Sukses

Sosok 4 Wanita Terkaya di Dunia, Karier Cemerlang di Bidang Bisnis

Sosok 4 wanita terkaya di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Hari Minggu (21/4/2019) kemarin diperingati sebagai Hari Kartini di Indonesia. Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran R.A. Kartini sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Perjuangannya menjadi tonggak sejarah kesetaraan gender di Tanah Air.

Berkat Kartini, wanita diberikan hak yang sama dengan pria. Mulai dari hak mendapatkan pendidikan hingga diizinkan untuk berkontribusi di ranah publik. Maka tak heran kini banyak wanita yang tak melulu tinggal di rumah mengurus urusan rumah tangga.

Sebaliknya, sekarang ini wanita turut aktif menyuarakan pendapatnya serta mengeksplor kemampuan agar dapat hidup sejahtera. Berbicara mengenai wanita, 4 sosok berikut ini patut diapresiasi sekaligus dijadikan inspirasi para wanita Indonesia.

Pasalnya, mereka adalah 4 wanita terkaya di dunia yang jumlah hartanya dijamin sukses membuat takjub. Namun bukan berarti mereka mendapatkannya dengan cuma-cuma. Butuh perjuangan yang besar agar bisa sampai hingga di tahap ini.

Untuk itu, berikut Liputan6.com paparkan sosok 4 wanita paling kaya di dunia versi majalah Forbes, Senin (22/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Francoise Bettencourt Meyers

Menurut majalah Forbes, wanita terkaya di dunia yang menduduki nomor pertama ialah Francoise Bettencourt Meyers. Ia adalah pewaris perusahaan produk kecantikan terkenal yaitu L'Oréal.

Jumlah kekayaannya mencapai $49,3 miliar atau setara dengan Rp 694,8 triliun. Kakeknya, Eugène Schueller merupakan pendiri L'Oréal. Selain menjadi pewaris perusahaan raksasa tersebut, Bettencourt juga berkedudukan sebagai presiden Bettencourt Schueller Foundation.

Yayasan tersebut bergerak dalam bidang sosial di mana untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan seni di Perancis. Bettencourt Schueller Foundation dikabarkan telah menyumbang dana untuk banyak proyek meliputi penelitian, dukungan untuk keluarga dan anak-anak Autis serta organsisasi paduan suara di Paris.

Tak hanya bergelut di bidang sosial, Bettencourt Meyers juga gemar menulis hingga sempat menelurkan buku yang berceritakan Dewa-dewa Yunani.

3 dari 5 halaman

2. Alice Walton

Wanita terkaya kedua di dunia setelah Bettencourt Meyers yakni Alice Walton. Dirinya merupakan putri satu-satunya dari pendiri Walmart, Sam Walton. Seperti diketahui, Walmart adalah perusahaan publik terbesar di dunia berupa toserba.

Tak seperti saudaranya yang turut mengelola Walmart, Alice Walton lebih memilih bergelut di bidang seni. Wanita berusia 69 tahun ini punya ketertarikan besar terhadap seni kurasi. Pada tahun 2011, Alice Walton membangun Crystal Bridges Museum of American Art di kampung halamannya di Bentonville, Arkansas.

Dalam museumnya, terdapat banyak karya para seniman besar seperti Andy Warhol, Normal Rockwell, dan Mark Rothko. Sementara itu, koleksi karya seninya sendiri dihargai ratusan juta dolar. Menurut Forbes, kekayaan Alice Walton mencapai $44,4 miliar atau setara dengan Rp 625,3 triliun.

4 dari 5 halaman

3. Jackqueline Mars

Dengan jumlah kekayaan sebesar $23,9 miliar atau sekitar Rp 333,6 triliun, Jackqueline Mars menempati posisi ke 3 wanita terkaya di dunia. Wanita berusia 79 tahun ini adalah pemegang sepertiga saham dari jumlah harta Mars, yaitu perusahaan pembuat permen terbesar di dunia.

Mars didirikan oleh kakeknya, Frank pada tahun 1911 silam. Jackqueline sendiri adalah seorang filantropi yang bekerja di National Archives Museum. Jackqueline punya andil besar dalam kemajuan Mars mengingat dirinya telah bekerja selama hampir 20 tahun lamanya.

5 dari 5 halaman

4. Yang Huiyan

Jika 3 wanita terkaya di dunia berasal dari benua Eropa dan Amerika, posisi 4 akhirnya diduduki oleh wanita Asia. Ialah Yang Huiyan yang memiliki jumlah kekayaan sebesar $22,1 miliar atau Rp 311 triliun.

Yang Huiyan memegang 57 persen saham di perusahaan pengembang real estate Country Garden Holdings. Perusahaan tersebut adalah milik ayahnya, Yeung Kwok Keung.

Wanita berusia 37 tahun ini adalah lulusan dari Ohio State University. Saat Yang Huiyan masih duduk di bangku kuliah, dirinya dituntut ayahnya untuk bekerja paruh waktu melengkapi uang kuliahnya.

Hal ini dikarenakan ayahnya dahulu harus merintis perusahan susah payah hingga bisa sesukses sekarang ini. Tak hanya itu, memiliki banyak harta tak membuat Yang Huiyan sombong. Sebaliknya, ia justru tidak ingin wajahnya tersebar luas di publik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini