini bahkan memiliki daerah perbukitan yang membuat kamu bisa menikmati pemandangan pantai dan alam di sekitar. Pantai Pelang ini berjarak 57 kilometer dari pusat Kota Trenggalek.

3 dari 4 halaman

Pantai Prigi dan Mangrove Pancer Cengkrong

3. Pantai Prigi

Pantai Prigi merupakan landmark Kabupaten Trenggalek. Wisata Trenggalek ini adalah tempat wisata kegemaran keluarga di musi liburan.

Berjarak 48 kilometer dari pusat Kota Trenggalek, Pantai Prigi dikenal memiliki pasir putih yang lembut dan pemandangan yang begitu mempesona. Selain itu, di sekeliling pantai, kamu bisa menemukan pelabuhan. Di sana kamu bisa membeli ikan segar yang baru saja ditangkap nelayan.

4. Mangrove Pancer Cengkrong

Wisata Trenggalek yang tak kalah indahnya adalah Mangrove Pancer Cengkrong. Berjarak kurang lebih 49 kilometer dari pusat Kota Trenggalek, di sini kamu dapat menikmati pemandangan hutan bakau yang sangat luas.

Kamu bisa menikmati pemandangan hamparan pohon bakau yang terbentang luas ini dari jembatan kayu yang disediakan disana. Di bawah jembatan, kamu bisa melihat pemandangan aliran sungai Kalisongo yang menuju ke Pantai Cengkrong.

Tidak hanya berbagai macam keindahan yang kamu dapatkan dari mengunjungi mangrove pancer cengkrong ini, kamu juga bisa ikut langsung dalam menanam mangrove mulai dari penyemaian hingga mengolah sirup mangrove nantinya.

4 dari 4 halaman

Bukit Banyon dan Banyu Nget

5. Bukit Banyon

Bukit Banyon sering juga dipanggil dengan sebutan negeri diatas awan. Hal ini disebabkan oleh lokasi bukit banyon yang membuat wisatawan bisa merasakan sensasi yang luar biasa yaitu serasa berada di atas awan.

Soalnya dari atas bukit banyon pengunjung dapat menikmati pemandangan area sekeliling Kabupaten Trenggalek yang diselimuti gumpalan awan bagaikan kumpulan kapas putih yang menyelimuti pemandangan dibawahnya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset dari salah satu wisata Trenggalek ini. Pada malam hari, kamu juga bisa melihat pemandangan kota trenggalek yang dihiasi lampu lampu yang menambah syahdu malam kamu.

6. Air Terjun Banyu Nget

Wisata Trenggalek selanjutnya adalah Banyu Nget. Disini kamu bisa menikmati keindahan alam sekaligus berenang dan melepas penat.

Khususnya bagi kamu yang ingin melepas penat karena pekerjaan setiap hari, Banyu Nget akan menjadi solusi yang sangat tepat untukmu. Dengan suasana yang asri, alami dan masih sejuk dengan udara khas pegunungannya, kamu akan merasakan ketenangan dan kenyamanan disini.

Berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Trenggalek, Banyu Nget memiliki beragam fasilitas wisata lainnya yang dapat kamu nikmati selain air terjunnya. Di antaranya adalah Sepeda Udara, Hammock, air hangat, air terjun Urang Kambu, Batu Payung, hingga Goa Grojok.