Sukses

7 Gejala Tersembunyi Anemia yang Tak Boleh Diabaikan, Bisa Berakibat Fatal

Liputan6.com, Jakarta Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang diderita banyak orang. Anemia didefinisikan sebagai kondisi dimana seseorang tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan banyak faktor lainnya. 

Ada beberapa jenis anemia dilihat dari penyebabnya. Beberapa orang, menderita kondisi seperti anemia sel sabit atau talasemia, atau anemia sejak lahir dimana tubuh secara genetik mewarisi kesulitan memproduksi sel darah merah atau bagian spesifik dari sel darah merah.

Namun, ada pula anemia yang disebabkan oleh kurangnya zat besi atau vitamin B12, yang keduanya, bersama dengan folat, diperlukan untuk produksi sel darah merah yang sehat.

Penderita anemia akan sering merasa lelah dan lemas. Beberapa gejala anemia sering tak disadari karen mirip dengan kelelahan biasa. Namun, jika terus disepelekan, gejala-gejala ini akan membuat anemia semakin buruk. Jika Anda memiliki riwayat anemia, sebaiknya Anda tak boleh mengabaikan gejala-gejala tersembunyinya.

Berikut gejala tersembunyi anemia yang tak boleh diabaikan, dilansir Liputan6.com dari Reader's Diggest Selasa(16/4/2019):

2 dari 8 halaman

Sering kehabisan napas atau pusing

Tanpa cukup zat besi atau vitamin B12, tubuh tidak dapat memproduksi cukup jenis protein spesifik yang disebut hemoglobin, yang sangat penting untuk berfungsinya sel darah merah.

Hemoglobin, yang sangat kaya dengan zat besi memberi darah warna merahnya, memungkinkan oksigen untuk berikatan dengan sel-sel sehingga sel-sel itu dapat membawanya dalam aliran darah ke seluruh tubuh.

Ketika tidak ada cukup zat besi atau vitamin B12 untuk membuat jumlah hemoglobin yang memadai, beberapa bagian tubuh tidak akan menerima oksigen yang mereka butuhkan.

Akibatnya Anda akan sulit bernapas dan kadang-kadang mendapatkan oksigen yang sangat sedikit di kepala sehingga Anda merasa pusing atau sakit kepala. Anemia juga merupakan salah satu dari banyak gejala kanker usus yang harus Anda waspadai.

3 dari 8 halaman

Merasa sangat lelah

Profesor Fakultas Kedokteran Universitas Andrew Andrew Artz, MD, mengatakan salah satu gejala anemia yang paling umum adalah perasaan kelelahan. "Kelelahan adalah gejala utama," kata Dr. Artz.

Tantangan dari gejala kelelahan adalah bahwa setiap orang memiliki pengalaman berbeda tentang bagaimana mereka melihatnya. Beberapa hanya akan merasa lebih lelah yang lain akan merasakannya dengan aktivitas tertentu."

Kelelahan disebabkan oleh proses yang sama yang menyebabkan sesak napas dan pusing. Tanpa cukup zat besi atau vitamin B12, tidak ada cukup hemoglobin, dan tanpa cukup hemoglobin, tidak ada cukup oksigen untuk bahan bakar tubuh.

4 dari 8 halaman

Kulit terlihat lebih pucat

Jika Anda tidak memiliki sel darah merah yang sehat untuk membakar organ tubuh Anda dengan oksigen, Anda tidak dapat mengharapkan organ terbesar Anda yaitu kulit terlihat sehat.

Tanpa zat besi atau vitamin B12, mungkin tidak ada pasokan darah yang cukup ke kulit. Dengan begitu kulit akan menghasilkan bagian yang lebih pucat, dan bahkan kelihatan putih pucat.

5 dari 8 halaman

Merasakan sakit di dada

Ketika ada lebih sedikit sel darah merah sehat yang beredar, jantung harus bekerja lebih keras untuk mengedarkannya ke seluruh tubuh. Akibatnya, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya dan Anda mungkin mulai merasakan ketegangan seperti nyeri dada.

Ini bukan masalah yang patut disepelekan, terutama jika Anda memiliki masalah jantung lainnya. The National Heart, Lung, and Blood Institute melaporkan bahwa ketika jantung Anda harus bekerja lebih keras, itu dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur, murmur jantung, jantung membesar, atau bahkan gagal jantung.

6 dari 8 halaman

Tangan dan kaki dingin

Jika Anda tangan dan kaki Anda terasa lebih dingin dari biasanya, ini bisa menjadi tanda kekurangan zat besi atau anemia. Alasannya adalah karena ketika Anda mengalami anemia, Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat di dalam tubuh Anda.

Zat besi membantu sel-sel darah ini mengirimkan panas dan nutrisi ke seluruh sel Anda, jadi ketika Anda kekurangan zat besi, Anda lebih rentan merasa kedinginan.

7 dari 8 halaman

Mengalami sakit kepala dalam jumlah yang tidak normal

Sebagian besar dari kita mengalami sakit kepala sesekali, karena stres, kurang tidur, sakit, dan berbagai alasan lainnya. Tetapi jika Anda mendapati diri Anda mengalami lebih banyak sakit kepala daripada biasanya, mungkin inilah saatnya untuk memeriksa kadar zat besi Anda.

Sakit kepala bisa berkisar dari tingkat rendah hingga migrain juga, jadi jangan sepelekan meskipun Anda hanya merasakan sakit ringan. Kadar zat besi yang rendah bisa berarti bahwa tidak cukup oksigen yang mencapai otak.

8 dari 8 halaman

Denyut jantung tidak teratur

Palpitasi jantung, atau detak jantung yang tidak teratur, adalah tanda lain dari anemia karena defisiensi zat besi. Orang yang anemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah, yang merupakan protein dalam sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Ini berarti bahwa tanpa hemoglobin yang cukup, jantung harus bekerja lebih keras untuk membawa oksigen. Inilah yang menyebabkan perasaan bahwa jantung Anda berdetak tidak teratur atau cepat.

Loading