Sukses

11 Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil, Mudah Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Makanan penyubur kandungan dibutuhkan bagi para calon ibu yang memiliki keinginan untuk hamil. Mengonsumsi sejumlah makanan tertentu dipercaya bisa memberi kemudahan untuk cepat hamil. Dalam artian, agar calon ibu segera dikaruniai buah hati.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa wanita sulit hamil. Tentunya hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Salah satu faktor yang menyebabkan ketidaksuburan pada wanita adalah makanan yang dikonsumsinya. Nah, dengan mengonsumsi makanan penyubur kandungan ini diharapkan dapat meningkatkan kesuburan. Ya, kamu bisa mengganti menu makanan menjadi lebih sehat.

Memang, beberapa ahli masih memperdebatkan kaitannya antara makanan dengan kehamilan. Karena pada kenyataannya, ada wanita yang bisa hamil walau tidak rutin mengonsumsi makanan penyubur kandungan. Namun sebagian ahli menganggap, pada sebagian wanita yang sulit hamil, ada kemungkinan asupan gizi yang lebih baik yang dapat membantu menyuburkan kandungan.

Kalau kamu memang termasuk ke dalam wanita yang sulit hamil, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti asupan dengan mengonsumsi makanan penyubur kandungan. Ini merupakan cara alami dan aman yang bisa kamu lakukan dibanding harus mengonsumsi obat-obatan penyubur kandungan.

Makanan tidak hanya memberikan nutrisi dan energi, melainkan juga dapat mengatur keseimbangan hormone di dalam tubuh. Oleh karena itu, buat kamu yang ingin memiliki anak segera setelah menikah, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa makanan penyubur kandungan. Nah, berikut ini Liputan6.com, Kamis (18/4/2019) rangkum dari berbagai sumber, beberapa daftar makanan penyubur kandungan.

2 dari 5 halaman

Aneka Sayuran Hijau

Aneka Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu makanan penyubur kandungan yang sangat disarankan oleh para ahli gizi. Pasalnya, pada sayuran hijau ini memiliki banyak kandungan asam folat dan zat besi.

Nah, zat-zat ini tentunya sangat baik untuk membantu menyuburkan kandunganmu, karena dapat membantu perkembangan lapisan endometrium atau lapisan permukaan rahim tempat menempelnya embrio calon janin. Selain itu, juga membantu melekatkan zigot ke rahim.

Brokoli

Salah satu sayuran hijau ini bisa kamu jadikan pilihan untuk dikonsumsi, yaitu brokoli. Brokoli dianggap sebagai makanan yang sangat luar biasa dan sangat dipercaya untuk membantu agar cepat hamil.

Soalnya, terdapat kandungan asam folat, zat besi, dan nutrisi penting lainnya yang bisa bantu mempercepat kehamilan. Selain itu, terdapat kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh ovarium untuk pematangan sel telur dan proses ovulasi.

3 dari 5 halaman

Aneka Buah-buahan

Jeruk

Jeruk merupakan buah terpenting yang harus dikonsumsi agar kamu bisa cepat hamil. Hal ini dikarenakan buah jeruk memiliki banyak kandungan vitamin C yang berfungsi dalam pelepasan telur dari ovarium.

Pisang

Selain jeruk, makanan penyubur kandungan yang mudah ditemui adalah pisang. Pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang sangat penting untuk membantu siklus menstruasi menjadi lebih teratur dan meningkatkan kesuburan.

Kalau kamu sudah memiliki siklus menstruasi yang teratur, maka kamu memiliki risiko yang rendah untuk mengalami ketidaksuburan dan komlikasi kehamilan.

Alpukat

Pada buah alpukat memiliki kandungan vitamin K, folat, dan tinggi akan kalium. Pada folat diperlukan untuk perkembangan otak dan tulang belakang janin. Sementara vitamin K dan kalium bisa membantu tubuh untuk menyerap nutrisi lain secara efektif, menjaga kesimbangan hormon, dan mengatur tekanan darah.

4 dari 5 halaman

Aneka Daging dan Ikan

Ikan Salmon

Zat yang baik untuk mengoptimalkan kinerja reproduksi kamu yaitu asam lemak omega-3. Nah, zat ini bisa kamu temukan pada ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan ikan lele. Pada ikan salmon wajib kamu konsumsi, karena makanan ini kaya akan asam lemak omega 3 dan nutrisi penting lainnya yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

Kerang-kerangan

Makanan laut ini juga dipercaya mampu menyuburkan kandungan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B12 di dalamnya yang mampu menjaga kadar hormone estrogen agar tetap normal dan pelekatan sel telur yang telah dibuahi.

Daging

Kamu bisa juga mencoba mengonsumsi daging sapi dan ayam yang rendah lemak. Selain rendah lemak, daging ini juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kandungan, yaitu zat besi. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari tiga porsi setiap hari. Soalnya, jika berlebihan mengonsumsi protein hewani malah dapat menurunkan kesuburan.

5 dari 5 halaman

Makanan Penyubur Kandungan Lainnya

Cabai

Ternyata, cabai juga bermanfaat baik bagi kesuburan kandungan. Banyak mengonsumsi cabai dapat meningkatkan aliran darah, sehingga pasokan darah yang sehat ke sistem reproduksi tetap terpenuhi. Selain itu, cabai juga meningkatkan produksi endorphin atau hormone penghilang stress, sehingga mampu meringankan tubuh dan meningkatkan kesuburan.

Kunyit

Kamu bisa menambahkan kunyit ini pada menu masakan kamu sebagai makanan penyubur kandungan. Tak hanya sebagai penyedap rasa, kunyit juga dapat menyehatkan kandungan. Soalnya, kandungan antioksidan yang sangat banyak pada kunyit sangat baik untuk meningkatkan kesuburan.

Bawang Putih

Tak hanya kunyit, bawang putih juga sangat ampuh untuk kesuburan. Hal ini dikarenakan bawang banyak mengandung selenium, yaitu mineral yang sangat membantu melindungi dari keguguran dini, sehingga dapat meningkatkan kesempatan bagi kamu untuk hamil.