Sukses

5 Obat Alami dan Bebas Bahan Kimia yang Bisa Redakan Nyeri di Tubuh

Obat alami dan bebas bahan kimia ini bisa kamu temukan dirumah dan dapat meredakan nyeri di tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami sakit atau nyeri yang diakibatkan oleh beberapa hal. Sakit nyeri ini contohnya nyeri saat haid, nyeri gigi, nyeri otot, dan lain sebagainya. Seringkali nyeri yang diderita juga mengganggu aktivitas sehari-hari dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Bahkan jika nyeri di bagian tubuh itu terasa sangat sakit, kamu bisa kehilangan kesadaran karena tidak kuat untuk menahannya. Selain karena cedera, ternyata nyeri juga bisa terjadi karena kekurangan vitamin D, atau bisa juga disebabkan oleh efek samping setelah mengonsumsi obat-obatan.

Untuk mengatasi nyeri, sekarang ini kamu bisa membeli obat penghilang rasa nyeri di toko obat atau apotek dan dijual cukup bebas. Namun obat-obatan tersebut pasti tidak lepas dari bahan kimia yang jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.

Namun sebenarnya kamu bisa mengatasi nyeri yang kamu rasakan di tubuhmu dengan mengonsumsi tumbuhan herbal yang bebas dari bahan kimia berbahaya. Tumbuhan dan bahan herbal ini bisa kamu temui secara mudah dan cara mengonsumsinya juga tidak sulit.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa tanaman atau obat herbal alami yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri dirangkum dari berbagai sumber, Senin (22/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jahe

Kandungan pada jahe yaitu anti inflamasi dipercaya dapat membantu meringankan mual, radang sendi, sakit kepala, kram akibat menstruasi hingga nyeri otot. Kamu bisa menggunakan jahe untuk tambahan teh, atau dimasak dengan sayuran. Selain itu, kamu juga bisa mengompres jahe di daerah yang terasa sakit atau nyeri.

Selain itu, jahe juga mengandung gingerol yang bisa membantu meringankan rasa sakit. Jahe juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya.

3 dari 6 halaman

2. Kunyit

Tanaman herbal yang bisa meredakan nyeri selanjutnya adalah kunyit. Kandungan kurkumin yang banyak pada kunyit dipercaya dapat meredakan nyeri otot. Selain itu, wanita yang sedang mengalami rematik juga sebaiknya mengonsumsi kunyit untuk meredakan rasa sakit yang diderita.

Kunyit juga dipercaya memiliki efek anti inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri pada penyakit osteoartritis, dan nyeri dada.

4 dari 6 halaman

3. Cengkeh

Cengkeh dipercaya dapat mengatasi nyeri di kepala, inflamasi sendi, dan sakit gigi. Eugenol merupakan bahan aktif yang terkandung dalam cengkeh, yang dipercaya dapat menghilangkan nyeri secara alami. Sebagai obat, cengkeh biasanya dikemas dalam bentuk kapsul, bubuk, atau bahkan minyak cengkeh.

Minyak cengkeh juga digunakan untuk meredakan nyeri otot hingga untuk minyak urut.

5 dari 6 halaman

4. Bawang Putih

Bawang putih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti flu, demam, dan lain sebagainya. Salah satu manfaat bawang putih yang lain adalah untuk mengatasi penyakit telinga.

Caranya dengan memotong bawang putih dengan ukuran yang kecil, kemudian masukkan ke dalam telinga. Usahakan bawang putih tersebut tidak terlalu masuk ke dalam telinga agar bisa diambil dengan mudah.

6 dari 6 halaman

5. Garam

Garam ternyata juga bisa meredakan pegal dan nyeri otot yang dirasakan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merendam kaki yang pegal di dalam ember berisi air hangat yang ditambah garam. Diamkan beberapa menit hingga efeknya terasa pada tubuh. Biasanya efek relaksasi akan muncul saat melakukan kegiatan ini, sehingga rasa pegal akan hilang

Itulah beberapa tanaman dan obat herbal yang tidak mengandung bahan kimia dan bisa kamu temui di sekitarmu. Bahan alami ini bisa menjadi pilihan untuk meredakan nyeri yang kamu rasakan. Namun jika nyeri tetap muncul dan tidak kunjung sembuh, alangkah baiknya untuk segera periksakan ke dokter, agar bisa ditangani dengan benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini