Sukses

Penyebab Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Diwaspadai

Penyebab infeksi saluran kencing sering dikaitkan dengan kebersihan area organ intim

Liputan6.com, Jakarta Infeksi saluran kencing merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat dialami siapa saja. Penyebab infeksi saluran kencing sering dikaitkan dengan kebersihan area organ intim. Infeksi saluran kencing atau yang juga biasa di sebut dengan Infeksi saluran kemih lebih banyak diderita oleh wanita. 

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi di bagian mana pun dari sistem kemih manusia bisa melibatkan ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah yakni kandung kemih dan uretra.

Wanita memiliki risiko lebih besar terkena ISK daripada pria. Infeksi terbatas pada kandung kemih Anda bisa menyakitkan dan menjengkelkan. Namun, konsekuensi serius dapat terjadi jika ISK menyebar ke ginjal Anda.

Dokter biasanya mengobati infeksi saluran kemih dengan antibiotik. Tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi peluang terkena ISK sejak awal.

Penyebab infeksi saluran kencing dapat dihindari agar infeksi saluran kencing tak mudah diderita. Berikut penyebab infeksi saluran kencing serta faktor resikonya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Senin(15/4/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kemih tidak selalu menyebabkan tanda dan gejala, tetapi ketika terjadi, mereka mungkin akan menimbulkan gejala khusus seperti:

- Keinginan kuat dan gigih untuk buang air kecil

- Sensasi terbakar saat buang air kecil

- Sering buang air kecil

- Air seni yang tampak keruh

- Urin yang tampak merah, merah muda cerah atau berwarna cola yang merupakan tanda darah dalam urin

- Urin berbau tajam

- Nyeri panggul, pada wanita terutama di pusat panggul dan di sekitar area tulang kemaluan 

Jenis infeksi saluran kencing

Setiap jenis ISK dapat menyebabkan tanda dan gejala yang lebih spesifik, tergantung pada bagian mana dari saluran kemih Anda yang terinfeksi. Berikut gejala di tiap jenisnya:

Ginjal (pielonefritis akut)

- Nyeri punggung bagian atas dan samping- Demam tinggi

- Gemetar dan kedinginan

- Mual

- Muntah 

Kandung kemih (sistitis)

- Tekanan panggul

- Ketidaknyamanan perut bagian bawah

- Sering buang air kecil yang menyakitkan

- Darah dalam urin 

Uretra (uretritis)

- Buang air kecil dengan sensasi panas atau terbakar

3 dari 4 halaman

Penyebab infeksi saluran kencing

Penyebab infeksi saluran kencing biasanya terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih.

Meskipun sistem kemih dirancang untuk mencegah terjangkitnya bakteri mikroskopis seperti itu, pertahanan ini terkadang gagal. Ketika itu terjadi, bakteri dapat menguat dan tumbuh menjadi infeksi besar di saluran kemih.

ISK yang paling umum terjadi terutama pada wanita dan memengaruhi kandung kemih dan uretra.

Infeksi kandung kemih (sistitis)

Jenis ISK ini biasanya disebabkan oleh Escherichia coli (E. coli), sejenis bakteri yang biasa ditemukan dalam saluran gastrointestinal (GI). Namun, terkadang bakteri lain yang bertanggung jawab.

Hubungan seksual

Hubungan seksual dapat menyebabkan sistitis, tetapi Anda tidak harus aktif secara seksual untuk mengembangkannya. Semua wanita berisiko sistitis karena anatomi mereka khususnya meliputi jarak pendek dari uretra ke anus dan pembukaan uretra ke kandung kemih.

Infeksi uretra (uretritis).

Jenis ISK ini dapat terjadi ketika bakteri GI menyebar dari anus ke uretra. Juga, karena uretra wanita dekat dengan vagina, infeksi menular seksual, seperti herpes, gonore, klamidia dan mikoplasma, dapat menyebabkan uretritis.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Faktor risiko penyebab infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kemih umum terjadi pada wanita, dan banyak wanita mengalami lebih dari satu infeksi selama hidup mereka. Faktor risiko penyebab infeksi saluran kencing khusus untuk wanita dapat meliputi:

Anatomi wanita

Seorang wanita memiliki uretra lebih pendek daripada pria, yang memperpendek jarak yang harus ditempuh bakteri untuk mencapai kandung kemih.

Aktivitas seksual

Wanita yang aktif secara seksual cenderung dapat mengalami lebih banyak ISK daripada wanita yang tidak aktif secara seksual. Memiliki pasangan seksual baru juga meningkatkan risiko penyebab infeksi saluran kencing.

Jenis kontrol kelahiran tertentu

Wanita yang menggunakan diafragma untuk kontrol kelahiran mungkin berisiko lebih tinggi, serta wanita yang menggunakan agen spermisida.

Menopause

Setelah menopause, penurunan estrogen yang bersirkulasi menyebabkan perubahan pada saluran kemih yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Faktor risiko penyebab infeksi saluran kencing lain juga dapat meliputi:

Kelainan saluran kemih

Bayi yang lahir dengan kelainan saluran kemih yang tidak membiarkan urin keluar dari tubuh secara normal atau menyebabkan urin kembali ke uretra memiliki peningkatan risiko ISK.

Penyumbatan di saluran kemih

Batu ginjal atau pembesaran prostat dapat menjebak urin di kandung kemih dan meningkatkan risiko ISK.

Sistem kekebalan rendah

Diabetes dan penyakit lain yang merusak sistem kekebalan tubuh - pertahanan tubuh terhadap kuman - dapat meningkatkan risiko ISK.

Penggunaan kateter

Orang-orang yang tidak dapat buang air kecil sendiri dan menggunakan tabung (kateter) untuk buang air kecil memiliki peningkatan risiko ISK. Ini mungkin termasuk orang-orang yang dirawat di rumah sakit, orang-orang dengan masalah neurologis yang membuatnya sulit untuk mengendalikan kemampuan mereka untuk buang air kecil dan orang-orang yang lumpuh.

Pengobatan kemih

Pembedahan urin atau pemeriksaan saluran kemih yang melibatkan instrumen medis dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.