Sukses

4 Bahan Alami Pengganti Gula Pasir yang Baik untuk Kesehatan

Kamu bisa menghindari penggunaan gula pasir sehari-hari dengan beberapa bahan alami pengganti yang baik untuk kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami pengganti gula pasir sebenarnya sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari kamu. Tetapi pemakaian gula pasir sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. 

Gula pasir seakan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang. Ketika minum teh, minum kopi maupun untuk makanan-makanan manis lainnya, gula pasir selalu menjadi pilihan utama.

Padahal semua orang tahu bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan manis terutama dengan bahan gula pasir tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berbagai penyakit seperti diabetes ataupun obesitas dapat terjadi pada kamu yang terlalu sering mengonsumsi gula pasir.

Oleh sebab itu, kamu bisa menghindari penggunaan gula pasir sehari-hari kamu dengan beberapa bahan alami pengganti yang baik untuk kesehatan, seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Madu

Bahan alami pengganti gula pasir yang pertama adalah madu. Tentunya sudah banyak juga yang mengetahui kalau madu memang menjadi bahan pengganti alami gula pasir yang lebih sehat.

Madu yang dihasilkan dari sari bunga yang dikumpulkan lebah ini bahkan dapat meredakan batuk dan alergi pada tubuh kamu. Selain itu, madu mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, karena itulah madu cocok sekali menjadi pengganti gula pasir.

Kandungan antioksidan dari madu juga dapat mengurangi risiko kanker serta penyakit jantung. Walaupun sebenarnya jumlah kalori yang dikandung oleh madu lebih besar dari pada gula pasir, madu tidak meningkatkan gula darah dengan cepat.

Selain itu, madu juga memiliki manfaat lainnya yaitu dapat meredakan sakit tenggorokan dan baik untuk daya tahan tubuh.

3 dari 5 halaman

2. Stevia

Berbeda seratus delapan puluh derajat dari madu, bahan alami pengganti gula pasir satu ini jarang didengar dan diketahui orang. Stevia merupakan sebuah jenis tanaman yang menjadi pemanis orang orang Amerika Selatan dan Asia Timur. Namun, Stevia juga tumbuh di negara negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Stevia layak menjadi pengganti alami gula pasir karena memiliki level manis yang mencapai 200 hingga 300 kali lebih besar dari gula pasir. Bahkan dengan rasa manis yang sangat besar tersebut, stevia rendah kalori dan bahkan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun obesitas.

Biasanya daun stevia dikeringkan selama kira kira 12 jam lalu dijadikan serbuk. Hal ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan microwave, hanya dengan 2 menit kamu sudha bisa membuatnya menjadi serbuk pemanis.

Selain itu, bila kamu ingin membuat pemanis dalam bentuk cair, kamu bisa merendam daun stevia dalam air selama 24 jam, setelah itu simpan di dalam kulkas.

Buat kamu yang sedang dalam program diet, stevia sangat cocok menjadi pengganti alami gula pasir untuk tubuhmu, karena sifatnya yang bebas kalori.

4 dari 5 halaman

3. Kurma

Bahan alami pengganti gula pasir selanjutnya adalah kurma. Tidak kalah terkenal dengan madu, kurma juga sudah menjadi pengganti gula pasir yang umum di masyarakat. Hal ini karena memang buah kurma yang rasanya manis.

Sekarang ini, telah muncul gula kurma yang diambil dari ekstrak kurma kering. Kurma ini memiliki banyak serat dan antioksidan yang baik bagi tubuh kamu. Bahkan kurma juga mengandung beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Walaupun begitu kurma mengandung sejumlah kalor yang berasal dari karbohidrat. Walaupun begitu kurma tetap memiliki rasa yang tak kalah manis dibandingkan dengan gula pasir dan lebih menyehatkan.

5 dari 5 halaman

4. Gula Merah atau Gula Kelapa

Gula kelapa diyakini sebagai salah satu bahan alami pengganti gula pasir dengan berbagai manfaat terhadap kesehatan tubuh kamu. Gula kelapa atau gula merah ini juga banyak ditemui di Indonesia, jadi tidak perlu bingung lagi untuk mencarinya.

Dengan kandungan vitamin C dan kalium serta zat-zat baik lainnya, gula kelapa bermanfaat dalam berbagai jenis penyakit, seperti meredakan sakit perut, mencegah anemia, serta menambah energy pada tubuh. Selain itu, dibandingkan dengan gula pasir, gula kelapa atau gula merah ini juga menjadi alternatif yang sangat bagus untuk penderita diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.