Sukses

10 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

Manfaat lobak putih juga dipercaya bisa menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lobak putih ternyata baik untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat lobak putih diantaranya adalah untuk menurunkan berat badan, menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi manfaat lobak putih untuk kesehatan. 

Lobak putih atau yang sering disebut dengan daikon atau lobak Jepang, adalah sayuran yang berasal dari negara Tiongkok. Sayuran ini kemudian banyak dibudidayakan di Indonesia khususnya di daerah dataran rendah dan pegunungan. Lobak putih sekilas jika diperhatikan bentuknya mirip dengan wortel. Namun warnanya berbeda yaitu putih.

Sayuran dengan nama latin Raphanus raphanistrum var. sativus ini, masuk ke dalam keluarga Brassicaceae atau Cruciferaceae. Golongan kelompok sayuran tersebut masih satu keluarga dengan sayur kol atau kubis.

Lobak putih memiliki banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah dalam 100 gram sayur lobak putih bisa mengandung 21 kalori, 0,9 gram protein, 0,1 gram lemak, 4,2 gram karbohidrat, dan 1,4 gram serat.

Lobak putih juga dipercaya banyak mengandung mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Kandungan nutrisi yang banyak dalam lobak putih ini pasti sangat bermanfaat untuk tubuh terutama untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh dari berbagai sumber, Kamis (18/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meredakan Sakit Tenggorokan hingga Menurunkan Berat Badan

1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Kandungan vitamin C dan mineral dalam lobak putih dipercaya oleh pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati sakit tenggorokan. Tidak hanya untuk meredakan sakit tenggorokan, lobak putih juga sering digunakan untuk menangani demam, gangguan empedu, dan peradangan.

2. Mencegah Resiko Penyakit Kanker

Manfaat lobak putih selanjutnya adalah untuk mencegah resiko penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalamnya yang bermanfaat melawan berbagai dampak buruk dari radikal bebas, termasuk untuk mencegah resiko penyakit kanker. Penggunaan lobak putih untuk mencegah kanker sudah digunakan di beberapa negara Asia, terutama di Korea. Lobak putih juga dipercaya mengandung isotiosinat yang dapat membunuh sel-sel kanker serta mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antiosidan dan juga vitamin C di dalam lobak putih juga dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam lobak putih, bisa memperbaiki metabolisme di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin B dan vitamin E hingga potasium di dalamnya juga bisa berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi lobak putih secara teratur bisa mencegah dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lobak putih selanjutnya yang juga perlu kamu ketahui adalah bisa menurunkan berat badan. Jika kamu memiliki berat badan yang tidak ideal, kamu bisa mengkonsumsi lobak putih untuk menurunkan berat badanmu.

Kandungan serat dan air yang tinggi pada lobak putih dipercaya bisa menambah massa tinja dan membantu proses pembuangan lebih lancar lagi. Selain itu kandungan seratnya juga akan membuat efek kenyang lebih lama dirasakan oleh tubuh.

3 dari 4 halaman

Melindungi Organ Hati dan Jantung

5. Melindungi Organ Hati

Kandungan dalam lobak putih dapat membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh. Racun-racun yang berbahaya bagi organ hati juga bisa dibuang jika mengkonsumsi lobak putih, sehingga hatimu akan terbebas dari racun-racun yang mengganggu.

Lobak putih akan membantu metabolisme tubuh dan juga membantu pencernaan lebih lancar lagi. Sehingga tubuh akan melakukan detoksifikasi dengan mengkonsumsi lobak putih.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lobak putih selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Serat makanan pada lobak putih bisa menyerap kolesterol untuk dibuang. Dibuangnya kolesterol akan berdampak pada penurunan kadar lipid darah.

Kadar lipid darah yang berkurang adalah kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida. Jika kadar kolesterol LDL dan kadar trigliserida menurun maka hal ini bisa menjaga jantung tetap sehat.

7. Mencegah Radang Tulang Rawan

Jika kamu mengalami osteoporosis, lobak putih bisa mengatasinya. Manfaat lobak putih bisa mengatasi osteoporosis karena kandungan antioksidan di dalamnya dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan.

Selain itu manfaat lobak putih yang mengandung vitamin C juga bisa merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh tulang rawan.

 

4 dari 4 halaman

Untuk Kesehatan Kulit

8. Mengatasi Jerawat dan Kulit Kering

Manfaat lobak putih selanjutnya karena kandungan vitamin C, vitamin B compleks, fosfor, dan zinc, adalah untuk mengatasi jerawat dan juga kulit kering. Selain itu kandungan air yang banyak pada lobak putih juga akan membantu melembabkan kulit. Kamu bisa menggunakan lobak putih untuk masker wajah, atau mengkonsumsinya dengan cara di masak atau di jus.

9. Melawan Infeksi Jamur

Kandungan lobak putih yang juga memiliki zat anti jamur bisa melawan infeksi jamur yang terjadi ditubuh. Lobak putih dipercaya dapat mengatasi infeksi jamur dari jenis jamir candida albicans, atau salah satu jenis jamur yang sering terinfeksi pada manusia.

10. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat lobak putih selanjutnya adalah untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan potasium yang cukup tinggi pada lobak putih ternyata bisa mengontrol tekanan darah. Potasium pada lobak putih bisa mempertahankan natrium dan kalium di dalam tubuh. Selain itu, lobak putih juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan mengatasi hipertensi.

Itulah beberapa manfaat lobak putih jika dikonsumsi secara teratur dan benar yang baik untuk tubuh. Namun perlu digaris bawahi, lobak putih juga bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan jika terlalu banyak di konsumsi. Orang yang memiliki batu empedu tidak disarankan untuk mengkonsumsi sayuran ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini