Sukses

30 Kata-kata Hikmah Sejukkan Hati, Bisa Bikin Kamu Makin Bersyukur

Mengambil hikmah dapat membuat seseorang selalu merasa bersyukur dengan apa yang dimilikinya

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan tiap orang selalu diliputi suka dan duka. Terkadang seseorang berada di titik bahagianya, namun, kadang pula seseorang berada di titik terendah kehidupannya. Dari tiap perjalanan hidup manusia selalu ada hikmah yang dapat dipetik. 

Hikmah kehidupan tak hanya didapat dari kesulitan yang dihadapi. Saat mendapatkan kehabagiaan pun seseorang dapat memetik hikmah yang ada. Mengambil hikmah dalam tiap jalan kehidupan dapat membuat seseorang selalu merasa bersyukur dengan apa yang dimilikinya.

Kata-kata hikmah sering terlontar agar manusia senantiasa sabar dan bersyukur. Kata-kata hikmah membuat orang mampu terus menjalani kehidupannya dengan mencari hikmah di setiap langkahnya. Jika Anda sedang dalam kesulitan atau kurang merasa besyukur, mungkin kata-kata hikmah cocok untuk memotivasi Anda.

Kata-kata hikmah bisa menyejukkan hati dan pikiran. Dengan begitu, Anda bisa merasakan hidup penuh rasa syukur dan ketenangan. Berikut kata-kata hikmah penyejuk jiwa yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis(18/4/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dalam tiap perjuangan selalu ada hikmah di akhir

“Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namu kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup”

"Ketika dalam sebuah perjuangan terdapat tantangan yang besar, berarti keberhasilan yang menanti juga lebh besar"

"Saat Anda melakukan sesuatu dan gagal, Anda mendapatkan hikmah. Jika tidak melakukan apa apa artinya Anda kalah oleh rasa takut."

"Banyak orang yang tidak bertindak karena takut gagal, padahal tidak bertindak adalah kegagalan yang jelas sudah terjadi."

"Kehidupan adalah serangkaian pelajaran yang harus dialami untuk dimengerti."

"Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara, namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya."

"Perjuangan itu bukan proses penderitaan menuju tujuan, tapi proses memantaskan diri untuk meraih tujuan."

3 dari 6 halaman

Ambil hikmah di tiap kesulitan yang ada

"Masalah adalah sebuah anugerah Dimana kita bisa mendapatkan hikmah dan memberikan inspirasi untuk bertindak."

"Perjuangan adalah sesuatu yang dibutuhkan dalam hidup, jika tuhan membiarkan hidup tanpa hambatan dan perjuangan, itu mungkin akan melumpuhkan kita, karena kita akan senantiasa sombong dengan segala kemudahan, hingga akhirnya jatuh dan kalah."

"“Musibah yang membuatmu kembali kepada Allah lebih baik dari nikmat yang membuatmu lupa kepada Allah”

“Sesulit apapun masalah yang kita hadapi saat ini, ia bukan sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus diselesaikan.”

4 dari 6 halaman

Kata-kata hikmah bijak

“Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keiklasan jika masih merasakan sakit”

“Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup. Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan Allah sebagai tujuan hidup”.

“Jika hati telah diberikan sepenuh pasrah, maka yang tersisa hanya takdir di ujung kisah.”

"Tetaplah berwibawa. Tak angkuh dan tak jumawa. Meski terkadang diri harus kecewa, sebab ia tengah dididik untuk jadi istimewa.”

"Hal-hal yang baik datang untuk mereka yang menunggu. Tapi hal yang lebih baik lagi datang kepada mereka yang bergerak untuk mendapatkannya."

5 dari 6 halaman

Hikmah dari kesabaran

"Kunci kedamaian hidup sebenarnya sederhana ialah dengan menjalaninya, menikmatinya dan mensyukuri setiap perihal yang ada"

“Percayalah pada dirimu sendiri lebih dari siapapun. Jangan biarkan mereka yang membencimu menjadi hambatan untuk kamu terus tumbuh.”

"Cobaan adalah cara Tuhan membuat diri kita menjadi pribadi yg lebih sabar dan kuat."

"Masalah, adalah ujian pendewasaan. Tidak ada alasan menyalahkan orang lain, benahi diri sendiri dan jadilah pribadi yang dewasa."

"Masalah tidak akan menjadi rumit jika kamu bisa menyikapinya dengan sabar dan dengan kelapangan hati."

“Kesabaran adalah akhlak mulia yang dengannya setiap orang dapat menghalau segala rintangan”

6 dari 6 halaman

Kata-kata Hikmah dari para tokoh

"Hikmah Tuhan menciptakan dunia supaya segala sesuatu yang ada dalam pengetahuan-Nya menjadi tersingkap." - Jalaluddin Rumi

"Salah satu dosa terburuk adalah seseorang yang menganggap remeh dosanya." – Abu Bakar Al-Shiddiq

"Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini."-Ali bin Abi Thalib

"Renungkanlah diri anda, masa lalu, masa kini, dan masa depan anda. Karena pengetahuan yang paling berharga adalah pengetahuan tentang dirinya. Siapa yang berhasil mengenal sifat dirinya, maka dia berpotensi mengenal sifat Tuhannya." - M. Quraish Shihab

"Hiduplah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan menerima balasannya nanti." - Imam Ghazali

"Pemikiran hanya akan menjadi besar dan dapat hidup di antara kita, jika diperjuangkan dengan sebuah pengorbanan yang penuh totalitas." - Abu Rusyidan

"Setiap perjuangan pasti ada tantangan. Jika tidak berani menghadapi tantangan, jangan berjuang. Namun hidup sendiri pun adalah perjuangan." - Abdurrahman Navis

"Tuhan memberiku sindrom Parkinson ini untuk menunjukan kalau Aku bukanlah “Yang Terhebat”. Melainkan hanya Dia (Tuhan)."Muhammad Ali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.