Sukses

8 Makanan Bayi 6 Bulan yang Baik Bagi Kesehatan dan Mudah Dibuat

Pada usia 6 bulan bayi memerlukan nutrisi tambahan untuk mencukupi kebutuhannya.

Liputan6.com, Jakarta Makanan bayi 6 bulan biasanya banyak yang berupa bubur. Tentunya hal ini disebabkan oleh gigi bayi yang belum tumbuh dan sistem pencernaan yang masih belum begitu sempurna.

Seperti yang kamu ketahui, sebenarnya sumber utama nutrisi yang terbaik bagi bayi pada 2 tahun pertama kehidupannya tentu saja Air Susu Ibu atau ASI. Tetapi pada usia 6 bulan inilah biasanya sistem pencernaan si bayi hampir tumbuh sempurna.

Pada usia 6 bulan ini pula lah si bayi memerlukan nutrisi tambahan untuk mencukupi kebutuhannya. Makanan bayi 6 bulan ini juga bermanfaat untuk mengenalkan makanan lain pada si bayi selain ASI.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/4/2019) ragam makanan bayi 6 bulan yang bisa anda buat sendiri di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan makanan bayi 6 bulan

1. Pisang

Makanan bayi 6 bulan yang pertama adalah bubur pisang. Tentu saja bubur pisang sudah merupakan hal yang biasa diberikan kepada bayi. Selain karena rasa pisang yang memang disukai banyak orang, pisang juga memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, cocok untuk menjadi makanan pendamping ASI.

Dengan mengandung serat, vitamin A, asam folat, kalium, dan fosfor, membuat pisang menjadi makanan bayi 6 bulan yang aman bagi perut si bayi. Bahkan bila kamu merasa merepotkan untuk membuat pisang menjadi bubur terlebih dahulu, kamu bisa langsung memberikan pisang tersebut kepada si bayi hanya dengan melumatnya sedikit.

Syaratnya, kamu harus memilih pisang yang benar-benar sudah matang sempurna, sehingga si bayi tidak kewalahan dalam mencernanya. Ditambahkan dengan sedikit ASI juga bisa memudahkan si bayi mengonsumsi pisang ini.

2. Bubur Alpukat

Tak jauh berbeda dengan buah pisang, tekstur alpukat yang lunak juga cocok menjadi makanan bayi 6 bulan. Buah berwarna hijau yang sering dibuat menjadi jus ini mengandung banyak sekali vitamin A, Vitamin C, magnesium, hingga lemak baik yang dibutuhkan untuk kesehatan bayi.

Kandungan kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta kemampuan motoric bayi, sehingga sangat tepat dijadikan makanan bayi 6 bulan. Tentunya buah alpukat ini nantinya harus dibuat menjadi bubur terlebih dahulu untuk kemudahan si bayi dalam mencernanya.

3 dari 5 halaman

Pepaya dan Wortel

3. Pepaya

Buah pepaya juga memiliki tekstur yang hampir mirip dengan buah pisang yang lunak. Dengan berbagai kandungan yang ada di dalam buah pepaya ini, kamu bisa menjadikannya sebagai makanan bayi 6 bulan yang menyehatkan.

Dengan kandungan enzim papain, pepaya dapat melancarkan proses pencernaan si bayi. Selain itu pepaya juga dapat membantu proses perkembangan otak dengan kandungan zat besi dan asam folat yang dimilikinya. Serta pepaya juga memiliki kandungan kalsium dan zink yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang si bayi.

4. Bubur Wortel

Sayur-sayuran tentunya sangat baik bagi kesehatan manusia. Begitu pula untuk kesehatan bayi. Salah satu sayur sayuran yang sangat dianjurkan untuk makanan bayi 6 bulan adalah wortel.

Tentunya dengan dijadikan bubur terlebih dahulu, wortel akan sangat baik untuk kesehatan bayi dengan kandungan seperti vitamin A dan juga mineral yang tinggi. Sebelum dijadikan bubur, jangan lupa untuk merebus wortel terlebih dahulu. Makanan bayi 6 bulan satu ini sangat cocok menjadi makanan pendamping ASI karena dapat mengenalkan anak kepada makanan baru.

4 dari 5 halaman

Ubi Jalar dan Kentang

5. Ubi Jalar

Menjadikan ubi jalar menjadi bubur susu dengan mengukusnya, lalu melumatkannya bersama ASI bisa menjadi makanan bayi 6 bulan yang sangat menyehatkan. Ubi jalar sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan.

Dengan kandungan Vitamin A, vitamin E, dan vitamin C, serta zat besi dan kalsium membuat ubi jalar sangat baik untuk kesehatan si bayi. Bahkan ubi jalar berkhasiat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si bayi dan mencegah sembelit, membuat makanan bayi 6 bulan satu ini sangat tepat dijadikan pendamping ASI.

6. Kentang

Makanan bayi 6 bulan satu ini bisa kamu berikan pada bayi untuk memperkenalkan rasa gurih. Kamu cukup merebus kentang tersebut sampai lunak dan menambahkan susu, kemudian kamu sudah bisa memberikannya kepada si bayi untuk dikonsumsi.

5 dari 5 halaman

Serealia dan Labu Kuning

7. Serealia

Bayi tentunya memerlukan karbohidrat yang berguna sebagai sumber energi untuk mendukung pertumbuhannya dan perkembangannya. Beras putih, beras merah, atau gandum bisa menjadi salah satu makanan bayi 6 bulan yang baik bagi kesehatannya.

Catatannya adalah, hindarilah memberikan gandum instan dan gunakan gandum utuh. Kamu bisa menyajikan makanan makanan sereal ini dalam bentuk bubur agar si bayi lebih mudah mencerna makanan tersebut.

8. Labu Kuning

Labu kuning merupakan sebuah sayuran yang tinggi serat yang memiliki banyak sekali kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Teksturnya yang lunak dan lembut, serta rasanya yang manis sangat cocok menjadi makanan bayi 6 bulan yang baru mengawali tahapan untuk makan.

Dengan kandungan vitamin A, vitamin K, vitamin C, beta karoten, vitamin B3 serta Niacin membuat labu kuning ini menjadi salah satu makanan bayi 6 bulan yang sangat baik dikonsumsi bayi. Selain itu, labu kuning juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, kalium, zat besi fosfor, hingga magnesium. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.