Sukses

6 Wisata Bandung Selatan dengan Keindahan Alam, dari Kebun Teh hingga Danau

Wisata Bandung Selatan yang satu ini sering dikunjungi oleh pasangan muda untuk berkencan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bandung Selatan adalah tempat wisata salah satu daerah di Bandung yang bisa kamu kunjungi karena pesona alamnya yang indah dan juga berbagai tempat wisata menarik di sana. Bandung terbagi menjadi beberapa bagian atau wilayah diantaranya adalah Bandung Utara, Bandung Timur, Bandung Selatan, Bandung Barat, dan Bandung Tengah.

Setiap wilayah Bandung memiliki keunikan wisata yang berbeda-beda, termasuk di wilayah Bandung Selatan. Wisata Bandung Selatan di dominasi oleh wisata alam dan juga pegunungan. Beberapa wisata terkenal yang ada di Bandung Selatan antara lain adalah, Kawah Putih, Situ Patenggang, dan Bumi Perkemahan Ranca Upas.

Ketiga tempat wisata ini sudah cukup terkenal dan banyak wisatawan yang datang ke sana. Selain memberikan pemandangan alam yang menakjubkan, wisata Bandung Selatan juga bisa dijadikan tempat wisata edukasi untuk keluarga dan anak-anak.

Selain tiga tempat wisata Bandung Selatan yang terkenal di atas, masih banyak tempat wisata Bandung Selatan yang bisa kamu kunjungi. Dari wisata alam, wisata keluarga, dan lain sebagainya, masih banyak di Bandung Selatan. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa wisata Bandung Selatan yang cukup terkenal dan bisa kamu kunjungi saat berada di sana, dikutip dari berbagai sumber, Senin (22/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Situ Cileunca

Situ Cileunca adalah wisata Bandung Selatan yang harus kamu kunjungi ketika berada di sana. Danau yang berada di Pangalengan ini merupakan danau buatan. Tidak hanya pemandangan danau saja, di sekitarnya terdapat bukit-bukit dan latar belakang pegunungan yang pastinya memanjakan mata setiap wisatawan yang datang ke sana.

Situ Cileunca berlokasi di Desa Warnasari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, kamu hanya cukup membayar Rp 2.500 perorangnya. Banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati di sini seperti menaiki kapal dan lain sebagainya.

3 dari 7 halaman

2. Air Panas Ciwalini

Wisata Bandung Selatan memang identik dengan alam dan suasana yang dingin khas pegunungan. Untuk kamu yang ingin merasakan berendam air hangat di udara yang dingin khas Bandung Selatan, kamu bisa berkunjung ke Air Panas Ciwalini. Air panas ini langsung dari Gunung Patuha, dan memiliki air yang jernih dan tidak berbau belerang.

Lokasinya berada di Kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Di sini terdapat dua kolam pemandian air panas, yaitu untuk dewasa dan untuk anak-anak. Selain itu di sini juga ada tempat mandi air panas dengan kondisi yang tertutup untuk privasimu. Harga tiket masuk ke lokasi wisata Bandung Selatan ini adalah Rp 15.000 perorangnya.

4 dari 7 halaman

3. Perkebunan Teh Rancabali

Ingin menikmati hamparan kebun teh yang luas dengan bukit-bukit yang indah, kamu bisa pergi ke perkebunan teh Rancabali. Wisata Bandung Selatan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang hobi berfoto dengan pemandangan alam yang hijau dan luas. Selain itu, kamu juga bisa belajar mengolah daun teh di prabrik pembuatan teh yang ada di sana.

Lokasi perkebunan teh Rancabali terdapat di Jalan Rancabali, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

5 dari 7 halaman

4. Perkebunan Teh Gabung

Masih dengan perkebunan teh, salah satu perkebunan teh yang bisa kamu kunjungi di Bandung Selatan lainnya adalah Perkebunan Teh Gambung. Selain pemandangan perkebunan teh yang luas dan indah, fokus utama wisata di sini adalah wisata edukasi terkait perkebunan teh.

Wisata Bandung Selatan yang satu ini sangat cocok untuk keluarga dan anak-anak yang ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan teh secara langsung, simulasi jual beli, memetik daun teh, dan masih banyak lagi kegiatan edukasi yang bisa dilakukan di sini.

Lokasi Perkebunan Teh Gabung ini berada di Pasir Jambu, Gabung, Bandung Selatan, Jawa Barat.

6 dari 7 halaman

5. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey adalah wisata alam yang cukup terkenal di Bandung Selatan, bahkan di Bandung. Kawah Putih Ciwidey juga sering disebut sebagai Kawah Putih Bandung oleh wisatawan.

Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Kawah ini merupakan salah satu kawah dengan keasaman belerang tertinggi di dunia.

Lokasi dari Kawah Putih Ciwidey adalah di Jalan Raya Soreang, Ciwidey, Bandung. Untuk memasuki kawasan wisata ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 18.000 per orangnya.

7 dari 7 halaman

6. Situ Patenggang

Situ Patenggang atau Danau Patenggang adalah wisata Bandung Selatan yang juga terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Situ Patenggang juga sering disebut sebagai simbol cinta Bandung Selatan. Tempat ini akan banyak dikunjungi oleh wisatawan saat bulan Februari, karena pada bulan Februari banyak pasangan yang datang sekedar untuk berwisata ke Batu Cinta yang ada di sana.

Simak juga: Paket Wisata Bandung yang Murah Lengkap dengan Pilihan Destinasinya

Ada beberapa fasilitas di Situ Patenggang yang bisa kamu nikmati seperti tempat makan, tempat penginapan, toko oleh-oleh, dan lain sebagainya. Lokasi Situ Patenggang berada di Jalan Raya Ciwidey, Desa Patengan, Rancabali, bandung.

Itulah beberapa tempat wisata Bandung Selatan yang cukup terkenal dan banyak wisatawan yang datang ke sana untuk menikmati pemandangan yang ada di sana. Masih banyak wisata Bandung Selatan yang memberikan pemandangan dan pengalaman yang menarik yang bisa kamu kunjungi saat berada di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.