Sukses

Begini Reaksi Orang Buta Warna Saat Pertama Kali Melihat Warna-Warni Dunia, Bikin Haru

Buta warna merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidak dapat melihat warna tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Secara umum, buta warna merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidak dapat melihat warna tertentu. Kondisi fisik ini menyebabkan seseorang kesulitan dalam membedakan warna. Masalah yang paling umum terjadi biasanya pada warna merah dan hijau. Selain kedua warna tersebut, warna biru dan kuning juga seringkali sulit dibedakan.

Hingga saat ini, masih belum ditemukan obat untuk menyembuhkan buta warna. Namun bukan berarti orang-orang kurang beruntung ini selamanya tak bisa melihat warna-warni dunia. Pasalnya, seiring perkembangan zaman, para ilmuwan mulai menciptakan kacamata yang bisa membantu penderita buta warna melihat dunia secara normal.

Yaitu kacamata EnChroma yang bekerja mengurangi transmisi panjang gelombang cahaya. Benda ini mampu menciptakan rasio cahaya yang masuk ke mata menjadi lebih akurat. Sehingga penderita buta warna dapat melihat warna secara lebih jelas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rasa Senang Sekaligus Haru Bercampur Aduk

Kacamata keren tersebut kemudian viral berkat video yang berisikan kumpulan reaksi orang-orang buta warna saat pertama kali melihat warna-warni dunia. Dilansir Liputan6.com dari Tech Insider, Minggu (20/4/2019), tampak ekspresi haru yang mereka tunjukkan ketika akhirnya mampu melihat dunia.

Hampir semua orang menitikkan air mata bahagia karena tak menyangka betapa indahnya dunia yang sudah lama mereka dambakan. Rasa senang sekaligus haru bercampur aduk karena mereka tak lagi harus kesulitan membedakan warna. Mereka terkejut ketika melihat warna yang sebelumnya tak mereka lihat.

Melalui video tersebut, sudah sepatutnya orang-orang dengan penglihatan normal merasa bersyukur atas apa yang dimiliki. Pasalnya tak mudah untuk hidup dengan penglihatan terbatas. Bahkan untuk mendaftar sekolah atau pekerjaan pun, tes buta warna akan dibutuhkan.

3 dari 3 halaman

Diperuntukkan Penderita Dikromasi

Sayangnya, kacamata EnChroma hanya berlaku untuk penderita dikromasi yakni orang-orang yang kesulitan membedakan warna merah dan hijau. Meski tidak semua orang bisa merasakan perbedaan saat mengenakan kacamata ini, setidaknya ilmuwan pelan-pelan mampu membuka pintu gerbang ke dunia penuh warna bagi para penderita buta warna.

Di masa depan, diharapkan muncul penemuan baru yang bermanfaat bagi orang-orang yang kurang beruntung sehingga bisa merasakan indahnya dunia seperti orang-orang pada umumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini