Sukses

Tak Seperti di Film, Ternyata Ini 12 Makanan yang Disajikan di Kapal Titanic

Ternyata apa yang dimakan oleh penumpang kelas satu, dua, dan tiga ternyata tidak sama seperti yang ada di film.

Liputan6.com, Jakarta Masih Ingat Titanic? Pasti sebagian besar dari kamu tidak asing dengan film ini. Film ini bergenre drama romantis yang tayang pada tahun 1997. Titanic mengangkat kisah antara Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) dan Jack Dawson (Leonardo DiCaprio). Kapal Titanic merupakan kapal penumpang yang mewah dan diklaim tak bisa tenggelam dan menjadi kapal abadi.

Nahas, pada tanggal 14 April 1912, tepatnya 375 mil selatan Newfoundland, kapal ini menabrak gunung es tepat pukul 23.40 waktu setempat. Akibat tabrakan ini, Kapal Titanic tenggelam setelah selama dua setengah jam terapung di lautan.

Di balik cerita tragis kapal Titanic dan kisah percintaan Rose dan Jack, ada hal unik yang tak pernah terungkap dan kapal ini. Hal menarik ini adalah tentang apa yang sebenarnya dimakan penumpang di kapal mewah tersebut.

Ternyata apa yang dimakan oleh penumpang kelas satu, dua, dan tiga ternyata tidak sama seperti yang ada di film. Berikut makan penumpang kapal Titanic yang telah Liputan6.com lansir dari Reader’s Digest, Minggu (14/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Masakan Unik yang Pernah Disajikan

1.   Tiram

 

Tiram adalah salah satu menu yang sangat populer di awal 1900-an, jadi tidak heran jika tamu kelas satu makan makanan lezat ini sebagai hors d’oeuvres. Tiram sendiri adalah makanan meah yang sangat terkenal di Prancis. Biasanya para penumpang kelas satu memakan tiram mentah atau disajikan dengan berbagai model masakan.

 

2.  Filet mignon Lili

Penumpang kelas satu juga menikmati filet mignon ini sebagai bagian dari jamuan makan malam mereka. Filet mignon adalah potongan daging sapi yang diambil dari ujung tenderloin yang lebih kecil.

Dalam bahasa Prancis, potongan ini selalu disebut filet de bœuf karena filet mignon mengacu pada tenderloin babi. Di kapal Titanic, merka  lebih memilih daging sapi yang lembut diatapi dengan cara tradisional dengan artichoke dan hati bebek.

3 dari 7 halaman

Menu Unik Di Kapal Titanic

3. Biskuit kabin

Para penumpang kelas tiga terbiasa dengan biskuit kabin. Biskuit kabin ini adalah camilan sederhana yang mirip dengan kerupuk. Biskuit ini dikatakan dapat membantu menenangkan perut penumpang dan membantu mabuk laut.

 

4. Apel panggang

Penumpang kelas satu disuguhi sarapan berlimpah dengan beragam hidangan, termasuk apel yang dipanggang. Hidangan ini akan terasa luar biasa dipasangkan dengan es krim vanila, dan memiliki sejarah yang unik dalam cara penyajiannya.

4 dari 7 halaman

Tak Ditampilkan Di Film

5. Domba

Makanan paling mewah di kelas dua adalah daging domba yang disajikan dengan saus mint. Tak hanya itu, makanan paling populer di kalangan kelas dua lainnya adalah kalkun panggang dan Nasi kari ayam

 

6. Selada air

Di film, kelas bawah atau kelas tiga hanya memakan roti, kacang dan beers atau makanan seadanya dan kurang sehat. Tapi pada kenyataannya kelas tiga justru banyak menyajikan makanan yang sehat terutama untuk pencernaan. Makanan paling populer adalah selada air

5 dari 7 halaman

Hanya Ada di Kapal Titanic

7. Daging sapi panggang saus cokelat

 

Meskipun tidak sepadat kelas pertama atau kedua, penumpang kelas tiga masih makan dengan cukup baik dan dianggap paling mewah. Menu paling mahal di kelas tiga adalah daging sapi panggang dengan saus cokelat, jagung manis, kentang rebus, dan puding prem untuk pencuci mulut.

 

8. Pure lobak

Pure lobak juga merupakan makanan paling populer di kelas 2. Pure lobak adalah lobak mentah yang sudah dibersihkan, lalu diiris dadu tanpa tambahan apapun.

6 dari 7 halaman

Masakan Terunik

9. Kue soba

Kue soba adalah salah satu makanan unik yang pernah disajikan di kapal Titanic. Makanan ini menjadi salah satu makanan yang disajikan di dua kelas, yaitu kelas satu dan dua. Makan ini adalah perbaduan antara kue dan mie kemudian disirah dengan sirup maple

 

10. Saus apel

 

Saus apel adalah saus yang terbuat dari apel yang dipadukan dengan rempah-rempah. Tambahannya adalah seperti gula atau madu. Saus apel tidak mahal dan banyak digunakan di Amerika Utara dan beberapa negara Eropa.

Di kapal Titanic saus apel menjadi saus pelengkap yang dihidangkan untuk kelas satu. Biasanya mereka menyajikan saus apel bersama dengan daging sapi dan bebek panggang.

7 dari 7 halaman

Menu yang Jarang Diketahui

11. Potato Jacket

Makanan ini adalah makanan yang bisa dinikmati untuk semua kelas. Potato Jacket sekarang ini lebih kita kenal dengan kengtang panggang.

 

12. Salmon asap

 

Salmon asap adalah hidangan salmon tanpa tulang yang kemudian diasinkan dan diasapkan. Di wilayah Atlantik, seluruh salmon asap berasal dari salmon Atlantik, yang kebanyakan diternakkan di Norwegia, Skotlandia, Irlandia dan pesisir timur Kanada. Salamon asap juga menjadi menu sarapan favorit di kelas satu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.