Sukses

Ini 5 Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Jadi Kuning, Perlu Dihindari

Kamu bisa merawat gigi dengan menghindari makanan yang menjadi penyebab gigi menjadi kuning.

Liputan6.com, Jakarta Merawat gigi tentunya sekarang harus menjadi prioritas bagi semua orang. Bagaimana tidak, semua orang tentunya mendambakan gigi yang bersih, putih dan rapi. 

Kepopuleran budaya memakai kawat gigi yang sempat menjadi hal wajib bagi anak muda menjadi salah satu bukti nyata semakin pedulinya orang orang terhadap kesehatan giginya. Tidak hanya itu, sekarang banyak juga yang memeriksakan dirinya ke dokter untuk memutihkan gigi.

Sebenarnya kamu bisa merawat dan menghindarkan gigi menjadi kuning. Tentunya dengan mengikuti pola makan yang sehat dan menghindari makanan makanan yang menjadi penyebab gigi kuning.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/4/2019) tentang makanan yang membuat gigi jadi kuning

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kopi

Tentunya semua orang sudah mengetahui bahwa salah satu penyebab gigi jadi kuning adalah kopi. Kandungan kafein pada kopi yang sangat tinggi menyebabkan gigi kamu menjadi kuning. Bahkan bila meminum kopi sudah menjadi kebiasaan sehari hari, gigi kamu bisa dibuat hitam olehnya.

Selain itu, kandungan tanin dari kopi yang memiliki sifat asam akan membuat noda pada gigi kamu jika dikonsumsi secara terus menerus. Bahkan adanya tanin juga membuat makanan yang asam mudah merusak gigi.

Selain kopi, teh juga dapar membuat gigi kamu berubah menjadi kuning. Kamu bisa menambahkan susu ke dalam kopi untuk mengurangi dampak buruknya terhadap gigi. Untuk kasus teh, kamu bisa memilih jenis teh herbal atau teh dengan warna yang terang seperti the hijau.

Terlalu sering mengonsumsi kopi juga dapat menyebabkan gigi kamu keropos, karena noda kuning yang ditinggalkan kopi akan permanen di gigi. Untuk itulah gunanya susu agar kamu campurkan ke dalam kopi, karena susu bisa memberikan kalsium dan warna cerah terhadap gigi.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Kari

Makanan yang membuat gigi jadi kuning yang pertama adalah kari. Tentunya kari memang sangat disukai smeua orang karena rasanya yang lezat. Tetapi kamu harus tau kalau warna dari kuah kari ini dapat membuat gigi menjadi kuning.

Dengan olahan santan dan berbagai bumbu rempah yang mirip gulai, kari ternyata mampu membuat warna kuahnya menempel di gigi. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menambahkan sayur bayam pada racikan kari yang akan kamu buat.

4 dari 6 halaman

3. Saus Tomat

Saus tomat tentunya membuat rasa makanan kamu menjadi semakin enak. Tetapi ternyata saus tomat disisi lain juga dapat membuat gigi kamu menjadi kuning. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam yang dimiliki oleh saus tomat.

Kandungan asam ini nantinya dapat membuat gigi menjadi kuning dan merusak email gigi. Tetapi, sama dengan kari, kamu bisa mencegahnya dengan konsumsi sayur bayam yang dapat membersihkan noda pada gigi kamu.

5 dari 6 halaman

4. Es Krim Stik dan Permen

Berhubungan dengan warnanya, Es krim dapat membuat gigi kamu menjadi kuning, terutama es krim stik. Dengan terlalu sering mengonsumsi es krim stik, kamu bisa membahayakan warna gigi kamu.

Selain itu permen juga merupakan salah satu makanan yang bisa membuat gigi jadi kuning dengan kandungan pewarnanya. Bahkan, pewarna makanan ini juga bisa menyerang akar gigi yang terlihat.

Karena makanan makanan ini biasanya dikonsumsi oleh anak anak, kamu wajib untuk mengawasi konsumsi permen dan es krim stik yang digemari anak anak ini.

Selain itu, merokok, Buah buahan dengan warna yang cerah serta kecap asin juga bisa membuat gigi kamu berubah menjadi kuning. Jadi kamu harus senantiasa menjaga dan merawat kesehatan gigi kamu.

6 dari 6 halaman

5. Alkohol dan Soda

Masih seputar minuman, kali ini yang bisa membuat gigi jadi kuning adalah alkohol dan minuman bersoda. Selain memang minuman minuman tersebut juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Minuman bersoda yang berwarna gelap memiliki sifat asam dan kaya akan kromogen, membuat gigi mudah menguning. Hal itu disebabkan oleh gula dan asam yang dikandung soda bisa merusak email gigi.

Minuman bersoda ataupun kola dapat membuat gigi ngilu, apalagi ketika kamu meminumnya saat dingin, dan membuka pori pori sehingga gigi dapat menyerap kandungan warna dari minuman minuman tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini