Sukses

Terlihat Sepele, 4 Kebiasaan Ini Bisa Picu Penuaan Dini Saat Tidur

Beberapa hal pemicu penuaan dini yang diakibatkan dari kebiasaan tidur yang salah.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi tua memang akan dialami oleh setiap orang jika waktunya tiba. Namun bagaimana kalau kamu menjadi tua belum tepat pada waktunya? Hal ini bisa saja juga terjadi. Penuaan dini juga dapat terjadi kepada siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Penyebab penuaan dini pun juga beragam. Banyak faktor yang bisa membuat kamu menjadi nampak lebih tua dari umur asli.

Tak jarang orang juga menyepelekan penyebab dari penuaan dini ini. Penyebab penuaan dini yang sering dikenal biasanya disebabkan oleh radikal bebas. Namun siapa sangka, ada penyebab lainnya yang bisa membuat kamu menjadi tua belum pada waktu atau umurnya. Ya, penyebab lainnya yang bisa membuat penuaan dini adalah tidur.

Bagaimana bisa, tidur malah membuat menjadi tua? Bukan momen tidurnya yang bikin kamu menjadi tua, namun kebiasaan saat tidur yang kamu lakukan. Ternyata, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang tidur. Apalagi durasi tidur yang baik memakan waktu yang tak sebentar.

Biasanya orang-orang menghabiskan waktu untuk tidur sekitar 7 hingga 8 jam. Bayangkan saja kalau kamu melakukan kebiasaan yang tidak baik saat sedang tidur selama itu setiap harinya. Maka tak heran kalau penuaan dini dapat menghampirimu. Sebenarnya ada kebiasaan tidur apa saja sih, yang membuat kamu bisa mengalami penuaan dini?

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (16/4/2019) telah mengulas empat kebiasaan yang terlihat sepele dan sering dilakukan pada momen tidurmu. Namun ternyata, kebiasaan tersebut malah menjadi penyebab munculnya penuaan dini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sarung Bantal yang Sudah Rusak

Bantal merupakan salah satu barang yang sangat dekat dengan wajah bahkan sering digunakan saat sedang tidur. Digunakan sebagai alas untuk kepala agar tetap nyaman dalam tidur, ternyata kamu perlu memperhatikan secara khusus soal sarung bantalnya. Ya, jika kamu memiliki sarung bantal yang sudah lama dan sudah rusak, segeralah untuk menggantinya.

Serat sarung bantal yang sudah kasar merupakan salah satu penyebab penuaan dini, di mana ketika bergesekan dengan kulit sehingga mampu memicu timbulnya kerutan. Untuk menghindari penuaan dini, kamu bisa ganti sarung bantal dengan bahan sutera atau satin. Bahan-bahan ini memiliki serat yang halus dan tidak akan melukai kulit.

3 dari 5 halaman

Sarung Bantal yang Jarang Dicuci

Untuk menjaga kesehatan serta kecantika, kamu perlu membersihkan atau mencuci sarung bantal. Soalnya sarung bantal yang kotor mengandung banyak bakteri. Belum lagi sisa sel kulit mati yang menempel di sarung bantal.

Kalau kulit kamu terus-menerus terpapar bakteri ini selama kamu tidur, bayangkan saja apa yang terjadi pada kulit kamu. Jadi, setidaknya cuci dang anti sarung bantal kamu paling tidak seminggu sekali.

4 dari 5 halaman

Tidur dengan Posisi Miring

Ya, ternyata tidur dengan posisi miring bisa menjadi salah satu penyebab penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh kulit wajah yang sering bersentuhan dengan permukaan bantal. Apalagi jika kamu menggunakan sarung bantal yang kasar dan kotor. Jadi, paling tidak hindari untuk tidur dengan posisi miring terlalu sering.

5 dari 5 halaman

Kurang Tidur

Kurangnya waktu beristirahat, tidur khususnya merupakan salah satu penyebab yang bisa membuat penuaan dini. Telah dilakukan oleh beberapa penelitian, memang tidur yang kurang dari 6 jam sehari bisa meningkatkan risiko penuaan dini.

Soalnya, pada saat tidur kulit kamu sedang melakukan regenerasi dan ini harus dilakukan dalam posisi tidur terlelap. Jika kamu mengganggu siklus ini, maka kulit tidak akan beregenerasi secara sempurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini