Sukses

7 Makanan Penurun Darah Tinggi Ini Selain Enak Ternyata Juga Bermanfaat

Liputan6.com, Jakarta Makanan penurun darah tinggi bisa kamu dapatkan dengan mudah dan dijual di toko-toko. Makanan ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang kamu alami menjadi normal kembali, sehingga kamu bisa kembali sehat dan darah tinggi hilang dan tidak membahayakan tubuh. 

Darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah dalam tubuhmu melebihi normal atau tinggi. Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung meompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah tinggi pada umumnya akan memberikan angka tekanan darah yang lebih tinggi dari 140/90 milimeter raksa (mmHg).

Pada umumnya tekanan darah yang normal pada orang dewasa dengan kondisi tubuh yang sehat adalah 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Angka pertama yaitu 90 dan 120 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah keseluruh tubuh atau tekanan sistolik. Sedangkan angka kedua yaitu 60 dan 80 adalah tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau sering disebut dengan tekanan diastolik.

Tekanan darah yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Contohnya saja kamu bisa terkena serangan jantung, gagal jantung, stroke, aneurisma, dan lain sebagainya. Maka dari itu, darah tinggi harus segera ditangani. Untuk menanganinya kamu bisa mengkonsumsi obat atau mengkinsumsi makanan penurun darah tinggi.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa makanan penurun darah tinggi dari beberapa sumber yang bisa kamu konsumsi, Selasa (16/4/2019).

2 dari 8 halaman

1. Sayuran Hijau

Makanan penurun darah tinggi yang pertama bisa kamu konsumsi adalah sayuran hijau. Beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, kale, lobat hijaum sawi, dan lain sebagainya bisa kamu konsumsi karena memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Selain itu kandungan kalsium pada sayuran hijau juga dipercaya dapat menurunkan darah tinggi. Kamu bisa membuat jus dari sayuran hijau tersebut atau memasaknya terlebih dahulu. Pilihlah sayuran yang masih segar dan jangan konsumsi sayuran hijau kalengan.

3 dari 8 halaman

2. Yogurt

Makanan penurun darah tinggi selanjutnya adalah yogurt. Yogurt juga dipercaya memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dan baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sekitar 170 gram yogurt mengandung 300 miligram kalsium. Ini bisa memenuhi 1/3 kebutuhan kalsium dalam tubuhmu.

Selain itu, yogurt juga memiliki kandungan natrium yang cukup rendah sehingga aman dikonsumsi untuk penderita hipertensi. Pilihlah yogurt yang tidak mengandung atau sedikir mengandung pemanis buatan.

4 dari 8 halaman

3. Pisang

Buah yang bisa ditemukan di mana saja dan cukup disukai oleh banyak orang ini juga ternyata menjadi salah satu makanan penurun darah tinggi. Pisang dipecaya mengandung kalium yang tinggi dan dapat membantu menyeimbangkan kadara natrium yang tinggi dalam tubuh orang penderita hipertensi.

Kamu bisa mengkonsumsi pisang sebagai makanan penurun darah tinggi dengan memakannya secara langsung atau dibuat jus. Jika ingin manfaatnya semakin besar, campurkan yogurt dalam jus pisang.

5 dari 8 halaman

4. Kentang

Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada kentang ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah. Makanan penurun darah tinggi ini bisa kamu temui di manapun.

Selain itu kentang juga memiliki kandungan serat yang diperlukan oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari makanan penurun darah tinggi yang satu ini, kamu bisa merebusnya secara langsung tanpa harus ditambah dengan bumbu atau garam.

Lebih baik jangan tambahkan garam, karena garam bisa membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi lagi.

6 dari 8 halaman

5. Buah Berry

Buah-buahan dalam jenis beri dipercaya juga bisa menurunkan darah tinggi. Buah-buahan beri mengandung senyawa flavonoid.

Senyawa ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga bisa membantu menurunkan darah tinggi. Kamu bisa memakan buah berry seperti blueberry, rasberry, dan strawberry secara langsung atau dengan yogurt.

Selain itu buah berry juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

7 dari 8 halaman

6. Ikan

Beberapa jenis ikan yang mengandung banyak vitamin D seperti ikan trout bisa menjadi makanan penurun darah tinggi. Selain itu ikan dengan lemak baik seperti salmon, juga bisa menurunkan darah tinggi.

Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam ikan tersebut. Namun kamu harus memperhatikan bagaimana cara mengolah ikan sebagai makanan penurun darah tinggi. Usahakan untuk tidak menambahkan garam, karena garam bisa menaikkan tekanan darah pada tubuhmu.

8 dari 8 halaman

7. Coklat

Pasti kamu tidak percaya bahwa ternyata coklat juga bisa menjadi makanan penurun darah tinggi. Namun perlu kamu perhatikan tidak semua jenis coklat bisa menurunkan darah tinggi atau mengatasi hipertensi.

Jenis coklat hitan atau dark chocolate adalah coklat yang baik kamu konsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoid dalam dark chocolate bisa membantu pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah.

Kemudian semakin tinggi kandungan kakao dalam coklat juga baik untuk kesehatanmu.

Itulah beberapa makanan penurun darah tinggi yang bisa kamu konsumsi dan bisa kamu temui atau kamu dapatkan dengan mudah.