Sukses

Fungsi Stabilizer dan Keuntungannya, Menjaga Kestabilan Tegangan Arus Listrik

Fungsi stabilizer listrik yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan usia barang-barang elektronikmu.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi stabilizer perlu diketahui bagi seseorang yang berkecimpung di dunia alat-alat elektronik dan listrik. Selain itu, fungsi stabilizer ini juga perlu diketahui bagi kamu yang memiliki beberapa alat elektronik yang terhubung dengan listrik. Karena, fungsi stabilizer adalah untuk menjaga tegangan arus listrik agar tetap stabil atau normal.

Arus yang stabil sangat dibutuhkan untuk berbagai peralatan elektronik. Beberapa alat elektronik yang biasanya membutuhkan stabilizer adalah pendingin makanan atau kulkas, komputer, air conditioner, dan lain sebagainya.

Stabilizer biasanya digunakan untuk alat-alat elektronik rumah tangga, industri, ataupun pabrik yang membutuhkan arus yang stabil. Apabila arus tidak stabil, maka kinerja barang tersebut tidak akan berjalan secara optimal.

Oleh karena itu, penggunaan voltase yang kurang stabil dapat mengganggu kinerja peralatan elektronik tersebut, sehingga fungsi dan kegunaannya berkurang dan peralatan elektronik yang kamu miliki tersebut akan rusak. Hal ini tentunya karena disebabkan oleh tegangan listrik yang naik dan turun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Seputar Stabilizer Listrik

Stabilizer atau automatic voltage regulator memiliki fungsi untuk menjaga voltase listrik agar stabil atau normal. Tegangan yang stabil sangat dibutuhkan untuk peralatan elektronik yang kamu miliki.

Perangkat rumah tangga, kantor, bahkan peralatan industry seperti kulkas, komputer, peralatan laboratorium bahkan mesin CNC juga membutuhkan stabilizer. Digunakan jika voltase listrik yang masuk ke perangkat sudah tidak normal lagi.

Dengan menggunakan stabilizer, kamu dapat meminimalisir terjadinya keruskan komponen elektronik akibat tegangan arus yang tidak stabil. Hal ini akan membuat umur alat-alat elektronik yang kamu miliki akan lebih awet dan punya umur yang panjang.

3 dari 5 halaman

Macam-macam Stabilizer

Stabilizer yang menggunakan servo motor

Stabilizer jenis ini menggunakan motor servo untuk menstabilkan listrik. Dimana motor yang akan berputar untuk mendapatkan tegangan satbil, sehingga memerlukan waktu dua hingga lima detik untuk mencapai kestabilan dan tidak adanya penyaring atau filter terhadap gangguan listrik seperti spikes, surge, sag, dan petir.

Stabilizer yang menggunakan relay

Penstabilan listrik yang menggunakan beberapa relay bekerja bila tegangan listrik naik atau turun. Sehingga reaksinya amat cepat namun kestabilannya kurang baik. Stabilizer jenis ini umumnya tidak dilengkapi dengan filter.

Stabilizer yang menggunakan sistem digital control

Sistem ini lebih canggih dibandingkan dengan sistem relay dan juga dilengkapi dengan filter. Sistem Ferro-Resonant/line conditioner inilah yang paling penting. Untuk memberikan kesatbilan pada beban reaksi atau responnya sangat cepat yakni hanya memerlukan waktu 0,04 detik. Stabilizer dengan sistem ini adalah stabilizer yang paling stabil dibanding jenis lainnya.

4 dari 5 halaman

Fungsi Stabilizer Listrik

Stabilizer termasuk ke dalam aksesoris listrik yang memiliki fungsi sebagai penstabil tegangan, sementara sistem kerja stabilizer merupakan sebuah alur dimana arus dan tegangan yang tak stabil tersebut diakumulasikan kemudian keluar menuju perangkat elektronik dengan arus yang stabil dan sesuai.

Fungsi stabilizer memiliki peran yang cukup penting guna menjaga perangkat elektronik yang tidak memiliki penahan arus built-in. Sumber tegangan listrik yang kerap turun naik baik sumber listrik rumahan ataupun generator tertentu diperlukan sebuah penstabil agar proses konsusmsi perangkat elektronik lebih maksimal dan terjaga. Pada generator, gunakan stabilizer untuk genset.

Fungsi stabilizer listrik dan sistem kerja stabilizer listrik tentu tak bisa dilepaskan, karena masing-masing memiliki peran yang sangat penting. Jika terjadi kelebihan beban arus listrik dan tak tersedia penstabil, maka tidak menutup kemungkinan peralatan rumah tangga yang kamu miliki yang telah terhububng dengan listrik akan rusak secara perlahan atau bahkan saat itu juga bisa menjadi error.

Untuk menjaganya kamu membutuhkan sebuah alat yang mampu menstabilkan tegangan arus listrik yang masuk menuju peralatan elektronik rumah kamu yaitu dengan menggunakan stabilizer.

5 dari 5 halaman

Keuntungan Memasang Stabilizer Listrik

Tegangan Listrik Konstan

Ini merupakan fungsi utama mengapa stabilizer voltage sangat diperlukan. Tegangan akan menjadi lebih konstan, misalnya saja pada listrik 1 phase, tegangannya 220 volt. Kemudian untuk listrik 3 phase, tegangannya 380 volt.

Mengantisipasi Lonjakan

Terkadang tegangan listrik bisa tiba-tiba melonjak karena beberapa faktor tertentu. Jika kamu memasang atau menggunakan stabilizer voltage ini, maka hal ini bisa diantisipasi. Barang elektronik pun akan lebih terlindungi. Alat elektronik jenis apapun dapat mengalami kerusakan jika terkena tegangan listrik dengan besar yang di luar batas maksimal.

Tagihan Listrik Normal

Daya maksimal dapat dikembalikan oleh alat ini sehingga kebutuhan listrik bisa tercukupi tanpa berlebihan atau terbuang begitu saja. Tagihan listrik pun menjadi normal, tidak berubah menjadi lebih banyak.

Peralatan Listrik Bekerja dengan Maksimal

Berbanding terbalik dengan tegangan yang semakin tinggi, jika sebuah peralatan listrik dengan ketegangan tertentu diberikan tegangan besar ia tidak akan bekerja dengan maksimal. Selain itu, tegangan konstan dan normal juga bisa membuat peralatan listrik dan elektronik berumur lebih panjang.

Hal ini bisa dipraktikkan dengan menggunakan handphone kamu. Saat di-charge, pada tegangan listrik besar maka akan ada notifikasi peringatan jika device tidak dapat mengisi daya dengan normal dan maksimal, karena tegangan yang besar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.