Sukses

Masih Aktif, Nenek 80 Tahun Ini Jadi DJ Tertua di Polandia

Liputan6.com, Jakarta Tak seperti kebanyakan nenek yang lebih menghabiskan waktu di rumah untuk bermain bersama cucu. Seorang nenek di Polandia bernama Wirgina Szmyt berusia 80 tahun ini justru memiliki aktivitas yang tak biasa. Nenek ini masih aktif berprofesi sebagai DJ di sebuah kelab malam di kota Warsawa.

Musik dan pesta ternyata tidak hanya identik dengan kaum muda. Wirginia Szmyt berhasil buktikan hal tersebut dengan menjadi disjoki (DJ) tertua di Polandia. Seperti yang Liputan6.com lansir dari Reuters, Senin (22/4/2019), di atas panggung Wirginia Szmyt dikenal sebagai DJ Wika. DJ Wika dengan percaya diri menggunakan setelan nyentrik.

Untuk sehari-harinya bekerja, dia kerap mengenakan baju berwarna cerah, gincu merah menyala, sepatu mengkilat, dan headphones tak lepas dari kedua telinganya. DJ Wika membawa CD, mixer, dan laptopnya untuk menghibur para pensiunan di Polandia. Meski telah berusia lanjut, DJ Wika tak segan untuk ikut berjoget dan melompat mengikuti irama musik yang dimainkannya.

2 dari 3 halaman

Tak Malu dengan Umur

 

"Aku tidak peduli apakah orang lain suka saat aku berdansa atau melompat di balik konsolku, karena aku tidak bisa memainkannya sambil berdiam diri. Saat aku memainkan konsol, aku merasakan melodi, aku merasakan ritmenya (musik)." ujar DJ Wika.

DJ Wika biasa memamerkan kemampuannya dalam memainkan musik setiap Senin di klub Hula Kula. DJ Wika biasa menghibur lebih dari 1000 orang saat tampil. Selain mengubah stereotip, DJ Wika juga memberikan semangat baru pada orang-orang tua lainnya.

Sadar bahwa musik bisa membuat pikiran dan tubuhnya awet muda, Wika telah menjadi DJ untuk para pensiunan di Polandia selama dua dekade. Mantan guru pendidikan khusus ini pun bisa memainkan hampir seluruh jenis musik, dari disko dan rock hingga samba dan ballad.

3 dari 3 halaman

Memiliki Jiwa Muda yang Berkobar

"Aku tidak masuk dalam stereotip orang-orang tua. Aku tidak melihat ada alasan kenapa usiaku harus menentukan norma hidupku." ujar DJ Wika.

Semangat DJ Wika di usianya yang telah lanjut dipengaruhi oleh pandangannya bahwa usia tidak menentukan jiwa untuk tetap merasa muda. DJ Wika juga memiliki pesan untuk para pemuda agar tidak putus asa hingga kelak berusia tua.

"Aku terbiasa bekerja dengan orang-orang muda dan aku menjaga pandangan dan harapan mudaku. Pesanku untuk para pemuda adalah hidupmu tidak berakhir saat berusia 70 tahun. Mereka bilang 'Nyonya Wika, kami sudah 40 tahun, kami sangat tua". Aku dua kali lebih tua darimu dan aku tidak tua, sama sekali tidak." tambah DJ Wika.