Sukses

10 Kata-Kata Mutiara Cinta Islami dengan Makna Mendalam dan Memotivasi

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata mutiara cinta Islami bisa memberikan motivasi dan juga memberikan kesejukan dalam menjalani kehidupan yang banyak cobaan ini. Kamu bisa menggunakannya untuk memotivasi diri sendiri atau untuk memotivasi orang lain.

Kata-kata mutiara cinta Islami banyak mengandung makna di dalamnya jika kamu benar-benar menghayati arti di dalamnya. Manusia hidup di dunia pasti dipenuhi dengan cobaan dan juga rintangan.

Banyak cobaan yang terasa begitu berat sehingga kamu merasa ingin menyerah dan menyudahi hidupmu. Terlebih soal urusan cinta yang terkadang banyak polemik muncul karena cinta ini berurusan dengan perasaan. Jika sekali perasaan menjadi sedih, kadang kala untuk memperbaikinya sedikit sudah dan butuh waktu yang lama.

Kata-kata mutiara cinta Islami bisa memberikan sedikit dorongan untuk selalu berusaha tidak menyerah dan selalu menerima keadaan. Mencoba menjadi lebih baik dan terhindar dari kesedihan yang terlalu mendalam karena cinta.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa kata-kata mutiara cinta Islami yang bisa kamu gunakan untuk memberikan motivasi, semangat hidup, hingga memberikan kepercayaan akan cinta, Kamis (18/4/2019).

2 dari 3 halaman

Kata-kata Mutiara Cinta Islami

"Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya."

Kata-kata mutiara cinta Islami di atas merupakan perkataan dari Umar bin Khattab. Kata-kata ini mengandung makna bahwa segala sesuatu di dunia ini sudah ditakdirkan dan sudah ditentukan masing-masing jalannya.

Meskipun kamu bersikeras menginginkan sesuatu, namun itu tidak ditakdirkan untukmu, maka itu tidak akan bisa kamu dapatkan. Jadi jangan terlalu egois dalam suatu hal, lakukan sewajarnya saja.

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."

Kata-kata mutiara cinta Islami ini diambil dari surat Al-Baqarah ayat 216. Hal ini menjelaskan bahwa sesuatu yang kamu suka atau kamu benci itu belum tentu sesuai dengan apa yang sebenarnya.

Berperilakulah adil terhadap sesuatu. Jangan membenci sesuatu secara berlebihan dan jangan menyukai sesuatu secara berlebihan. Lakukan sewajarnya saja.

"Perpisahan hanya berlaku untuk mereka yang mencintai lewat mata. Karena untuk mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa, tak akan ada yang namanya perpisahan."

Jika kamu mencintai seseorang atau menyukai seseorang, janganlah hanya karena fisik yang nampak saja, tapi harus dari hati dan juga perilakunya.

"Tak peduli seberapa baik atau buruknya hidupmu, bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah bahwa kamu masih memilikinya."

Kata-kata mutiara cinta Islami di atas bisa diartikan bahwa hidup yang kamu miliki itu harus selalu kamu syukuri. Karena tuhan sudah memberikannya kepadamu. Jangan kamu sia-siakan semua yang sudah ada pada hidupmu seperti kekayaan, kesehatan, hingga pasangan hidup.

"Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya, agar saat sedih tidak berlebihan."

Segala yang diberikan oleh Allah itu sebenarnya adalah sebuah cobaan. Cobaan yang harus kita syukuri, cobaan yang bisa memperkuat keiamanan kita kepada Allah.

3 dari 3 halaman

Kata-kata Mutiara Cinta Islami

"Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah."

Memutuskan untuk berhijrah, berarti memutuskan untuk selalu di jalan Allah dan selalu melakukan semua yang dianjurkannya dan tidak melakukan apa yang dilarangnya. Kamu pasti tidak akan pernah berhenti jika hijrahmu itu benar-benar karena Allah, dan ikhlas menjalaninya.

"Allah pasti akan menggantikannya dengan yang lebih baik, jika kita merelakan dia dengan ikhlas karena Allah."

Semua yang kita miliki itu adalah milik Allah. Maka jika suatu saat itu diambil oleh Allah, kita harus ikhlas menerimanya, dan percaya itu yang terbaik untuk kita dan Allah pasti akan menggantikannya dengan yang lebih baik.

"Saat Allah mengambil satu kebahagiaan yang ada padamu, Allah juga menyiapkan kebahagiaan dalam bentuk yang lain."

Allah tidak akan pernah membuat sedih hambanya dengan semena-mena mengambil kebahagiaan. Namun kamu pasti akan mendapatkan kebahagian lain yang lebih cocok untuk kamu miliki, atau bahkan lebih baik untuk kamu miliki. Percayalah dan ikhlas karena Allah.

"Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

Allah menurunkan pasangan di dunia ini bukan hanya untuk dicintai saja, namun untuk bersama-sama berbuat kebaikan dan bersama-sama berusaha untuk masuk ke surga kelak.

"Pasangan paling bahagia di dunia ini tidak pernah memiliki sifat yang sama. Mereka hanya saling memahami dengan baik tentang perbedaan yang mereka miliki."

Kata-kata mutiara cinta Islami di atas menjelaskan bahwa setiap pasangan pasti memiliki sifat yang berbeda-beda, namun setiap pasangan harus mampu memahami masing-masing kekurangan dan kelebihan yang mereka miliki.

Itulah beberapa kata-kata mutiara cinta Islami yang bisa kamu gunakan untuk memotivasi hidupmu agar lebih baik lagi dan tidak mudah menyerah dalam menjalani hidup.