Sukses

Tak Melulu Wortel, Buah dan Sayur Ini Bisa Tingkatkan Fungsi Mata

Liputan6.com, Jakarta Mata merupakan organ vital yang sangat penting bagi manusia. Dengan mata seseorang dapat melihat dunia dengan warna-warnanya. Kesehatan mata merupakan hal penting yang patut dijaga.

Gaya hidup tidak sehat seperti membaca atau menonton TV dalam jarak dekat, penggunaan ponsel dan komputer dapat mengurangi fungsi mata. Mennurunnya fungsi mata akan membuat seseorang mengalami beberapa masalah seperti rabun, mata berair, atau bahkan perih dan sakit.

Banyak suplemen yang dapat membantu Anda meningkatkan fungsi mata. Namun, nutrisi terbaik dapat didapat melalui bahan alami seperti buah dan sayur. Sayuran yang terkenal dapat menyehatkan mata adalah wortel. Banyak orang percaya wortel memiliki kandungan vitamin A yang begitu kuat untuk menyehatkan mata.

Hal ini memang benar, namun, makanan alami yang dapat meningkatkan fungsi mata tak hanya didapat dari wortel. Banyak sayur dan buah yang dapat Anda konsumsi untuk menyehatkan daya penglihatan. Berikut sayur dan buah yang dapat meningkatkan fungsi mata dirangkum Liputan6.com dari Naturalfoodseries Rabu (17/4/2019). 

2 dari 6 halaman

Jeruk

Buah jeruk dikenal kaya akan vitamin C, yang walaupun dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga meningkatkan kesehatan mata Anda. Vitamin C memberikan kemampuan anti-oksidan ke seluruh tubuh, yang perannya membantu memperlambat perkembangan AMD atau perkembangan katarak.

Jeruk sangat penting bagi orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi, karena hormon kortisol dapat menyebabkan penurunan kekebalan atau meningkatkan kerusakan oksidatif pada mata.

3 dari 6 halaman

Blueberry

Blueberry adalah salah satu sumber anti-oksidan terkaya dan mengandung Vitamin C, anti-oksidan karotenoid lutein dan zeaxanthin. Kombinasi anti oksidan yang kuat ini, belum lagi kehadiran resveratrol menjadikannya pendukung peningkatan fungsi mata yang sangat baik.

Resveratrol dikaitkan dengan efek menguntungkan dari anggur dan beri lainnya, seperti anti-penuaan, pencegahan kanker dan efek anti-oksidan. Blueberry juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah mikro di bagian belakang mata, yang dapat menjadi rusak dan berdarah, yang umum terjadi pada penderita diabetes.

4 dari 6 halaman

Tomat

Tomat adalah sumber likopen terkaya yang dikenal manusia, anti oksidan karotenoid lainnya berkaitan manfaat pada prostat, kulit, mata, dan banyak lagi. Yang membuat likopen menarik adalah fakta bahwa ia dapat mencegah kerusakan UV pada retina, atau area mata lainnya di mana mungkin terjadi.

Tomat juga kaya akan vitamin C dan senyawa bioaktif lainnya yang membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif. Tomat mentah tampaknya yang terbaik, karena beberapa nutrisi senyawa yang terkandung dalam tomat dihancurkan saat dipanaskan.

5 dari 6 halaman

Sayuran Hijau

Bayam

Mirip dengan kangkung, bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua anti-oksidan paling penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini bertindak sebagai perisai alami terhadap sinar UV, membantu mencegah kerusakan dan menyerap cahaya biru yang dapat merusak retina.

Brokoli

Sayuran ini mengandung banyak serat dan banyak phytocompounds yang mengurangi dampak kerusakan oksidasi pada mata. Selain itu, brokoli kaya akan vitamin B2 (riboflavin) yang mengurangi peradangan akibat kerusakan ringan. Kekurangan B2 dapat meningkatkan sensitivitas cahaya dan memiliki peran dalam pengembangan katarak.

Kangkung

Konsumsi kangkung secara teratur dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Kangkung kaya akan puluhan nutrisi, termasuk banyak phytochemical, yang banyak di antaranya berperan dalam menjaga kesehatan mata Anda. Di antaranya adalah anti oksidan lutein dan zeaxanthin, yang perlu ditekankan yang super bermanfaat bagi kesehatan mata.

Selain mencegah AMD, kangkung juga mengurangi risiko katarak. Hanya dengan 100g porsi kangkung menghasilkan lebih dari asupan lutein 10mg yang direkomendasikan per hari, membantu Anda dengan mudah mencapai nutrisi baik untuk mata.

6 dari 6 halaman

Minyak zaitun dan Kacang Pistachio

Minyak Zaitun

Minyak zaitun lebih unggul daripada kebanyakan minyak goreng lainnya yang tersedia secara komersial karena bebas dari lemak trans. Diet Mediterania telah terbukti meningkatkan penglihatan sehat, karena mengurangi risiko AMD, dan juga mempromosikan penyerapan karotenoid anti-oksidan lutein dan zeaxanthin. Minyak zaitun juga membantu mengurangi kadar kolesterol, yang diperkirakan dapat mendorong perkembangan katarak.

Kacang Pistachio

Kacang Pistachio adalah kacang yang mengandung jumlah lutein dan zeaxanthin tertinggi, bersama dengan Vitamin E yang merupakan anti oksidan kuat lainnya. Plus, lemak tak jenuh yang ditemukan dalam kacang-kacangan ini mendorong penyerapan karotenoid anti-oksidan, dengan cara yang mirip dengan minyak zaitun.

Loading
Artikel Selanjutnya
Canggih, Ilmuwan Ciptakan Softlens yang Bisa Zoom Lewat Kedipan Mata
Artikel Selanjutnya
6 Olahraga Mata yang Bisa Tingkatkan Fungsi Penglihatan, Mudah Dipraktikkan