Sukses

Sering Disamakan, Ini Perbedaan Junk Food dan Fast Food Sebenarnya

Junk food dan fast food adalah dua jenis makanan yang berbeda dan sering disalahartikan.

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti sering mendengar istilah junk food dan fast food, atau malah sering mengonsumsinya. Kedua jenis makanan ini memang sudah cukup melekat di kehidupan modern. Bahkan kuliner jenis ini juga sedang tren dikonsumsi dan menjadi gaya hidup yang sudah biasa.

Tapi apakah kamu tahu arti dari junk food dan fast food? Atau bahkan apakah kamu tahu apa perbedaan kedua jenis makanan ini? Kamu harus mengetahui jenis-jenis makanan yang kamu konsumsi setiap hari agar makanan itu bisa bermanfaat atau malah harus dihindari.

Junk food berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti makanan sampah. Agak menakutkan artinya. Kemudian fast food sama halnya diambil dari bahasa Inggris yang artinya makanan cepat saji.

Kedua jenis makanan ini sebenarnya hampir sama dan sulit untuk dibedakan. Di Indonesia makanan jenis junk food dan fast food bisa ditemukan di berbagai wilayah terutama di kota-kota besar di Indonesia. Karena rasa dan penyajiannya yang enak, makanan ini sering dicari dan lebih banyak dikonsumsi.

Kedua jenis makanan ini memang hampir sama, namun berbedaannya sangat terlihat dari kandungan yang ada dalam makanan ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa perbedaan junk food dan fast food yang perlu kamu ketahui dari berbagai sumber, Senin (15/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Definisi

Jika dilihat dari definisi, junk food dan fast food memiliki arti atau definisi yang berbeda. Sudah dijelaskan di atas junk food berarti makanan sampah, sedangkan fast food artinya makanan cepat saji.

Junk food adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang rendah, hingga gizi yang juga sedikit. Namun junk food memiliki kadar lemak yang tinggi serta tidak baik untuk kesehatan manusia.

Sedangkan definisi fast food adalah makanan yang disajikan dan dibuat dengan proses yang cepat. Dianggap sebagai makanan yang berkualitas rendah kemudian dikemas ke dalam sebuah bentuk paket agar bisa dibawa.

3 dari 6 halaman

2. Penyajian

Junk food umumnya disajikan dalam keadaan tertutup pada sebuah kemasan yang juga kedap udara. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dari makanan atau minuman yang sudah diawetkan sebelumnya.

Sedangkan fast food biasanya disajikan secara terbuka dan dihidangkan di sebuah wadah seperti makanan pada umumnya. Fast food harus segera dimakan karena kualitas makanannya akan berubah jika tidak segera dimakan. Fast food biasanya juga bisa langsung dimakan di tempat atau toko yang membuatnya.

4 dari 6 halaman

3. Kandungan Gizi

Dari kandungan gizinya, kedua jenis makanan ini memiliki perbedaan masing-masing. Junk food lebih memiliki kandungan gizi yang sedikit dan tidak dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, junk food sering disebut dengan makanan sampah atau makanan yang sia-sia saja.

Namun berbeda dengan fast food. Beberapa makan fast food masih memiliki kandungan gizi yang bisa digunakan oleh tubuh walau dalam kadar yang sedikit. Biasanya fast food juga tinggi karbohidrat yang bisa memberikan energi untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu ada beberapa jenis fast food seperti salad buah yang memiliki banyak kandungan vitamin.

5 dari 6 halaman

4. Cara Pengolahan

Fast food kebanyakan adalah makanan cepat saji yang sudah melalui proses tahapan pertama proses memasak. Contohnya ayam tepung atau kentang goreng yang sudah direbus terlebih dahulu kemudian disimpan di lemari pendingin yang kemudian harus melalui proses lagi untuk disajikan, yaitu digoreng untuk kemudian dimakan.

Berbeda dengan junk food yang bisa langsung dikonsumsi tanpa harus melalui proses pengolahan lebih lanjut. Junk food biasanya sudah dikemas dalam keadaan matang dan siap makan.

6 dari 6 halaman

5. Contoh Makanan

Contoh dari makanan junk food adalah permen, minuman bersoda, coklat, keripik kentang atau snack ringan, es krim, dan masih banyak lagi. Contoh makanan fast food adalah pecel, sandwich, sushi, kebab, salad buah, kentang goreng, dan lain sebagainya.

Itulah perbedaan antara junk food dan fast food yang perlu kamu ketahui. Jadi kamu perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi apakah bermanfaat atau tidak bagi tubuhmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini