Sukses

Cara Logout Akun Instagram di Semua Perangkat, Agar Tak Mudah Dibobol

Liputan6.com, Jakarta Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler selama beberapa tahun ini. Fitur-fitur menariknya seperti foto dan video membuat Instagram digemari banyak khalayak khususnya kaum muda.

Instagram dapat diakses melalui aplikasi smartphone dan dekstop komputer. Tidak seperti Facebook dan Gmail, Instagram tidak menyediakan fitur apa pun untuk keluar dari akun Instagram Anda dari jarak jauh di perangkat lain.

Padahal, pada waktu tertentu kamu para pengguna Instagram sering login ke akun Instagrammu menggunakan perangkat lain seperti smartphone teman atau komputer umum. Saat kamu kelupaan me-logoutnya pengguna lain dapat mengakses Instagrammu dengan bebas.

Jika jatuh ke tangan yang tidak tepat, orang lain akan dapat membaca pesan pribadi, foto, dan video di akun Instagrammu. Dengan begitu privasimu akan tergangu atau bahkan akunmu bisa dibobol dan disalahgunakan.

Nah, jika kamu merasa telah login Instagram di perangkat lain baik smartphone maupun dekstop, atau bahkan kamu lupa pernah login perangkat mana saja, ada cara tepat untuk melogout Instagrammu dari jarak jauh.

Berikut cara logout Instagram di semua perangkat yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/4/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Logout Instagram Dari Semua Perangkat

Kamu dapat keluar dari semua perangkat lain dengan mengatur ulang kata sandi Instagrammu. Ini adalah satu-satunya cara untuk logout dari semua perangkat lain sekaligus. Dengan begitu kamu dapat mengontrol ulang perangkat mana saja yang dapat mengakses akunmu.

Selain itu, cara ini adalah cara paling sederhana dan mudah karena kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga. Hal ini karena kamu dapat melakukannya langsung melalui aplikasi Instagram.

3 dari 5 halaman

Cara mengatur ulang kata sandi

- Buka aplikasi Instagram dan ketuk tombol profil di bagian bawah kanan layar.

- Ketuk tombol tiga titik di sudut kanan atas layar Instagram.

- Gulir ke bawah ke menu yang muncul dan ketuk ubah kata sandi atau 'change password'.

Untuk keluar dari Instagram di semua perangkat, kamu harus mengubah kata sandi Instagrammu.

Setelah bagian 'ubah kata sandi' atau 'change password' muncul, masukkan kata sandi lamamu dan kemudian masukkan kata sandi yang baru. Setelah memasukkan informasi yang diperlukan, ketuk selesai di sudut kanan atas layar.

Tunggu beberapa saat dan kamu akan keluar dari Instagram dari semua perangkat. Hingga saat ini, tidak ada cara lain untuk keluar dari akun Instagram dari semua perangkat sekaligus.

Mengubah kata sandi mungkin sulit jika kamu terbiasa dengan kata sandi yang sama selama bertahun-tahun. Namun, kamu perlu mencobanya agar akun Instagrammu tetap aman dari pembobol.

4 dari 5 halaman

Cara mengamankan Instagram dari peretas

Selain memperhatikan di perangkat mana saja kamu mengakses Instagram, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari peretas menguasai akun Instagrammu. Berikut langkah-langkahnya:

Pilih Kata Sandi yang Kuat

Salah satu cara paling umum yang digunakan peretas untuk masuk ke akun adalah dengan menebak kata sandi atau dengan menggunakan kata sandi lama yang dikompromikan dalam pelanggaran data.

Sementara Instagram merekomendasikan untuk menggunakan "kombinasi setidaknya enam angka, huruf, dan tanda baca," sebagian besar pakar keamanan menyarankan panjang kata sandi minimal 8 karakter.

Kamu juga harus mempertimbangkan memperbarui kata sandi Instagrammu secara rutin setidaknya sekali atau dua kali setahun menurut sebagian besar pakar.

5 dari 5 halaman

Cara mengamankan Instagram dari peretas

Nyalakan Otentikasi Dua Faktor

Hampir semua aplikasi utama sekarang menyediakan beberapa bentuk otentikasi dua faktor atau Two-Factor Authentication, dan ini termasuk Instagram.

Dengan otentikasi dua faktor diaktifkan, setiap kali kamu masuk ke Instagram dari perangkat yang tidak dikenal, kamu akan diminta untuk memasukkan kode keamanan SMS, bersama dengan nama pengguna dan kata sandi. Ini dapat membantu menggagalkan upaya apa pun oleh peretas untuk masuk ke akunmu dan mengubah informasi kontakmu.

Untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor, buka profil Instagram dan ketuk tombol pengaturan. Kemudian gulir ke bawah dan ketuk Otentikasi Dua Faktor atau Two-Factor Authentication. Ketuk slider ke posisi "on".

Jika akunmu tidak memiliki nomor telepon yang dikonfirmasi, kamu akan diminta untuk memasukkannya. Setelah memasukkan nomor telepon, ketuk tombol berikutnya (next). Sekarang ketika kamu masuk ke akun Instagrammu dari perangkat yang tidak dikenal,kamu akan diminta memasukkan kode keamanan yang kamu terima melalui SMS.

Otentikasi Dua Faktor dengan aplikasi pihak ketiga

Instagram baru-baru ini mengumumkan sistem otentikasi dua faktor yang lebih kuat yang sekarang memungkinkanmu menggunakan aplikasi autentikator pihak ketiga untuk masuk ke akun Instagram.

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut, buka profil, ketuk ikon menu, pilih "Pengaturan" di bagian bawah dan kemudian pilih "Otentikasi Dua Faktor."

Selanjutnya, pilih "Aplikasi Otentikasi" sebagai bentuk otentikasi yang kamu inginkan. Jika kamu sudah menginstal aplikasi otentikasi, Instagram akan secara otomatis menemukan aplikasi dan mengirimkan kode masuk ke sana. Kamu harus mengambil kode dan memasukkannya di Instagram, dan otentikasi dua faktor akan menyala secara otomatis.

Jika kamu tidak memiliki aplikasi otentikasi, pergilah ke App Store atau Google Play Store untuk mengunduhnya dan kemudian lanjutkan dengan menyiapkan otentikasi dua faktor.

 

Loading