Sukses

7 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bantu Turunkan Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kangkung yang jarang diketahui adalah sebagai sayuran yang bisa mencegah kanker karena kandungan antioksidannya. Selain itu, kangkung juga merupakan sayuran yang mudah ditemui dan dibudidayakan. Banyak kandungan bermanfaat dalam sayur kangkung yang bisa menyehatkan tubuh.

Kangkung biasanya bisa tumbuh di daerah sawah, pinggiran sungai, dan kebun. Sayur asal negara India ini sudah banyak menyebar di berbagai negara di asia, termasuk di Indonesia. Kangkung memang sayuran yang banyak ditemui di Indonesia, dan menjadi salah satu sayuran yang populer. Rasanya yang khas dan nikmat sangat cocok diolah dengan berbagai bentuk makanan seperti tumis kangkung, ca kangkung, dan lain sebagainya.

Kangkung juga terkadang sering disepelekan karena harganya yang murah dan mudah ditemukan. Padahal manfaat kangkung sangat beragam dan banyak untuk kesehatan tubuh. Banyak kandungan zat gizi dalam kangkung yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh diantarannya adalah berbagai macam vitamin, mineral, cairan, dan masih banyak lagi.

Kandungan ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita dan baik dikonsumsi setiap hari dengan berbagai cara pengolahan. Untuk lebih jelasnya berikut informasi mengenai sayur kangkung dari kandungan yang terdapat di dalamnya dan manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/4/2019).

2 dari 4 halaman

Kandungan Gizi pada Kangkung

1. Zat Besi

Kangkung mengandung zat besi yang bisa berfungsi sebagai alat pengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh. Selain itu, zat besi yang terkandung dalam kangkung juga bermanfaat untuk pembentukan hemoglobin sehingga bisa tercegah dari anemia atau kekurangan darah.

2. Protein

Protein dalam kangkung bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Protein bisa mengatur metabolisme tubuh. Manfaat kangkung yang memiliki kandungan protein tinggi ini juga bagus dalam proses regenerasi sel kulit.

3. Vitamin C dan A

Ternyata kangkung juga mengandung vitamin C dan A yang baik dan bisa mencegah timbulnya kanker, dan menjaga kesehatan kulit. Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata, mempercepat penyembuhan luka, mencegah kanker, dan membantu pembentukan sperma, indung telur dan plasenta pada saat hamil.

4. Lemak, Karbohidrat dan Kalsium

Lemak baik pada kangkung juga dipercaya dapat membantu pembentukan sel dalam tubuh dan menjaga organ tubuh. Selain itu kandungan karbohidrat dalam kangkung bisa menjaga metabolisme tubuh. Kalsiumnya juga berfungsi untuk membentuk energi yang baik untuk tubuh.

5. Vitamin B1

Vitamin B1 ini baik untuk mecegah katarak, dan membantu kerja otak. Bagi yang memiliki darah rendah, sebaiknya untuk mengkonsumsi sayuran yang mengandung Vitamin B1 seperti kangkung, karena mampu memproduksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

1. Obat Susah Tidur (insomnia)

Kandungan karbohidrat dan lemak dalam kangkung bisa memicu otak untuk merasakan kantuk. Manfaat kangkung juga bisa digunakan untuk memperbaiki waktu tidur yang tidak teratur. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengkonsumsi kangkung yang sudah diolah seperti ditumis dan kemudian disantap dengan nasi.

2. Mencegah Penyakit Sariawan

Kandungan vitamin C pada kangkung bisa mencegah penyakit sariawan, hingga gusi berdarah. Kamu hanya perlu mengunyah daun kangkung yang sudah dibersihkan. Daun kangkung ini juga mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh kuman pada gigi dan mulut.

3. Mengurangi Kolesterol

Manfaat kangkung selanjutnya adalah bisa mengurangi kolesterol. Kangkung adalah sayuran yang baik dan bisa menurunkan berat badan hingga mengurangi kolesterol secara alami.

4. Mengobati Penyakit Kuning

Penyakit kuning dan masalah hati bisa diatasi dengan mengkonsumsi kangkung. Sayuran ini bisa digunakan untuk pengobatan ayurvedic pada penyakit kuning dan masalah hati. Ekstrak kangkung ternyata dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati yang disebabkan oleh bahan kimia karena modulasi enzim detoksifikasi, antioksidan dan sifat pemicu radikal bebas.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kangkung Bisa Mencegah Anemia hingga Diabetes

5. Mencegah Anemia

Zat besi dan fosfor pada sayur kangkung bisa menjadi zat utama untuk melawan anemia. Zat besi dan fosfor berperan dalam mendukung asupan oksigen dan zat gizi yang optimal bagi sel dan organ tubuh. Pilihlah kangkung muda, karena kandungan zat besinya masih cukup tinggi.

6. Mengatasi Sembelit dan Gangguan Pencernaan

Manfaat kangkung selanjutnya bisa mengatasi sembelit karena kandungan serat yang tinggi pada sayur ini. Hal ini dapat membantu pencernaan dengan cara yang alami. Kamu bisa membuat jus kangkung rebus jika mengalami sembelit. Selain itu, kangkung juga sering digunakan untuk pengobatan infestasi casing usus karena mengandung lateks yang digunakan sebagai agen pencahar.

7. Mencegah Diabetes

Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, maka manfaat kangkung bisa mencegah diabetes pada ibu dan janinnya. Kangkung akan bekerja sebagai antioksidan yang bisa menangkal oksidadi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan janin.

Beberapa manfaat kangkung di atas hanya sebagian saja. Masih banyak manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan jika rajin mengonsumsinya.

Loading