Sukses

Manfaat Kacang Panjang yang Jarang Disadari, Tak Sekadar Sayuran Biasa

Nutrisi kacang panjang membuat manfaat kacang panjang begitu berarti bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Olahan kacang panjang sudah menjadi kudapan masyarakat Indonesia sehari-harinya. Kacang panjang biasa ditumis, direbus, atau dimakan mentah. Namun, nampaknya manfaat kacang panjang tak boleh diremehkan begitu saja. 

Nutrisi kacang panjang membuat manfaat kacang panjang begitu berarti bagi kesehatan. Dalam seporsi 100 gram kacang panjang, terkandung 47 kalori, 4 gram natrium, 8 gram karbohidrat total, dan 3 gram protein.

Kacang panjang sarat dengan sifat antioksidan, antibakteri, antivirus dan antikanker. Kacang panjang mengandung beta-karoten, Vitamin C, B1 dan B2, klorofil, riboflavin, protein, fosfor, tiamin, serat, zat besi, pektin dan rendah kalori. Kacang panjang menyediakan mineral yang memadai seperti tembaga, kalsium, besi, mangan dan magnesium.

Dari berbagai kandungan yang dimiliki, sudah pasti manfaat kacang panjang begitu nyata saat dikonsumsi. Bagi Anda yang gemar melalap kacang panjang, berikut manfaat kacang panjang yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Senin(15/4/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kesehatan kulit

Manfaat kacang panjang yang pertama adalah sebagai penghasil vitamin C yang cukup tinggi. Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi, akan mengurangi munculnya kerutan, mengurangi kekeringan pada kulit dan memperlambat proses penuaan.

Vitamin C sangat penting untuk kulit, ligamen, pembuluh darah, dan tendon. Ini mempercepat proses penyembuhan.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa krim kulit yang tinggi vitamin C mengurangi kemerahan pada kulit. Diet yang kaya antioksidan membantu mencegah kanker kulit juga. Kacang panjang mengandung vitamin C didalamnya.

3 dari 7 halaman

Menurunkan risiko rematik dan gangguan tidur

Karena kacang panjang kaya akan vitamin C, manfaat kacang panjang selanjutnya juga dapat menurunkan risiko encok yang merupakan kondisi menyakitkan yang menimpa persendian dan otot.

Hal ini disebabkan karena asam urat tinggi yang membentuk kristal pada persendian. Dalam sebuah studi, mereka yang mengonsumsi 1000-1499 mg Vitamin C, kemungkinan terkena asam urat menurun hingga 31%.

Tidur lebih nyenyak

Kekurangan magnesium adalah penyebab gangguan tidur seperti hiperaktif, gelisah dan cemas. Magnesium sangat penting untuk menenangkan otak dan meningkatkan relaksasi. Kacang panjang menyediakan jumlah magnesium yang cukup yang mengobati gangguan tidur secara efektif.

4 dari 7 halaman

Cegah radikal bebas dan kanker

Vitamin C adalah antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polutan, dan bahan kimia beracun. Penumpukan radikal bebas menghasilkan penyakit kesehatan seperti penyakit jantung, kanker dan radang sendi. Radikal bebas diciptakan selama pemecahan makanan atau ketika terpapar tembakau, asap atau radiasi.

Kacang segar mengandung jumlah vitamin C yang baik. Kacang panjang 100 g menyediakan 18,8 mg, atau 31% vitamin C. Vitamin-C adalah antioksidan yang larut dalam air yang kuat, dan ketika diberikan cukup dalam makanan, itu membantu membangun kekebalan untuk memerangi infeksi, berkontribusi untuk menjaga elastisitas pembuluh darah, dan menawarkan beberapa perlindungan dari kanker.

Kekurangan folat meningkatkan kemungkinan kanker usus besar, payudara, leher rahim, paru-paru dan otak. Bukti-bukti menunjukkan bahwa asupan makanan yang kaya folat mencegah perkembangan kanker termasuk pula kacang panjang.

Studi ini menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 900 mikrogram folat setiap hari, kemungkinan kanker kolorektal berkurang 30%.

5 dari 7 halaman

Kehamilan yang sehat

Selama kehamilan, jumlah makanan kaya folat yang cukup membantu menurunkan kemungkinan cacat tabung saraf seperti anencephaly dan spina bifida. Cacat lahir seperti kelainan tungkai dan jantung adalah akibat dari defisiensi folat.

Kacang panjang panjang adalah salah satu sumber folat terbaik. 100 g kacang panjag menyediakan 62 μg atau 15% dari kebutuhan harian folat. Folat bersama dengan vitamin B-12 adalah salah satu komponen penting dari sintesis DNA dan pembelahan sel.

Sangat penting untuk memiliki kehamilan yang sehat. Makanan kaya folat mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf sebesar 26%.

6 dari 7 halaman

Meningkatkan imunitas

Kacang panjang juga mengandung tiamin. Tiamin meredam otot-otot dinding saluran pencernaan. Tiamin membantu dalam sekresi asam klorida yang diperlukan untuk pencernaan partikel makanan dan penyerapan nutrisi.

Pencernaan yang sehat membantu menyerap nutrisi dengan baik sehingga mampu meningkatkan imunitas.

Antioksidan pada kacang panjang yang larut dalam air membantu membangun kekebalan untuk memerangi infeksi. Manfaat kacang panjang ini baik untuk sistem kekebalan tubuh.

7 dari 7 halaman

Kesehatan mata

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tiamin dapat membantu melindungi diri terhadap masalah penglihatan seperti katarak dan glaukoma. Ini karena kemampuannya untuk mempengaruhi pensinyalan saraf dan otot, yang penting dalam menyampaikan informasi dari mata ke otak.

Selain itu, kacang panjang adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Pada 865 IU per 100 g Kacang panjang memiliki lebih banyak vitamin ini daripada kacang-kacangan lainnya seperti kacang lima, fava, kacang hijau, dan lainnya.

Vitamin-A adalah salah satu vitamin penting untuk tubuh yang disediakan melalui makanan. Vitamin-A menjaga integritas mukosa, meningkatkan warna kulit, dan meningkatkan penglihatan pada malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.