Sukses

Cara Buat YouTube Aman untuk Diakses Anak, Tak Perlu Khawatir Lagi

Terkadang konten-konten yang tersedia di YouTube sering tak ramah terhadap anak.

Liputan6.com, Jakarta YouTube memiliki satu miliar pengguna setiap hari, banyak di antaranya adalah anak-anak dan remaja. YouTube adalah platform paling populer di dunia untuk menonton dan berbagi video. Berbagai jenis video dapat ditemu di YouTube.

Di zaman saat ini anak sudah dapat mengakses internet dengan cepat. Salah satu aplikasi yang begitu disukai anak adalah YouTube. Terkadang konten-konten yang tersedia di YouTube sering tak ramah terhadap anak.

 

Konten seperti kekerasan dan pornografi semakin meresahkan orang tua saat ini. Meskipun YouTube tidak dapat sepenuhnya ramah terhadap keluarga, sebagai orang tua ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu menghentikan anak-anak melihat konten yang tidak pantas.

Jika Anda memiliki anak yang aktif menggunakan internet khususnya YouTube Anda perlu mulai membatasinya dan memasang keamanan tertentu terhadap konten-konten yang diakses. Berikut cara membuat YouTube lebih aman diakses anak yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gunakan YouTube Kids

YouTube telah membuat aplikasi ramah anak, YouTube Kids. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Android atau iOS, dan ini adalah cara yang bagus untuk memastikan konten tak pantas tidak pernah menjangkau anak-anak Anda.

Namun, Anda juga harus tetap mengawasi anak saat mengakses YouTube. YouTube Kids memiliki beberapa opsi untuk orang tua, yang memungkinkan mereka untuk menjaga anak-anak mereka dari video yang tidak pantas. Anda dapat memasang kode sandi pada aplikasi YouTube Kids anak Anda.

Cara mengatur kode sandi di aplikasi YouTube Kids

- Buka aplikasi YouTube Kids di Android atau iOS.

- Ketuk ikon kunci di kanan bawah.

- Selesaikan soal matematika yang ditampilkan dan ketuk Kirim.

- Tetapkan kode sandi empat digit, dan konfirmasikan.

- Kode sandi ini dibuat untuk mengakses pengaturan dan pembatasan aplikasi. Selama anak-anak tidak tahu kode sandi ini, mereka tidak akan dapat melewati batasan apa pun di YouTube Kids.

3 dari 5 halaman

Cara menjaga keamanan anak-anak di YouTube Kids

Jika Anda masuk ke akun, ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan pengaturan yang relevan agar anak-anak Anda tetap aman di YouTube Kids.

- Buka aplikasi YouTube Kids di Android atau iOS.

- Ketuk ikon kunci di kanan bawah. Masukkan kode sandi Anda.

- Ketuk Pengaturan.

- Ketuk nama profil anak Anda.

- Masukkan kata sandi Gmail Anda dan masuk.

- Nonaktifkan allow searching. Ini akan menghapus opsi pencarian dan mencegah anak Anda menemukan video tak pantas di YouTube Kids.

- Aktifkan approved content only. Setelah melakukan ini, Anda dapat pergi ke layar beranda aplikasi dan memilih saluran tempat anak-anak Anda ingin menonton video. Masing-masing saluran ini telah disetujui oleh kurator manusia, sehingga anak Anda tidak bergantung pada algoritma Google saja.

- Aktifkan jeda riwayat tontonan. Ini akan mencegah Anak-anak YouTube menggunakan tampilan video atau istilah pencarian di aplikasi untuk merekomendasikan video.

 

Cara membatasi waktu anak-anak di YouTube Kids

Langkah-langkah ini akan memungkinkan Anda untuk membatasi berapa lama anak Anda menonton video YouTube melalui aplikasi YouTube Kids.

- Buka aplikasi YouTube Kids di Android atau iOS.

- Ketuk ikon kunci di kanan bawah. Masukkan kode sandi Anda.Ketuk Timer.

- Anda sekarang dapat menetapkan batas waktu antara satu dan 60 menit. Setelah selesai, ketuk Start timer.

 

4 dari 5 halaman

Cara melaporkan video yang tidak pantas di YouTube Kids

Langkah-langkah sederhana ini memungkinkan Anda melaporkan video yang tidak pantas untuk anak-anak di YouTube Kids. Langkah-langkah ini akan memungkinkan Anda untuk menjauhkan video yang tidak pantas dari anak-anak Anda di aplikasi YouTube Kids.

- Buka aplikasi YouTube Kids di Android atau iOS.

- Putar video apa saja.

- Jeda video, lalu ketuk ikon Tandai atau tombol Laporan.

- Pilih masalah dengan video dari tiga opsi - audio yang tidak pantas, video yang tidak pantas, atau lainnya.

- Ketuk Laporan.

Anda juga dapat memblokir video tertentu agar tidak muncul di aplikasi YouTube Kids.

- Buka saluran apa saja di YouTube Kids.

- Ketuk ikon tiga titik vertikal di bawah video.

- Ketuk Blokir video ini.

5 dari 5 halaman

Batasi konten di situs web YouTube

Anak mungkin tak hanya mengakses YouTube melalui aplikasi, ia juga dapat mengakses YouTube melalui situs web. Maka dari itu Anda juga perlu mengatur sedemikian rupa agar situs YouTube di perangkat Anda aman atau bahkan tak dapat dijangkau oleh anak. Berikut langkahnya:

- Buka situs YouTube di browser Anda, klik Pengaturan.

- Di bagian bawah halaman klik untuk Restricted Mode: On. Lalu pergi ke Lock Restricted Mode di browser tersebut. Setelah Anda mengklik Simpan, orang lain tak dapat mengubah pengaturan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini