Sukses

8 Jenis Kue Terenak di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Setiap negara memiliki berbagai macam kue dengan kelezatan dan bentuk yang berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta Kuliner Indonesia tak henti-hentinya merambah dunia internasional. Setelah rendang yang diakui sebagai salah satu makanan terenak di dunia, sekarang jenis kue lapis legit juga telah diakui kelezatannya.

Kue tentunya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Makanan yang biasanya memiliki cita rasa manis ini memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai macam variasi.

 

 

Baca juga:

 

Tentu saja di setiap negara memiliki berbagai macam kue dengan kelezatan dan bentuk yang berbeda-beda. Variasi tersebut menjadi ciri khas masing masing kue yang dimiliki oleh berbagai negara. Namun, diantara ragam kue yang ada, ada beberapa jenis yang diakui sebagai kue yang terenak di dunia. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/4/2019) jenis kue terenak di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tiramisu dan Black Forest

1. Tiramisu dari Italia

Kuliner Italia memang sudah terkenal kemana-mana. Selain pasta dan pizza, kamu juga pasti sudah mengetahui tiramisu. Tiramisu juga sudah sangat terkenal di Indonesia.

Tiramisu merupakan kue coklat yang mengandung kafein sebagai hidangan pencuci mulut. Di Italia sendiri, hampir semua toko kue pasti menyajikan tiramisu.

2. Black forest dari Jerman

Nama resmi dari black forest adalah Schwarzwakder kirschtorte, tetapi seluruh dunia lebih mengenal kue ini dengan sebutan Black forest. Kue yang terbuat dari potongan kue cokelat, krim yang melimpah dan dihias dengan buah ceri di atasnya ini berasal dari Jerman.

Di Jerman, black forest dibuat dengan menambahkan setengah cangkir brandy ceri. Oleh karena itu, black forest yang asli umumnya mengandung alkohol.

 

Baca juga:

 

3 dari 5 halaman

Cheesecake dan Lamington

3. Cheesecake dari Amerika Serikat

Sekarang Cheesecake memang sedang populer di Indonesia. Kelezatan dari jenis kue yang memiliki bahan utama keju ini tentunya membuat semua orang ketagihan.

Teksturnya yang lembut dan dan rasa keju yang manis membuat jenis kue ini menjadi favorit hidangan penutup dimana-mana.

4. Lamington dari Australia

Kue klasik ini dinamai seperti mantan gubernur Queensland Lord Lamington. Kue ini dulunya terdiri dari sponge cake lembut yang dilapisi selai, cokelat, dan parutan kelapa. Sekarang kue Lamington ini memiliki beragam isian seperti raspberry yang menambah kelezatannya.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 5 halaman

Pavlova dan Pandan Cake

5. Pavlova dari Selandia Baru

Kue ini terbuat dari adonan putih telur yang dikocok hingga mengembang dengan gula. Lalu disajikan dengan krim dan buah buahan segar di atasnya. Nama Pavlova diambil dari nama seorang ballerina paling terkenal di dunia yang berasal dari Rusia yaitu Anna Pavlova. Kue ini sangat terkenal di Selandia Baru dan Australia.

6. Pandan Cake dari Malaysia/Singapura

Siapa yang tidak tahu dengan kue pandan? Di Indonesia kue pandan ini sudah menjadi hal yang sangat umum dan mudah ditemukan dimana-mana. Kue yang ternyata berasal dari dua negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura ini bahkan seringkali ada di pesta pesta di Indonesia.

Dengan warna hijau yang cantik khas daun pandan, kue yang bertekstur lembut ini juga memberikan aroma pandan yang menenangkan. Cocok untuk segala usia dengan rasanya yang sederhana.

5 dari 5 halaman

Victoria Sponge dan Lapis Legit

7. Victoria Sponge dari Inggris

Kue yang dinamai seperti Ratu Victoria ini merupakan jajanan khas untuk minum teh sore di Inggris. Budaya ini merupakan kebiasaan yang dilakukan Ratu Victoria ketika minum teh di sore hari dengan kue bolu dan pada akhirnya menjadi budaya yang populer di Inggris. Biasanya keu ini disajikan bersama olesan selai raspberry dan krim. Kue ini akhirnya diberi nama Victoria Sponge.

8. Lapis Legit dari Indonesia

Jenis kue terenak satu ini merupakan kue yang berasal dari Indonesia, yaitu lapis legit. Kue hasil campuran kuning telur, mentega, gula dan tepung ini dibuat berlapis-lapis sesuai dengan namanya dan setiap lapisannya memiliki warna yang berbeda-beda.

Lapis legit merupakan perpaduan kultur Indonesia dengan budaya Belanda. Tentunya dengan rempah khas Indonesia, menjadikan jenis kue satu ini menjadi salah satu kue terenak di dunia.

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.