Sukses

12 Bau Badan yang Tak Boleh Disepelekan, Bisa Tunjukkan Masalah Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Bau badan merupakan kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja. Bau badan adalah bau yang dikeluarkan tubuh ketikan bakteri yang hidup di kulit memecah protein dalam bentuk keringat menjadi asam. 

Bau badan kemungkinan besar terjadi di beberapa bagian tubuh seperti kaki, selangkangan, ketiak, alat kelamin, rambut kemaluan dan rambut lainnya, pusar, dubur bahkan di belakang telinga. Bau badan yang timbul dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki, bisa berpotensi menandakan masalah kesehatan tertentu.

Bau badan biasa dialami oleh orang yang mencapai tingkat pubertas,obesitas, atau orang dengan kondisi medis tertentu. Jika Anda merasa memiliki bau badan yang tidak normal atau berlebihan, jangan sepelakan hal tersebut. Ada kemungkinan Anda mengalami masalah kesehatan tertentu.

Untuk mengetahui seperti apa bau badan yang perlu diwaspadai, simak ulasan mengenai bau badan yang tak boleh disepelekan dilansir dari Liputan6.com dari Reader's Digest Jumat(12/4/2019):

2 dari 8 halaman

Bau badan busuk

Jika mandi tidak dapat menghilangkan bau yang dikeluarkan dari tubuh Anda, itu bisa menjadi tanda Anda kekurangan magnesium. "Mineral magnesium membantu menghilangkan bau organ internal kita dan juga memengaruhi bau tubuh kita," kata ahli jantung Robert Segal, MD, salah satu pendiri LabFinder.

Ketika seseorang mengonsumsi terlalu banyak kafein, gula dan makanan olahan, kegiatan ini bisa menguras kadar magnesium.

Jika Anda tidak berbau begitu segar dan memiliki gejala lain seperti kram otot, kedutan atau mati rasa, dan kesemutan, cobalah untuk meminta tes darah sederhana pada dokter untuk memeriksa kadar magnesium Anda.

3 dari 8 halaman

Bau badan berlebihan

Jika Anda memiliki gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa, Anda mungkin kekurangan zat seng dalam tubuh. Mineral ini membantu tubuh mengelola limbah dan racun. Ketika ada perintah pencernaan, tubuh mungkin tidak menyerap seng sebagaimana mestinya.

Jika kadar seng terlalu sedikit dalam tubuh Anda mungkin akan mengalami bau badan. Sampel darah atau urin dapat menguji kadar seng dalam tubuh. Karena ini terkait dengan proses pencernaan, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara mengelola baunya.

4 dari 8 halaman

Bau badan seperti ikan busuk

Bau badan ini memiliki istilah ilmiah yaitu Trimethylaminuria atau "sindrom bau ikan." Dalam kelainan genetik yang langka ini, enzim dalam tubuh (disebut FMO3) gagal melakukan tugasnya memecah trimethylamine. Enzim ini didapat dari makan makanan seperti susu, telur, kacang-kacangan, dan daging.

Senyawa kimia ini memiliki aroma belerang dan tajam yang dapat berbau seperti ikan atau telur busuk pada tingkat yang lebih tinggi, Anda mungkin mendapatkan bau urin atau sampah jika berada di bawah sinar matahari. Meskipun tidak ada obatnya, Anda dapat meminimalkan masalah dengan menghindari makanan dengan trimethylamine.

5 dari 8 halaman

Nafas tidak sedap

Napas telur busuk

Jika benang, sikat, atau sepotong permen karet tidak dapat menghilangkan baunya, Anda mungkin memiliki infeksi bakteri. Bakteri umum yang disebut H. pylori dapat hidup dalam sistem pencernaan Anda bisa menjadi penyebabnya.

Bagi sebagian orang, bakteri ini tidak menimbulkan gejala apa pun, bagi yang lain, bekteri ini dapat menyebabkan GERD, penyakit seliaka, bisul perut, dan bahkan kanker lambung.

Napas apel busuk

Ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin, hati akan menciptakan keton kimia, yang merupakan cara tubuh untuk mengimbangi kekurangan insulin. Studi menunjukkan bahwa napas apel yang busuk terkait dengan diabetes yang bergantung pada insulin yang tidak seimbang. Jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, Anda mungkin ingin mencoba tes keton untuk mengontrol kadar gula darah Anda.

Napas pagi yang busuk

Jika Anda mempraktikkan kebersihan mulut yang baik, tidak akan memiliki napas yang busuk di pagi hari. Dalam banyak kasus, kita melihat bahwa orang yang bernapas melalui mulut (karena hidung tersumbat) sebenarnya adalah orang dengan sleep apnea yang tidak terdiagnosis (gangguan tidur yang berbahaya).

Selain itu, mereka bau mulut dip pagi hari juga dapat disebabkan karena mulut sangat kering. Jadi, jika Anda memiliki napas pagi yang buruk dan Anda mendengkur dengan keras, Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang melakukan studi tidur.

Napas apek

Nafas yang berbau aeak atau mirip dengan bawang putih dan telur busuk dapat sangat menganggu. Marc S. Rabinowitz, MD, dari Prevention First Healthcare mengatakan bahwa jika hati mulai gagal dalam tugasnya mendetoksifikasi darah yang bisa terjadi dengan adanya sirosis,napas Anda bisa menjadi apek.

Sangat penting untuk segera menemui dokter Anda. Sebuah studi di Journal of Chromatography B mengungkapkan bahwa sirosis hati dapat bebas dari gejala. Napas bau apek ini mungkin tanda peringatan terbaik dan paling awal.

Napas berbau seperti kencing

Seseorang dengan gagal ginjal mungkin memiliki napas yang berbau seperti amonia atau urin. Itu karena ginjal Anda gagal menyaring produk limbah dari tubuh. Gagal ginjal muncul perlahan-lahan. Jika Anda juga mengalami kram otot atau pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki, atau jika kebiasaan BAB dan BAK Anda telah berubah, periksalah segera ke dokter

6 dari 8 halaman

Bau pada hidung dan telinga

Bau hidung dapat diakitkan dengan kedekatan antara rongga mulut dengan sinus dan tenggorokan. Bau hidung dapat terjadi karena berbagai kondisi kesehatan, seperti tetesan postnasal, batu amandel, gigi yang membusuk, infeksi sinus, dan polip hidung.

Kotoran telinga juga bisa menjadi busuk. Jika Anda mendapati bau pada kotoran telinga, kemungkinan besar Anda menderita infeksi jenis tertentu didalam telinga.

7 dari 8 halaman

Kaki berbau busuk

Bau kaki kebanyakan disangka akibat penggunaan kaos kaki atau sepatu yang lembab. Namun, mungkin itu bukan kesalahan sepatu. Menurut American Podiatric Medical Association, keringat yang berlebihan pada kaki sepanjang hari, setiap hari, baik pada musim panas atau musim dingin bisa menjadi kondisi langka yang disebut hiperhidrosis.

Bagi sebagian orang, keringat begitu kuat hingga ke bagian kaki. Jika kaki Anda selalu berkeringat tidak normal cobalah untuk menanyakan kepada ahli penyakit kaki untuk mendapatkan bantuan dalam mengelola gejalanya.

8 dari 8 halaman

Bau amis pada organ vital

Bau amis dapat disebabkan dari vaginosis bakteri. Semua wanita memiliki bakteri yang biasanya hadir di vagina, tetapi kadang-kadang keseimbangan dapat terganggu. Paling umum, kondisi ini bisa terjadi selama menstruasi, mandi, atau setelah melakukan banyak seks.

Jangan terburu-buru ke toko obat untuk menghilangkan bau tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. American College of Obstetricians dan Gynecologists mengatakan Anda akan memerlukan resep antibiotik untuk mengobati infeksi dan bau amis pada organ vital ini.