Sukses

Sudah Tertutupi Lumut, Bukti Indonesia Punya Gundam Sejak Jadul

Liputan6.com, Jakarta Gundam merupakan salah satu nama dari serial fiksi ilmiah yang dibuat oleh Yoshiyuki Tomino melalui studio Sunrise. Ia membuat dan menampilkan robot raksasa yang bernama Gundam.

Serial Gundam ini sudah muncul sejak 7 April 1979 dengan Mobile Suit Gundam melalui serial televisi. Dalam serial televisi, Gundam bergenre anime dengan latar belakang militer. Kesuksesan Gundam bahkan tak hanya melalui serial televisinya, namun juga meluas ke bidang lain.

Kepopulerannya membuat Gundam banyak dicari seperti manga, novel, permainan video, model robot yang dikenal sebagai Gunpla (model plastik Gundam). Tak luput juga di Indonesia, banyak penggemar di Indonesia yang mengoleksi Gundam.

Namun tahukah kamu, sebuah foto Gundam ada di Indonesia yang diduga ada sejak zaman dulu bahkan disinyalir sejak zaman Majapahit?

2 dari 3 halaman

Patung 'Gundam' yang Telah Ditutupi Lumut

Sempat viral di media sosial, penampakan patung Gundam ditemukan di daerah Nyamat, Jawa Tengah. Dilansir dari akun media sosial Twitter @wrongindogov oleh Liputan6.com, akun tersebut memosting foto yang menampilkan patung mirip Gundam yang sudah hampir tertutupi oleh lumut, Selasa (16/4/2019).

Patung tersebut tampak mirip dengan sosok di Mobile Suit Gundam 00. Patung tersebut berada di atas sebuah batu dan hanya menampilkan setengah badannya. Dari viralnya foto tersebut membuat banyak opini yang berbeda-beda dari para netizen.

Beberapa netizen menduga bahwa sosok tersebut merupakan patung Armor Gadjah Mada yang menyatukan Nusantara. Sebagian lainnya mengatakan bahwa patung tersebut hanyalah hasil karya seseorang yang terbuat dari besi dan kaleng-kaleng bekas yang kemudian berubah warna dan tertutupi lumut karena sudah lama.

Walaupun bisa dipastikan oleh para ahli, postingan foto tersebut bahkan telah mendapatkan 9.195 kali retweets dan juga dipenuhi oleh komentar dari netizen pengguna Twitter lainnya. Bahkan foto ini masuk dalam media berita Jepang, GIGAZINE.

3 dari 3 halaman

Reaksi Kocak Para Netizen

Diduga sudah ada sejak lama di kawasan tersebut, beberapa netizen mengaku bahwa baru mengetahui adalanya patung tersebut yang disebut-sebut sosok yang pernah ada pada zaman Majapahit.

durhaka ini gundamnya makanya dikutuk jadi batu,” tulis komentar dari @ilham_firm.

Konon katanya itu adalah patung armor gadjah mada saat menyatukan nusantara,” ujar @mahasin_

Ternyata jepang menjajah indonesia nemu bahan buat di jadiin anime juga,” timpal @kurangbersyukur.

Gundam dengan kearifan lokal,” komentar dari @AgungPramono67.

gundam pernah membantu majapahit menghadapi penjajah,” tulis @margofebriyanto.

 

Loading