Sukses

7 Manfaat Garam Selain Untuk Masak, Bisa Menghilangkan Bau Kaki

Liputan6.com, Jakarta Garam sangat identik dengan fungsinya sebagai bumbu atau penambah rasa dari masakan. Biasanya orang orang hanya mengetahui bahwa garam hanya memiliki manfaat sebatas ketika di dapur saja.

Padahal ternyata garam memiliki segudang manfaat lainnya, daripada hanya menjadi bumbu untuk masakan. Manfaat manfaat tersebut dapat membantu pekerjaan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Manfaat yang tentunya paling nyata mungkin manfaat garam sebagai pembersih alami. Ternyata banyak hal yang bisa dibersihkan dengan garam, bahkan bisa membuat barang tersebut mengkilap.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/4/2019) tentang manfaat garam selain untuk memasak

2 dari 6 halaman

1. Menghilangkan Bau Kaki dan Menghilangkan Bau Pada Sepatu

Bisanya banyak orang yang malas mencuci sepatu karena takut luntur atau pudar. Karena itu banyak juga orang orang yang pada akhirnya malah membiarkan sepatunya tidak dicuci dalam waktu yang sangat lama.

Padahal hal ini bisa menyebabkan dan menimbulkan bau tidak sedap pada sepatu, bahkan nantinya akan menular ke kaki menjadi bau kaki. Hal ini juga akan lebih parah bila kamu jarang memakai kaos kaki, bau kaki dan sepatumu tidak akan terbayangkan karenanya.

Di sinilah salah satu manfaat garam bisa kamu lihat. Kamu bisa menghilangkan bau kaki yang disebabkan bau pada sepatu dengan menaburkan garam pada dalam sepatu.

3 dari 6 halaman

Membersihkan Noda Pada Pakaian

2. Membersihkan Noda Makanan Pada Baju

Hal ini dapat menjadi solusi mudah dalam mencuci pakaianmu. Biasanya hal ini sering juga dijumpai di baju anak-anak yang masih sembarangan ketika makan.

Apalagi ketika memakai baju berwarna putih, noda akan sangat kelihatan dan akan mengganggu. Kadang noda noda makanan seperti noda minyak ataupun saus sambal bisa sulit untuk dihilangkan.

Oleh karena itu, kamu bisa menaburi garam pada noda di pakaianmu agar noda tersebut terserap oleh garam dan mencegahnya untuk tidak melebar ke daerah lainnya. Sebelum nantinya kamu cuci pakaian tersebut seperti biasanya.

 

3. Menghilangkan Noda Kuning di Sekitar Ketiak

Masih seputar pakaian, dan memiliki masalah yang sama dengan noda makanan, yaitu noda kuning yang biasanya disebabkan oleh keringat di ketiak.

Pastinya kamu akan sangat malu bila ketika di luar terdapat noda kuning kerigat di sekitar ketiakmu. Apalagi bila kamu memakai baju berwarna putih, tentunya hal tersebut akan terlihat kemana-mana.

Dengan menaburkan garam dan mencampurkannya dengan air panas kamu bisa menghilangkan noda kuning keringat di sekitar ketiak ini. Kamu bisa merendamnya dan menunggu sebentar sampai noda terangkat.

4 dari 6 halaman

4. Membersihkan Vas Bunga

Biasanya setiap rumah memiliki vas bunga di depan rumah atau di mana saja di sekitar rumah untuk menambah keindahan. Tentunya selain merawat bunga yang menjadi pembuat keindahan utama, kamu juga harus menjaga keindahan vas bunganya sebagai tempat bernaung si bunga.

Biasanya ketika bunga layu, akan ada endapan bunga yang meninggalkan bekas kusam pada vas bunga. Tentunya hal ini sulit dihilangkan hanya dengan mencucinya dengan air dan sabun saja, karena endapannya yang telah bertahan lama.

Tetapi, kamu bisa menggunakan garam untuk menghilangkan bekas endapan bunag pada vas bunga tersebut. Caranya dengan menggosokkan garam ke seluruh bagian vas bunga, baru nantinya dicuci dengan air sabun setelah itu.

Kamu bisa menggunakan sikat agar mencuci vas bunga lebih bersih dan membilasnya langsung setelah itu.

5 dari 6 halaman

Mengikis Karat dan Membersihkan Drainase

5. Bisa Mengikis Karat

Bila kamu memiliki barang-barnag yang terbuat dari besi, biasanya banyak juga dari besi tersebut yang berkarat.

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana mengatasi atau mengikis karat karat yang ada pada besi tersebut. Padahal kamu bisa menggunakan bahan bahan di sekitarmu untuk mengikis karat.

Untuk mengikis karat kamu hanya perlu menyiapkan larutan campuran garam dengan person jeruk nipis. Lalu kamu dapat menggosokkan kain yang telah diberi larutan tersebut ke area besi yang berkarat.

 

6. Membersihkan Drainase Air yang Tersumbat

Bisanya ketika kamu mandi tentunya ada beberapa rambutmu yang rontok atau bekas sampo dan sabun yang menghambat aliran air pada drainase.

Bila dibiarkan berlarut-larut dan menumpuk, bisa menyebabkan genangan air di kamar mandi. Untuk membersihkannya, kamu bisa melarutkan garam dan baking soda ke dalam setengah cangkir cuka. Lalu tunggu sekitar 10 menit, setelahnya kamu bisa menyiramnya dengan air panas. Nantinya air akan bisa mengalir dengan bebas tanpa ada hambatan lagi.

6 dari 6 halaman

7. Membersihkan Noda Kopi Pada Cangkir

Biasanya setelah kamu memakai cangkir ketika minum kopi akan ada noda yang masih membekas di cangkir tersebut. Apalagi bila kamu mendiamkan cangkir tersebut beberapa lama, dan kamu belum mencucinya.

Biasanya kalau sudah begini akan sangat sulit mencuci cangkir tersebut hanya dengan sabun pencuci piring biasa. Karena mungkin nodanya akan sulit terangkat.

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan garam dalam membersihkan noda pada cangkir ini. Kamu bisa mencampurkan setetes sabun cuci piring dengan garam dalam mencuci cangkir tersebut.

Bila noda masih ada, mungkin kamu perlu melakukan strategi selanjutnya yaitu mencampurkan garam dengan cuka putih. Biasanya setelah memakai bahan ini dan menggosok cangkir dengan spons, noda di cangkir akan menghilang dan kembali bersih seperti semula.

Loading