Sukses

Inilah Fungsi COUNTIF dalam Microsoft Excel, Bisa Permudah Pekerjaanmu

Liputan6.com, Jakarta Fungsi COUNTIF bisa kamu gunakan di aplikasi program Microsoft Office Excel yang merupakan salah satu program pengolahan kata dan angka dari Microsoft Corporation. COUNTIF merupakan salah satu cara atau rumus di program Microsoft Excel.

Fungsi COUNTIF adalah untuk mencacah atau menghitung jumlah sel berdasarkan pada syarat atau kriteria tunggal tertentu. Selain COUNTIF, masih banyak rumus lain dari program Microsoft Exel untuk mempermudah pekerjaan atau mengolah kata dan angka.

Contoh rumus-rumus dalam Excel antara lain adalah SUM, AVERAGE, AND, NOT, OR, SINGLE IF, AREAS, dan masih banyak lagi rumus lainnya, yang pastinya memiliki fungsi yang berbeda-beda. COUNTIF bisa kamu gunakan untuk menghitung suatu kata atau angka dari dalam dialog yang kamu buat di Excel.

Selain rumus COUNTIF, ada beberapa rumus yang bersangkutan dengan rumus ini. Contohnya, rumus COUNT, COUNTA, COUNTIF, COUNTBLANK, dan COUNTIFS yang fungsinya hampir sama namun memiliki tujuan yang berbeda.

Jika kamu masih belum paham dengan fungsi COUNTIF, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai rumus-rumus yang berhubungan dengan COUNTIF dan bagaimana cara penggunaannya, Selasa (16/4/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

COUNT, COUNTA, COUNTIF, COUNTIFS, dan COUNTBLANK

1. COUNT

Sebelumnya kamu perlu mengetahui rumus COUNT. Rumus COUNT digunakan untuk menghitung banyaknya pemilik data yang berbentuk sumber atau angka saja. COUNT berbeda dengan SUM yang digunakan untuk menghitung jumlah datanya. Rumus COUNT hanya bisa digunakan untuk menghitung berapa jumlah sel yang memiliki angka saja.

Rumus COUNT:

=COUNT(sel awal:sel akhir)

2. COUNTA

Rumus COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah data sama halnya dengan rumus COUNT. Namun COUNTA bisa menghitung tipe data berbentuk angka, numerik, tulisan, teks, dan lain sebagainya.

Rumus COUNTA:

=COUNTA(sel awal:sel akhir)

3. COUNTIF

COUNTIF merupakan rumus yang berfungsi untuk menghitung banyaknya data dengan kriteria tertentu. Kamu juga bisa menghitung sel yang ingin kamu hitung saja. Fungsi COUNTIF bisa menghitung berbagai jenis macam data mulai dari nomor, teks, lambang, dan lain sebagainya.

Rumus COUNTIF:

=COUNTIF(sel awal:sel akhir;"kata, angka, dan lain sebagainya")

4. COUNTBLANK

COUNTBLANK digunakan untuk menghitung banyaknya sel kosong yang terdapat dalam suatu range yang telah ditentukan. Jadi rumus ini bisa menentukan berapa sel atau tabel yang kosong atau tidak terisi, dengan mudah.

Rumus COUNTBLANK:

=COUNTBLANK(sel awal:sel akhir)

5. COUNTIFS

Rumus COUNTIFS digunakan untuk menghitung banyaknya data dengan beberapa kriteria tertentu dalam sebuag tabel atau data. Berbeda dengan rumus COUNTIF yang bisa menghitung secara keseluruhan, rumus COUNTIFS akan menghitung kriteria tertentu yang kamu inginkan dan lebih spesifikasi lagi.

Rumus COUNTIFS:

=COUNTIFS(kriteria_range1; kriteria1; [kriteria_range2; kriteria2]…)

3 dari 3 halaman

Penjelasan Rumus

Untuk lebih jelasnya mengenai rumus-rumus di atas dan cara penggunaannya, kamu bisa memperhatikan tabel di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Tabel di atas menjelaskan bagaimana cara mendapatkan jumlah sesuai dengan apa yang kamu butuhkan hanya menggunakan rumus. Rumus-rumus ini memang lebih banyak digunakan untuk menghitung data yang cukup banyak dan kamu tidak perlu menghhitungnya atau mengeceknya satu-persatu.

Untuk mengetahui berapa jumlah orang yang ada di dalam tabel, kamu hanya perlu menggunakan rumus COUNTA. Rumus COUNTA digunakan karena untuk menghitung berapa jumlah orang dalam tabel tersebut kamu harus menghitung nama. Rumus COUNTA bisa menghitung atau menjumlah dalam bentuk sel tabel angka, huruf, tulisan, dan lain sebagainya.

Kemudian untuk menghitung jumlah laki-laki atau perempuan dalam tabel tersebut, kamu bisa menggunakan rumus COUNTIF. Fungsi COUNTIF bisa menghitung berapa jumlah suatu sel sesuai dengan kriteria tertentu yang kamu inginkan.

Sedangkan rumus COUNTIFS salah satu contohnya adalah untuk menghitung jumlah laki-laki yang makan bakso. Fungsi COUNTIFS berbeda dengan fungsi COUNTIF. Perbedaannya adalah COUNTIFS bisa memilih kriteria tertentu lainnya, contohnya menjumlah laki-laki yang makan bakso.

Fungsi COUNTIF adalah salah satu dari sekian banyak fungsi rumus yang ada di Microsoft Excel yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaanmu. Masih banyak rumus yang ada dalam Excel yang bisa mempermudah pekerjaanmu.

Namun kamu harus benar-benar mengetahui rumus tersebut dan bagaimana cara menggunakannya agar tidak salah. Selamat mencoba.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS