Sukses

8 Manfaat Spirulina untuk Tubuh, Tak Cuma Bisa Muluskan Kulit

Orang menganggap spirulina sebagai makanan super karena kandungan nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Spirulina adalah salah satu suplemen paling populer di dunia. Spirulina sarat dengan berbagai nutrisi dan antioksidan yang dapat bermanfaat bagi tubuh dan otak. Spirulina adalah jenis ganggang biru-hijau yang dapat dikonsumsi orang sebagai suplemen makanan. 

Orang menganggap spirulina sebagai makanan super karena kandungan nutrisi dan manfaat kesehatannya yang sangat baik. Spirulina memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi, yang membuatnya menjadi suplemen makanan yang sangat baik bagi para vegetarian atau vegan.

Penelitian menunjukkan bahwa spirulina memiliki sifat antioksidan dan memerangi peradangan, serta kemampuan untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Banyak produk kecantikan mulai dari makeup hingga masker yang menggunakan spirulina sebagai bahan utamanya.

Berikut 10 manfaat spirulina bagi kesehatan yang berhasil Liputan6.com lansir dari berbagai sumber Kamis(18/4/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Menurunkan berat badan

Orang biasanya dapat menurunkan berat badan jika mereka makan lebih sedikit kalori. Spirulina adalah suplemen makanan bergizi tinggi, rendah kalori yang mengandung banyak nutrisi. Memperkenalkan spirulina ke dalam makanan dapat membantu seseorang menurunkan berat badan tanpa kehilangan nutrisi.

Hasil uji coba terkontrol plasebo double-blind 2016 menunjukkan bahwa spirulina dapat membantu manajemen berat badan. Dalam studi tersebut, orang yang kelebihan berat badan dan secara teratur makan spirulina selama 3 bulan menunjukkan peningkatan indeks massa tubuh.

3 dari 8 halaman

Sifat Antioksidan dan Anti Radang Yang Kuat

Kerusakan oksidatif dapat merusak DNA dan sel tubuh. Kerusakan ini dapat mendorong peradangan kronis, yang berkontribusi terhadap kanker dan penyakit lainnya.

Spirulina adalah sumber antioksidan yang fantastis, yang dapat melindungi dari kerusakan oksidatif. Komponen aktif utamanya disebut phycocyanin. Zat antioksidan ini juga memberi spirulina warna biru-hijau yang unik.

Phycocyanin dapat melawan radikal bebas dan menghambat produksi molekul pemberi sinyal inflamasi, memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi yang mengesankan.

4 dari 8 halaman

Menurunkan Kadar LDL dan Trigliserida

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia. Banyak faktor risiko yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Ternyata, spirulina berdampak positif pada banyak faktor ini.

Misalnya, dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL "jahat" dan trigliserida, sambil meningkatkan kolesterol HDL "baik". Dalam sebuah penelitian pada 25 orang dengan diabetes tipe 2, 2 gram spirulina per hari secara signifikan meningkatkan tanda-tanda ini.

Studi lain pada orang dengan kolesterol tinggi menentukan bahwa 1 gram spirulina per hari menurunkan trigliserida sebesar 16,3% dan LDL "buruk" sebesar 10,1%. Beberapa penelitian lain telah menemukan efek yang menguntungkan - walaupun dengan dosis yang lebih tinggi 4,5-8 gram per hari.

Struktur lemak dalam tubuh Anda rentan terhadap kerusakan oksidatif. Reaksi ini dikenal sebagai peroksidasi lipid, pendorong utama banyak penyakit serius.

Menariknya, antioksidan dalam spirulina tampaknya sangat efektif dalam mengurangi peroksidasi lipid pada manusia dan hewan. Dalam sebuah penelitian oleh 37 orang dengan diabetes tipe 2, 8 gram spirulina per hari secara signifikan mengurangi penanda kerusakan oksidatif. Ini juga meningkatkan kadar enzim antioksidan dalam darah.

5 dari 8 halaman

Memiliki Sifat Anti-Kanker

Beberapa bukti menunjukkan bahwa spirulina memiliki sifat anti-kanker. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi kejadian kanker dan ukuran tumor.

Efek Spirulina pada kanker mulut telah dipelajari dengan sangat baik. Satu studi meneliti 87 orang dari India dengan lesi prakanker - disebut oral submucous fibrosis (OSMF) di mulut.

Di antara mereka yang mengonsumsi 1 gram spirulina per hari selama satu tahun, 45% melihat lesi mereka hilang - dibandingkan dengan hanya 7% pada kelompok kontrol. Ketika orang-orang ini berhenti minum spirulina, hampir setengah dari mereka mengembangkan lesi pada tahun berikutnya.

6 dari 8 halaman

Menurunkan Tekanan Darah dan Melawan Anemia

Tekanan darah tinggi adalah pendorong utama banyak penyakit serius, termasuk serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal kronis. Sementara dosis 4,5 gram per hari telah terbukti mengurangi tekanan darah pada individu dengan kadar normal.

Pengurangan ini diperkirakan didorong oleh peningkatan produksi oksida nitrat, molekul pensinyalan yang membantu pembuluh darah Anda rileks dan melebar.

Melawan Anemia

Ada berbagai bentuk anemia. Yang paling umum ditandai dengan pengurangan hemoglobin atau sel darah merah dalam darah Anda. Anemia cukup umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, yang menyebabkan perasaan lemas dan kelelahan yang berkepanjangan.

Dalam sebuah penelitian pada 40 orang tua dengan riwayat anemia, suplemen spirulina meningkatkan kadar hemoglobin sel darah merah dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Perlu diingat bahwa ini hanya satu studi. Diperlukan lebih banyak penelitian sebelum rekomendasi dapat dibuat.

7 dari 8 halaman

Meningkatkan Kekuatan dan Daya Tahan Otot

Kerusakan oksidatif yang diinduksi oleh olahraga merupakan kontributor utama kelelahan otot. Makanan nabati tertentu memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu atlet dan individu yang aktif secara fisik meminimalkan kerusakan ini.

Spirulina tampak bermanfaat, karena beberapa penelitian menunjukkan peningkatan kekuatan dan daya tahan otot. Dalam dua penelitian, spirulina meningkatkan daya tahan, secara signifikan meningkatkan waktu yang dibutuhkan orang untuk menjadi lelah.

8 dari 8 halaman

Membantu Kontrol Gula Darah

Dalam sebuah studi dua bulan pada 25 orang dengan diabetes tipe 2, 2 gram spirulina per hari menyebabkan penurunan kadar gula darah yang mengesankan. HbA1c, penanda kadar gula darah jangka panjang, menurun dari 9% menjadi 8%, yang merupakan substansial.

Studi memperkirakan bahwa pengurangan 1% pada penanda ini dapat menurunkan risiko kematian terkait diabetes sebesar 21%. Namun, penelitian ini kecil dan durasinya pendek dan diperlukan lebih banyak studi lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.