Sukses

7 Bukti Kucing Tergolong Benda 'Cair' Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

7 bukti kucing adalah benda cair.

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya, makhluk hidup seperti manusia dan hewan tergolong benda padat yang dalam keadaan apapun akan memiliki bentuk dan ukuran tetap. Namun seorang pakar fisika asal Prancis bernama Marc-Antoine Fardin berhasil membuktikan bahwa kucing bukanlah benda padat. 

Penemuan Marc diawali dari banyaknya meme di internet yang memperlihatkan kelakuan kucing yang aneh-aneh.

Bermula dari meme kucing, Marc tergugah untuk mengikuti suatu kompetisi penelitian Ig Nobel Prize yang merupakan versi parodi dari kompetisi sains bergengsi Nobel Prize. Kompetisi yang diikuti Marc lebih menyoroti humor dalam perspektif kajian sains, seperti dikutip Liputan6.com dari Science Magazine, Kamis (18/4/2019).

Berbekal judul "Apakah kucing tergolong benda padat atau cair?", tak disangka rasa penasarannya itu berbuah positif karena dirinya berhasil memenangkan Ig Nobel Prize tahun 2017 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kucing bisa jadi benda padat dan benda cair

Marc-Antoine Fardin menemukan bahwa hewan berbulu ini dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bentuk. Dirinya menggunakan ilmu Reologi, yaitu cabang ilmu Fisika yang berhubungan dengan deformasi suatu benda.

Cabang ilmu tersebut mampu mengukur waktu relaksasi kucing atau durasi yang dibutuhkan kucing untuk mampu menempati ruang benda, seperti baskom atau toples. Sesuai penemuannya, rupanya kucing berasal dari dua golongan yaitu benda padat sekaligus benda cair.

Lantas, seperti apa sih potret kucing yang disebut-sebut sebagai benda cair ini? Tak usah berlama-lama, yuk simak deretan bukti kucing tergolong benda cair yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/4/2019).

3 dari 9 halaman

1. Kucing bisa bikin mampet wastafel di kamar mandi

4 dari 9 halaman

2. Kotak persegi panjang bisa jadi tempat nyaman buat si kucing

5 dari 9 halaman

3. Mangkok kaca pun nggak jadi masalah buat kucing

6 dari 9 halaman

4. Kucing tidak pernah mengenal yang namanya pegal linu

7 dari 9 halaman

5. Dalam posisi berdiri pun enak-enak saja buat hewan berbulu yang satu ini

8 dari 9 halaman

6. Bahkan jika disuruh berdesakan pun tetap oke

9 dari 9 halaman

7. Sela-sela antara lemari dan tembok mungkin jadi wahana terbaik buat kucing

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini