Sukses

3 Manfaat Lari di Dalam Air Bagi Kesehatan, Lebih Banyak Bakar Kalori

Buat kamu yang takut kepanasan dan sedang malas berkeringat, olahraga aqua jogging atau deep water running ini bisa jadi pilihan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lari di dalam air ternyata tidak kalah dengan lari di daratan. Walaupun tentunya lari di dalam air membuat kamu tidak terlalu leluasa dalam bergerak karena adanya tekanan dari air.

Nama olahraga lari di dalam air ini adalah Aqua Jogging atau deep water running. Dengan melakukan olahraga ini, kamu bisa mendapatkan manfaat lari dan juga merasakan suasana berenang secara bersamaan.

Buat kamu yang sedang malas berlari karena takut kepanasan dan sedang malas berkeringat, olahraga aqua jogging atau deep water running ini bisa jadi pilihan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/4/19) tentang manfaat lari dalam air bagi kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Melakukan Olahraga Lari Dalam Air

1. Lakukan pemanasan ringan selama 2-3 menit untuk mengurangi risiko cedera

2. Lakukan adaptasi dan penyesuaian dengan air dengan berjalan terlebih dahulu

3. Usahakan kaki menapak di lantai kolam, kalau tidak bisa pakailah pelampung agar kamu bisa terus terapung

4. Usahakan agar tangan tidak membantu pergerakan seperti saat berenang. Ayunkan hanya kaki saja seperti gerakan jogging biasa

5. Setelah terbiasa dengan berjalan terlebih dahulu, kamu bisa melanjutkan dengan sedikit demi sedikit mempercepat langkahmu.

6. Pertahankan kecepatan gerakan dan perhatikan detak jantungmu. Nantinya detak jantungmu akan menyesuaikan dan terbiasa dengan latihan ini.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lari Dalam Air Bagi Kesehatan

1. Mempercepat Pemulihan Cedera

Banyak pesepak bola, atau olahragawan lainnya melakukan kegiatan pemulihan cedera dengan berenang. Tidak hanya itu, ternyata berlari di dalam air juga mempercepat pemulihan cedera, bahkan juga sekaligus mencegah cedera persendian.

Ketika cedera tentunya kamu tidak bisa melakukan olahraga yang biasa kamu lakukan. Tetapi berbeda dengan olahraga di dalam air, khususnya aqua jogging ini. Dengan berlari di dalam air, kamu bisa menjaga kebugaran sekaligus mempercepat pemulihan cedera.

Dengan menurunkan tingkat stress di bagian kaki, lari di air bisa mengurangi risiko cedera berkelanjutan karena tekanan yang kamu rasakan ketika berlari di air tentunya cukup kuat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lari Dalam Air Lainnya

2. Melatih Kekuatan Otot

Ketika berlari di dalam air, tentunya seluruh tubuh kamu selain kepala akan terendam air. Dengan kondisi ini membuat otot kamu mendapat tekanan dari air sehingga ketika akan menggerakkan tubuh, tentunya kamu harus berusaha melawan tekanan air tersebut.

Oleh karena itu, tentunya otot kan berkontraksi dan membuatnya menjadi lebih kuat dengan lari di dalam air ini. Dengan melakukan olahraga ini secara rutin, tentunya tubuh kamu akan terasa lebih bugar dan lebih kuat dari biasanya.

3. Membakar Kalori Lebih Banyak

Berbeda dengan berlari seperti biasa, berlari di dalam air mungkin akan terasa lebih mudah dan tidak begitu melelahkan. Tetapi walaupun begitu, ternyata dampak yang ditimbulkan oleh berlari di air justru membutuhkan banyak energi daripada lari di darat. Dengan ini tentunya akan membuat kamu membakar lebih banyak kalori juga.

Bahkan berlari di dalam air akan membakar kalori dua setengah kali lebih banyak dari berlari di darat. Ketika kamu melekukan lari di dalam air selama 30 menit, kamu akan bisa membakar sebanyak 345 kalori. Sementara bila kamu melakukan olahraga lari di darat dengan waktu 30 menit juga, kamu hanya membakar sekitar 144 kalori. Perbedaan yang lumayan jauh ini tentunya bisa kamu jadikan perbandingan betapa manfaat lari di dalam air ini sangat besar bagi kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini