Sukses

6 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan, Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Mengonsumsi buah delima secara teratur mampu menghindarkan tubuh kamu dari berbagai macam penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah delima bagi kesehatan sangatlah banyak. Hal ini didukung oleh kandungan gizi buah delima yang merupakan salah satu yang tertinggi diantara buah buah lainnya.

Mengonsumsi buah delima secara teratur mampu menghindarkan tubuh kamu dari berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Bahkan manfaat buah delima diketahui dapat menyehatkan jantung.

Kandungan gizi buah delima bahkan memiliki kekuatan tiga kali lipat melebihi anggur merah dan the hijau. Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsi buah berwarna merah ini untuk menjaga kesehatan.

Penasaran apa saja manfaat buah delima lainnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/4/2019) ragam manfaat buah delima untuk kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cegah Kanker dan Penyakit Jantung

1. Mencegah kanker

Manfaat buah delima yang pertama adalah untuk mencegah kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan manfaat buah delima ini yaitu kanker prostat, kanker payudara, hingga kanker paru paru dan kanker kulit.

Hal ini disebabkan oleh antioksidan polifenol yang dikandung oleh buah delima, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker tersebut. Ketika kamu meminum jus delima, kamu sudah menghambat pertumbuhan sel kanker dan telah dengan perlahan membasmi sel kanker tersebut secara alami.

Beberapa senyawa dalam buah delima juga mempunyai sifat anti inflamasi. Manfaat buah delima karena sifat anti inflamasi nya yaitu dapat menurunkan risiko terserang penyakit seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, Alzheimer, dan kegemukan.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, manfaat buah delima juga dapat mencegah penyakit jantung dengan sifat anti inflamasinya. Dengan buah delima yang kaya akan polifenol bersifat antioksidan, buah delima dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada dinding arteri, yang sekaligus menjelaskan manfaat buah delima dalam memncegah penyakit jantung.

Selain itu, manfaat buah delima juga mampu menjaga kadar kolesterol buruk agar tidak terjadi plaj yang menyebabkan masalah jantung koroner.

Padahal penyakit jantung ini adalah penyakit yang sangat mematikan, dan pencegahannya tergolong rumit karena beberapa faktor. Karena itulah manfaat buah delima bisa digunakan dalam membantu melindungi organ dari tahp tahap awal penyakit jantung.

3 dari 4 halaman

Melawan Nyeri Sendi dan Meningkatkan Daya Ingat

3. Membantu melawan nyeri sendi

Lagi-lagi manfaat buah delima satu ini didapatkan dari sifat anti inflamasi yang ada pada kandungannya. Hal tersebut dapat membantu mengobati dan melawan rasa nyeri sendi atau peradangan pada persendian.

Bahkan manfaat buah delima ini juga bisa memblokir enzim yang berpotensi merusak sendi pada penderita osteoarthritis. Dengan manfaat buah delima satu ini, kamu dapat menjaga kesehatan sendimu dari penyakit penyakit yang bisa menyerangnya.

4. Membantu meningkatkan daya ingat

Manfaat buah delima selanjutnya adalah membantu meningkatkan daya ingat. Hal ini dibuktikan dengan sebuah studi dilakukan pada pasien bedah, yang menunjukkan bahwa 2 gram ekstrak buah delima dapat mencegah penurunan memori setelah operasi.

Bahkan manfaat buah delima juga dapat membantu melawan penyakit Alzheimer, berdasarkan studi yang dilakukan dengan objek tikus. Ketika kamu secara rutin mengonsumsi buah delima setiap harinya, hal itu dapat berdampak pada meningkatnya daya ingat.

4 dari 4 halaman

Tingkatkan Kesuburan Pria

5. Menurunkan tekanan darah

Kandungan buah delima yang begitu banyak, menyebabkan manfaat buah delima juga banyak bagi kesehatan tubuh. Buah delima juga terkenal bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan mencegah aktivitas serum enzim pengubah angiotensin.

Selain itu asam punisat yang terkandung dalam buah delima dapatmenurunkan kolesterol dan mengurangi tekanan darah.

Hal ini juga berkatian dengan penyakit tekanan darah tinggi yang juga berkaitan dalam memicu serangan jantung dan stroke. Bahkan pasien hipertensi atau tekanan darah tinggi ini bisa mengalami penurunan tekanan darah yang sangat signifikan setelah mengonsumsi jus delima setiap hari selama dua minggu.

6. Merupakan Simbol Kesuburan

Manfaat buah delima selanjutnya adalah hal-hal yang berhubungan dengan kesuburan pria. Misalnya meningkatkan libido, meningkatkan kualitas sperma dan membantu mengatasi ejakulasi dini.

Manfaat buah delima dipercaya dapat menignkatkan gairah seksual pada pria. Hal ini dikarenakan jus delima mampu berfungsi sebagai afrosidiak alami.

Selain itu, meminum jus delima setiap pagi secara rutin dapat pula meningkatkan konsentrasi sperma dan kepadatan sel seprmatogenetik serta lapisa germinal yang bertugas dalam membantu meningkatkan produksi sperma pada pria.

Manfaat buah delima juga bisa menghindarkan pria dari ejakulasi dini. Hal ini juga harus dilakukan dengan mengonsumsi jus delima secara rutin setiap harinya, yang menyebabkan tidak hanya meningkatnya aliran darah ke alat kelamin namun juga dapat mengurangi stress oksidatif yang menjadi penyebab dari ejakulasi dini.

Kerusakan oksidatif ini dapat merusak aliran darah di semua area tubuh, termasuk jaringan ereksi. Oleh karena manfaat buah delima yang sangat banyak terhadap perkembangan pada alat kelamain pria, buah delima juga kerap dijadikan simbol kesuburan. Bahkan segelas jus delima juga bisa meningkatkan kadar testosteron tidak hanya pada pria, tapi juga wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini