Sukses

Begini Cara Membuat Status Video di WhatsApp Lebih dari 30 Detik

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp adalah salah satu aplikasi untuk berkirim pesan secara instan dan mudah melalui internet. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang karena kemudahannya dalam pengoperasiannya dan juga berbagai fitur yang menarik di dalamnya. Bukan hanya untuk berkirim pesan saja, WhatsApp juga bisa dugunakan untuk berkirim foto, video, audio, bahkan dokumen penting.

Sejak awal mula dirilis pada tahun 2009 lalu, banyak sekali perubahan dan tambahan-tambahan fitur yang WhatsApp berikan dan suguhkan sehingga membuat aplikasi ini semakin diminati. Salah satu fitur terbaru milik WhatsApp adalah pengguna bisa membagikan sebuah status atau cerita kepada orang-orang yang ada di dalam kontak kita berupa foto, video, dan juga teks. Fitur ini hampir mirip dengan fitur pada Instagram yaitu Instagram Story. Jika di WhatsApp biasanya disebut dengan WhatsApp Story.

Jika di Instagram Story kamu bisa membagikan momen dalam bentuk video hanya beberapa detik saja, berbeda dengan WhatsApp Story yang bisa membagikan momen video berdurasi 30 detik. Videopun bisa kamu tangkap langsung atau kamu ambil dari galeri yang ada di dalam handphonemu.

Video yang bisa dibagikan di WhatsApp Story atau status WhatsApp memang hanya 30 detik saja. Terus bagaimana jika kamu ingin membagikan video lebih dari 30 detik? Berikut ini Liputan6.com akan memberikan tips bagaimana cara membuat status video di WhatsApp lebih dari 30 detik dilansir dari techviral.net, Rabu (17/4/2019).

2 dari 4 halaman

1. Memisahkan Video

WhatsApp sudah mematenkan untuk membagikan video pada status atau story hanya 30 detik. Kamu memang tidak bisa mengirim video lebih dari 30 detik, namun kamu bisa melakukan pemisahan video yang kamu punya kemudian menguploadnya beberapa kali. Caranya kamu bisa memotong atau memisahkan video yang kamu punya sepanjang 30 detik, kemudian potong lagi bagian lainnya 30 detik lagi.

Contohnya jika kamu mempunyai video dengan durasi 2 menit atau 120 detik, maka kamu bisa membaginya menjadi 4 bagian setiap bagian berdurasi 30 detik. Untungnya WhatsApp tidak membatasi berapa video yang bisa kamu upload. Beberapa aplikasi bisa kamu gunakan untuk memotong video seperti Video Splitter, Story Split, Story Cutter, Video Editor, dan masih banyak lagi yang lain.

3 dari 4 halaman

2. Gunakan Pemotong Video dari WhatsApp

Jika kamu tidak ingin susah payah menggunakan aplikasi lain, kamu bisa menggunakan fitur yang sudah ada pada WhatsApp. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk memotong video menjadi 30 detik secara otomatis ketika kamu ingin mengupload video di story WhatsApp.

Kamu hanya perlu memposisikan awal video dan akhir video yang ingin kamu upload. Cukup mudah bukan? Jika kamu ingin mengupload video lebih dari 30 detik, maka gunakan fitur ini sama seperti pemotongan video diatas. Namun kamu harus benar-benar memperhatikan pada bagian mana video yang sudah kamu potong sebelumnya, agar video bisa terhubung dengan pas.

4 dari 4 halaman

3. Menggunakan WhatsApp Mods

Jika kamu masih bersikeras ingin mengupload video di status WhatsApp tanpa harus memotong durasi video asli yang kamu inginkan, kamu bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Mods atau aplikasi WhatsApp ilegal yang bisa membuat hal ini. Contoh aplikasi WhatsApp Mods antara lain adalah, GBWhatsApp, WhatsApp Plus, YoWhatsApp dan masih banyak lagi.

Salah satu aplikasi WhatsApp Mods yang bisa memperpanjang durasi video pada status WhatsApp adalah WA Tweaks. Dengan aplikasi ini kamu bisa memperpanjang durasi video WhatsApp sesuka hatimu. Namun perlu digaris bawahi, aplikasi Mods biasanya menyimpan banyak masalah seperti virus, dan juga mallware yang bisa berbahaya untuk handphonemu.

Itulah beberapa trik dan tips bagaimana cara agar status video di WhatsApp bisa lebih dari 30 detik. Selamat mencoba.