Sukses

5 Potret Petugas Kelelahan Jaga Kotak Suara Pemilu Ini Bikin Haru

Perjuangan menjaga kotak suara bapak-bapak ini bikin salut.

Liputan6.com, Jakarta Pesta demokrasi lima tahunan Indonesia telah usai pada Rabu (17/4/2019) lalu. Seperti diketahui pada pesta demokrasi itu dilakukan pemilihan serentak. Pemilihan serentah ialah pemilihan umum yang dilakukan dalam satu hari memiliki calon legislatif dan calon presiden. 

Dibuatnya satu hari masa peilihan umumnya, membuat para petugas pemilu menjadi sangat sibuk. Capek sudah pasti dirasakan. Baik saat belum mulai pemilu sampai selesainya pemilu. Pekerjaan seolah-olah tidak ada habisnya.

Dan salah satu tugas yang sangat capek ialah menjaga kotak suara hasil pemilihan. Lelah pasti dialami yang menjaga kotak suara. Hal itu dikarenakan harus standby 24 jam menjaga kotak suara harus tetap aman sebelum adanya verifikasi.

Perjuangan menjaga otak suara ini telah terangkum dalam Liputan6.com, Jumat (19/4/2019) tentang 5 potret totalitas penjaga kotak suara sebagai berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tidur berbantal paha teman

Kelelahan terlihat jelas pada gambar di atas. Gambar di atas memperlihatkan 2 aparat sedang menjaga kotak suara. Terlihat begitu mengharukan ketika keduanya terlelap saat menunaikan tugasnya.

Apalagi keduanya tidak tidur disertai alas yang layak, sehingga salah satu opsi ialah tidur dipaha teman, dengan teman satunya tidur dengan posisi duduk.

3 dari 7 halaman

2. Tidur tanpa alas

Potret totalitas selanjutnya sangat terlihat di gambar di atas. Bagaimana tidak totalitas, demi menjaga kotak suara aman sampai verifikasi, petugas penjaga rela tidur di tempat kotak suara dengan tidak menggunakan alas. Sungguh potret perjuangan yang amat perlu diapresiasi

4 dari 7 halaman

3. Tidur di kursi

Sudah sewajarnya dengan pemilu serentak menggabungkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden akan membuat petugas merasa kelelahan. Hal ini juga terlihat dari potret bapak yang tertidur di atas.

Bapak tersebut tidur di kursi karena tidak bisa menahan kantuk yang sangat amat menderanya. Lucunya bapak ini memakai kantong kresek di kepalanya.

5 dari 7 halaman

4. Tidur hanya dengan alas seadanya

Waktu tidur yang bergantian menjadi syarat mutlak dalam menjaga kotak suara. Seperti terlihat oleh foto di atas dimana ada yang berjaga dan ada yang tertidur. Prihatinnya tidur mereka hanya beralaskan kardus saja. Tidak terbayang sedingin apa tidur disana, ditambah tidur bergantian yag tentunya tidak akan tercapai tidur yang berkualitas.

6 dari 7 halaman

5. Berjoget untuk hilangkan bosan

Seperti diketahui menjaga kotak suara agar tetap aman adalah sesuatu yang membosankan. Namun apa jadinya bila cara untuk menghilangkan rasa bosan itu dengan menjoget? Hal itu coba dilakukan oleh aparat polisi yang menjaga kotak suara. Jogetan polisi ini sungguh lucu dan mengibur. Mungkin dengan cara demikian, polisi tersebut akan terhindar dari rasa bosan karena menjaga kotak suara.

7 dari 7 halaman

Respon Netizen

Totalitas petugas jaga suara dalam menjalankan tugasnya patut diapresiasi. Tak sedikit netizen yang memberikan apresiasi terhadap kerja keras para petugas. Adapun respon netizen melihat potret-potret di atas sebagai berikut.

"Ya ALLAH,,sehat selalu ya bpk” terima kasih atas kerja keras nya" tulis akun @alharbi5rania

"Lindungi dan jaga mereka ya Allah.. lindungi dan jaga jg bangsa Indonesia ya Allah dri orang2 atau oknum2 yg ingin memecah belah bangsa.. Aminnn" tulis akun @getihlaskar

"kok w seneng liat si bapak joged yeee kek bagus ae gituu kerennn" tulis akun @rahmatika_fsyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.