Sukses

Makna 4 Simbol yang Identik dengan Perayaan Paskah

Liputan6.com, Jakarta Seperti diketahui hari Paskah akan dirayakan pada hari Minggu (20/4/2019). Paskah ialah suatu peringatan dan perayaan yang dilakukan oleh umat Kristiani. Umat Kristiani dalam merayakan Paskah, sama mewahnya dengan merayakan natal.

Meskipun sama-sama dirayakan, namun perbedaan antara Paskah dan Natal terletak dari arti perayaannya. Kalau Natal lebih identik merayakan sukacita dan merupakan peringatan kesukaan Yesus. Sementara Paskah merupakan suatu peringatan yang dirayakan umat Kristiani sebagai pengampunan umat Kristen kepada Tuhan, karena telah rela meninggalkan dunia ini demi menebus dosa umatnya. Biasanya prosesi Hari Paskah terlebih dahulu dilalui dengan Sabtu Suci atau juga disebut Malam Paskah.

Kematian Yesus dirayakan oleh umat Kristiani dengan berdoa. Selain doa, ada juga banyak hal identik dengan yang namanya Paskah. Berikut ini Liputan6.com, Jumat (19/4/2019) rangkum dari berbagai sumber, 4 hal identik yang selalu dikaitkan dengan hari Paskah.

2 dari 5 halaman

1. Telur

Saat hari paskah, banyak sekali gambar telur bertebaran. Namun sebenarnya apa sih maksud dari telur, dan kenapa bisa identik dengan paskah? Telur menurut umat Kristiani merupakan simbol dari kebangkitan Yesus Kristus. Filosofinya ialah memang telur dianggap tidak hidup dan tidak bisa bergerak, walaupun seperti itu di dalam telur tetap memiliki kehidupan yang nyata hingga menetas.

Pada perayaan paskah, biasanya di gereja akan menghias telur secantik mungkin. Biasanya anak-anak yang menghias telur paling cantik akan diberi hadiah. Setelah itu telur bisa dimakan bersama-sama. Hal ini dilakukan agar lebih mengenal Yesus Kristus melalui ajaran yang dia sampaikan, salah satunya kebersamaan.

3 dari 5 halaman

2. Kelinci

Hal yang identik dengan paskah lainnya ialah hewan kelinci. Hewan kelinci dianggap cepat pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini dianggap mewakili arti kesuburan Paskah. Selain itu kelinci sebagai simblol musim semi. Kelinci dianalogikan membawakan telur bagi umat Kristiani.

Kelinci yang membawa telur didefiniskan sebagai pembawa kedamaian untuk kebangkitan Yesus Kristus. Ditambah lagi kelinci yang membagikan memiliki arti membagikan sukacita bagi seluruh pengikutnya.

4 dari 5 halaman

3. Roti

Hal identik lain yang tidak bisa dilepaskan dari Paskah ialah Roti. Roti ini bersifat untuk mengenang pengorbanan dan pembebasan. Yesus Kristus berpesan bahwa roti adalah seperti bagian tubuhnya. Sementara Yesus ialah kepalanya. Yesus bilang seperti dengan maksud agar fokus beribadah agar bisa menjadi bagian tubuhnya seperti roti.

Bila kamu fokus maka tentu kamu bisa menjadi bagian dari Yesus seperti analogi roti. Dengan demikian arti roti dalam paskah ialah untuk mengenang dan membuat umat Kristiani agar lebih fokus dalam beribadah.

5 dari 5 halaman

4. Kupu-kupu

Simbol paskah selaanjutnya ialah kupu-kupu. Pastilah ditemukan kupu-kupu pada lambang perayaan Paskah. Kupu-kupu menurut umat Kristiani memiliki arti sebuah proses. Seperti diketahui proses untuk menjadi indah dari kupu-kupu sangat panjang dengan dikenal dengan istilah metamorfosa.

Hal ini yang menjadi filosofi Paskah yaki proses meninggalnya Yesu Kristus lewat disalib. Menjadi kupu-kupu merupakan proses akhir yang menandakan kebangkitan Yesus bagi umat Kristiani.

Itulah 4 hal yang identik dengan hari Paskah yang memiliki filosofinya masing-masing. Dengan kebangkitan Yesus Kristus diharapkan umat Kristiani tetap rendah hati dan percaya bahwa cahaya Yesus akan selalu membimbingnya.

Loading