Sukses

Fungsi SUMIF dalam Excel, Ketahui Penerapannya dan Rumus Serupa

Penggunaan fungsi SUMIF sangat membantu dalam pembuatan laporan dengan berbagai perhitungan kompleks.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi SUMIF ternyata sangat berguna bagi pembuatan laporan. Microsoft Excel merupakan salah satu produk Microsoft Office yang membantu penggunanya dalam berbagai kegiatan pengolah angka. Dengan Excel kamu dapat mengolah data berupa angka lebih cepat dan tepat.

Excel memiliki berbagai rumus atau fungsi untuk diterapkan. Setiap rumusnya memiliki fungsi masing-masing mulai dari penjumlahan dan pengurangan sederhana hingga perhitungan rumit yang bahkan sulit untuk dihitung secara manual.

Mungkin sekilas penggunaan Excel cukup rumit dilihat dari penerapan rumus-rumusnya. Namun, jika dipahami benar, Excel dapat menjadi pilihan sekaligus penolongmu dalam mengolah angka-angka yang jauh lebih rumit.

Salah satu rumus fungsi yang ada di Excel adalah rumus SUMIF. Penggunaan fungsi SUMIF sangat membantu dalam pembuatan laporan dengan berbagai perhitungan. Jadi kamu tak perlu repot menghitung penjumlahan banyak angka secara manual.

Berikut fungsi SUMIF yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal fungsi SUMIF

Rumus fungsi SUMIF merupakan rumus gabungan dari 2 fungsi excel yaitu SUM dan IF. SUM berguna untuk melakukan penjumlahan dan IF berguna untuk menentukan kondisi TRUE dan FALSE.

Fungsi SUMIF digunakan untuk melakukan rumus penjumlahan dengan kriteria tertentu. Kamu dapat menggunakan fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang telah kamu tentukan.

Sebagai contoh, di dalam kolom yang berisi angka, kamu hanya ingin menjumlahkan nilai-nilai yang lebih besar dari 5. Maka kamu bisa menggunakan rumus berikut: =SUMIF(B2:B25,”>5”).

3 dari 5 halaman

Sintaks Fungsi SUMIF

Fungsi SUMIF memiliki sintaks atau rumus sebagai berikut:

SUMIF(range, criteria, [sum_range])

Range

merupakan rentang sel yang akan kamu evaluasi menurut kriteria. Sel di setiap rentang harus merupakan angka atau nama, array, atau referensi yang berisi angka.Rentang yang dipilih dapat berisi tanggal dalam format Excel standar .

kriteria

Kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, teks, atau fungsi yang menentukan sel mana yang akan ditambahkan. Misalnya, kriteria dapat diekspresikan sebagai 32, ">32", B5, "32", "apples", atau TODAY().

Kriteria teks atau kriteria apa pun yang mencakup simbol logika atau matematika harus disertakan dalam tanda kutip ganda ("). Jika kriteria adalah numerik, tanda kutip ganda tidak diperlukan.

sum_range (Opsional)

Sum range merupakan sel aktual untuk ditambahkan, jika kamu ingin menambahkan sel yang lain dari yang sudah ditentukan dalam argumen rentang. Jika argumen sum_range dihilangkan, Excel menambahkan sel yang ditentukan dalam argumen range (sel yang sama di mana kriteria diterapkan).

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Fungsi SUMIF

Gunakan fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai di dalam rentang yang sesuai kriteria yang telah kamu tentukan. Berikut langkahnya:

- Pilih sel

- Ketik = SUMIF (

- Klik dan seret sel untuk menganalisis.

- Masukkan kategori yang ingin kamu temukan.

- Klik dan seret sel untuk range.

- Tekan Enter.

 

Fungsi SUMIFS

Hampir sama dengan fungsi SUMIF, namun yang membedakan antara dua rumus ini adalah SUMIF hanya digunakan untuk satu kriteria sedangkan pada SUMIFS digunakan lebih dari satu kriteria.

Kamu bisa menggunakan SUMIFS untuk menguji beberapa kondisi dan mengembalikan nilai berdasarkan kondisi tersebut. Misalnya, kamu bisa menggunakan SUMIFS untuk menjumlahkan jumlah produk yang dijual oleh tenaga penjual tertentu.

Sintaks yang digunakan dalam fungsi SUMIFS adalah:

SUMIF (sum_range; criteria_range1; criteria1; criteria_range2; criteria2;…)

5 dari 5 halaman

Fungsi Gabungan Rumus IF Lainnya

Fungsi AVERAGEIF

Sama seperti SUMIF, Averageif merupakan gabungan dari fungsi average dan fungsi If. Averageif merupakan fungsi excel yang memungkinkan kamu melakukan penghitungan rata-rata sesuai dengan suatu kriteria tertentu.

Sintaks dari fungsi ini adalah:

AVERAGEIF(Range, Criteria, [Sum_range])

Average_range tidak harus sama ukuran dan bentuknya dengan range. Sel aktual yang akan dihitung rata-ratanya ditentukan dengan menggunakan sel kiri atas dalam average_range sebagai sel awal, lalu menyertakan sel-sel yang sesuai ukuran dan bentuknya dengan range.

AVERAGEIFS

Mirip dengan AVERAGEIF, fungsi AVERAGEIFS berguna untuk mengembalikan rata-rata (rata-rata aritmatika) untuk semua sel yang memenuhi beberapa kriteria.

Sintaks dari fungsi ini adalah:

AVERAGEIFS(average_range, criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2], ...)

Fungsi AVERAGEIFS mengukur tendensi sentral, yang merupakan lokasi sentral sekelompok angka dalam distribusi statistik. Tiga pengukuran paling umum untuk tendensi sentral adalah:

- Rata-rata

Yang merupakan nilai rata-rata aritmatika, dan dihitung dengan menambahkan sekelompok angka lalu membaginya dengan hitungan angka tersebut. Misalnya, rata-rata dari 2, 3, 3, 5, 7, dan 10 adalah 30 dibagi 6, yaitu 5.

- Median

Merupakan angka tengah sekelompok angka; jadi, separuh dari angka-angka tersebut mempunyai nilai yang lebih besar dari mediannya, dan separuh angka mempunyai nilai yang lebih kecil dari median. Misalnya, median dari 2, 3, 3, 5, 7, dan 10 adalah 4.

- Modus

Yang merupakan angka yang paling sering muncul dalam sekelompok angka. Misalnya, modus dari 2, 3, 3, 5, 7, dan 10 adalah 3.

Fungsi COUNTIF

Fungsi COUNTIF adalah fungsi yang dapat digunakan untuk menghitung frekuensi suatu data dengan kriteria tertentu. Kamu dapat menggunakan COUNTIF sebagai salah satu fungsi statistik, untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria. Misalnya, untuk menghitung berapa kali kota tertentu muncul dalam daftar pelanggan.

Sintaks dari fungsi ini adalah:

COUNTIF(Range, Criteria)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini