Sukses

6 Penyebab Rematik dan Jenisnya yang Dapat Menyerang Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Penyebab rematik bisa beragam pada setiap penderita. Rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian, dan dapat meyerang persendian manapun di dalam tubuh.

Biasanya penyebab rematik adalah karena adanya penyakit lain tertentu yang diderita oleh tubuh. Hal ini berkaitan dengan persendian, dimana persendian yang sering terkena rematik adalah persendian pada kaki.

Biasanya orang-orang yang kegemukan, atau pemain bola profesional bisa terserang penyakit rematik ini. Hal ini disebabkan oleh persendian pada lutut terlalu terbebani, sehingga menyebabkan terjadinya rematik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/4/2019) tentang penyebab rematik.

2 dari 5 halaman

Jenis Penyakit Rematik

Sebenarnya ada banyak sekali jenis penyakit rematik ini. Tapi biasanya ada dua jenis penyakit rematik yang sering diderita, yaitu:

1. Arthritis Rheumatoid

Jenis rematik ini merupakan penyakit remati yang paling banyak diderita di dunia. Arthritis rheumatoid lebih dikenal dengan rematik radang sendi.

Penyakit rematik jenis ini bisanya disebabkan oleh kadar asam urat yang terlalu berlebihan pada darah. Kamu mungkin juga sering mendengar penyakit ini dengan sebutan asam urat.

2. Osteoarthritis

Penyakit osteoarthritis ini merupakan penyakit rematik yang juga sangat sering ditemui. Penyakit ini juga bisa disebut dengan pengapuran sendi. Penyebab penyakit rematik ini adlaah bertambahnya usia, oleh karena itu penyakit ini biasanya diderita oleh orang tua.

Orang-orang yang menderita penyakit pengapuran sendi ini biasanya kan merasakan gejala-gejala seperti nyeri pada persendian setelah melakukan aktivitas dan ketika pergantian cuaca dari panas ke dingin.

3 dari 5 halaman

Penyebab Rematik

1. Faktor Genetik

Penyebab rematik yang pertama adalah karena faktor genetik. Ternyata penyakit rematik ini terkenal merupakan penyakit yang disebabkan oleh keturunan. Selain itu, bisa juga penyakit ini rematik ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Bila kandung empedu dalam tubuh kamu tidak berfungsi dengan baik, maka kamu bisa mengalami penyakit Rematik. Setidaknya dengan adanya satu saja keluargamu yang mengidap penyakit ini, maka hal ini juga meningkatkan risiko kamu terkena penyakit rematik ini.

2. Gangguan Autoimun

Penyebab rematik yang selanjutnya adalah karena gangguan autoimun. Dalam hal ini, perkiraan wanita dapat terserang penyebab rematik ini tiga kali lebih besar daripada pria. Hal ini disebabkan oleh hormone estrogen yang dimiliki oleh wanita.

Dalam hal ini, hormone yang dimiliki wanita ini dapat salah mengenali dan malah menyerang jaringan tubuh pada wanita dengan sifat autoimun tersebut.  

Dengan timbulnya sistem imun yang tidak baik karena hormon ini, wanita dapat terserang penyakit rematik. Penyebab rematik satu ini bisanya juga ditemui pada orang orang yang berusia 40-50 tahun, walau tak menutup kemungkinan menyerang segala usia juga.

4 dari 5 halaman

Faktor Lingkungan dan Racun

3. Faktor Lingkungan

Penyebab rematik satu ini berasal dari faktor eksternal tubuh, yaitu faktor lingkungan. Faktor lingkungan membuat seseorang terkena penyakit rematik karena berhubungan dengan kekuatan daya tahan tubuh. Biasanya orang orang yang secara genetic lemah, bisa terserang oleh virus virus atau bakteri di lingkungannya yang menyebabkan infeksi.

Dampaknya, seperti yang terjadi pada autoimun tadi, sistem kekebalan tubuh malah menyerang tubuh sendiri karena salah arah, sehingga terjadilah peradangan sendi. Faktor lingkungan menjadi satu satunya penyebab rematik yang dapat diderita karena faktor eksternal.

4. Racun dalam tubuh

Penyebab rematik selanjutnya adalah racun dalam tubuh. Hal ini harus diperhatikan karena limbah beracun di dalam darah terkonsentrasi di sekitar sendi dan tulang. Hal ini pada akhirnya menjadi salah satu penyebab rematik.

Produk makanan seperti daging, gula, roti ataupun sereal olahan dapat meninggalkan banyak sekali limbah beracun dalam tubuh.

Selain itu limbah ini nantinya dapat bergerak ek seluruh tubuh dan membuat tempat untuk dirinya sendiri dalam sendi, yang menjadi penyebab rematik setelah itu. Selain itu makanan yang mengandung asam juga berbahaya bagi kesehatan sendi dan tulang pada tubuh.

5 dari 5 halaman

Obesitas dan Sel Darah Putih

5. Obesitas

Seperti yang telah disebutkan pada pengantar sebelumnya, salah satu penyebab rematik adalah kegemukan, atau pada tingkat lanjutnya yaitu obesitas. Sebenarnya tidak hanya rematik saja yang dapat menyerang orang orang obesitas ini, tapi penyakit penyakit lain pun akan mudah menyerang orang orang ini.

Dalam penyebab rematik, obesitas berhubungan dengan dampaknya terhadap persendian yang terletak pada lutut maupun pinggul. Sendi- sendi tersebut memiliki fungsi untuk menopang berat badan, sehingga bila berat kamu tak dapat lagi disangga oleh sendi sendi tersebut, tentunya akan terjadilah penyebab rematik tersebut. Jadi, penyebab rematik salah satunya adalah adanya beban atau tekanan yang terlalu berat ditahan oleh sendi, yang disebabkan oleh obesitas.

6. Sel darah putih

Penyebab rematik yang terakhir adalah sel darah putih. Kenapa sel darah putih bisa menjadi penyebab rematik adalah bila sel darah putih ini bergerak keluar dari aliran darah dan masuk ke membran sendi.

Padahal sel darah putih ini bertugas untuk melawan virus atau bakteri yang mencoba menyerang tubuh, dan mengalir di dalam darah ke seluruh tubuh. Tapi dampaknya akan berbahaya bila mereka tidak bergerak di jalurnya, karena dapat mengiritasi lapisan membrane di sekitar sendi yang bisa menyebabkan rasa sakit pada tubuh kita.  

Loading