Sukses

Bikin Miris dan Pilu, Ini 9 Potret Penampakan Bumi Dulu dan Kini

Inilah salah satu akibat pemanasan global.

Liputan6.com, Jakarta Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun tepatnya pada 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian manusia terhadap planet yang ditinggali ini. Harapannya, dengan semakin banyak orang yang peduli pada kelestarian alam, makin nyaman juga Bumi untuk ditinggali.

Hari Bumi sendiri merupakan cara untuk menghargai bumi sebagai planet tempat makhluk hidup tinggal dari berbagai tekanan masalah lingkungan. Setiap tahunnya, lebih dari 1 miliar orang merayakan Hari Bumi dengan berbagai cara. Ada yang menandatangani petisi, menulis surat kepada anggota parlemen, menanam pohon, atau dengan cara sederhana yakni membersihkan lingkungan.

Namun, banyak cara lain yang harus diperhatikan untuk menjaga bumi menjadi lebih baik lagi. Jika kamu melihat beberapa foto yang ada di situs Badan antariksa dunia, NASA, kamu bisa melihat bagaimana manusia telah mengubah dunia selama bertahun-tahun. Rentang perbedaan waktu yang diambil antara 5-100 tahun ke belakang.

Selain itu, kamu juga bisa melihat seberapa besar dampak pemanasan global bagi penampakan bumi dan perubahan yang terjadi. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber potret perubahan bumi dulu dan kini yang bikin miris, Selasa (28/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Dulu hijau dan segar, Danau Oroville yang terletak California kini mulai kering dan gersang.

3 dari 10 halaman

2. Ini adalah potret penampakan dulu dan kini Gunung Matterhorn di pegunungan Alpen, perbatasan antara Swiss dan Italia.

4 dari 10 halaman

3. Laut Aral yang terletak di antara Kazakhstan dan Uzbekistan, dulunya adalah danau terbesar keempat di dunia. Terlihat, perubahan Laut Aral yang kini mengering sangat mengejutkan.

5 dari 10 halaman

4. Gletser Toboggan di Alaska mulai mencair, ilmuwan memprediksi kalau mencairnya Gletser Tobonggan ini bisa picu tsunami.

6 dari 10 halaman

5. Danau Powell berada di perbatasan negara bagian Arizona dan Utah merupakan salah satu danau terindah yang kini mulai mengering

7 dari 10 halaman

6. Gletser McCarty, Alaska mulai mencair. Dulu indah manjakan mata kini sangat terlihat perubahannya.

8 dari 10 halaman

7. Diambil dari ketinggian, Hutan di Rondonia, Brasil ini bikin miris karena sudah tak sehijau dulu.

9 dari 10 halaman

8. Poopó adalah danau terbesar kedua di Bolivia. Danau Poopo kini mengering karena pertambangan dan pertanian.

10 dari 10 halaman

9. Tak semua cara mengubah Bumi itu negatif. NASA mengungkapkan pengurangan besar polusi nitrogen dioksida dari mobil dan pembangkit listrik antara tahun 2005 dan 2011. Sejak 2005, banyak utilitas listrik telah beralih dari pengoperasian batu bara ke gas alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini