Sukses

7 Foto Ini Buktikan Bumi Sudah Rusak, Penampakannya Bikin Miris

Liputan6.com, Jakarta Hari Bumi atau Earth Day diperingati setiap 22 April di seluruh penjuru dunia. Planet yang berada di posisi ke-tiga dari matahari ini menjadi tempat tinggal manusia sejak dahulu kala. Sebagai penghuni bumi, sudah selayaknya manusia turut serta merawat planet tercinta ini. 

Namun sayangnya, banyak pihak yang tak bertanggungjawab yang hanya mementingkan keuntungan sendiri sehingga berakhir melukai Bumi. Tak hanya berupa limbah sampah yang dibuang secara asal, adanya pabrik industri juga menyumbang pencemaran lingkungan.

Alhasil, manusia kini mau tak mau harus hidup berdampingan dengan lingkungan yang tercemari. Lebih parahnya lagi, generasi masa depan mungkin tak akan bisa merasakan nyamannya bumi.

Pasalnya, sekarang ini anak-anak saja sudah harus dihadapkan dengan sampah plastik menggunung, polusi udara, bahkan air yang mengandung racun. Hal ini tak lain disebabkan ulah manusia yang melulu mengeruk kekayaan bumi tanpa memikirkan dampak buruk yang dibuat.

Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (22/4/2019), berikut ini adalah 7 jepretan foto yang menjadi bukti bumi mulai rusak akibat ulah manusia.

2 dari 8 halaman

1. Burung bangau di atas tumpukan sampah.

Dalam foto tersebut, terlihat kumpulan burung bangau sedang berdiri di atas sampah yang menggunung. Rupanya, tempat yang kini menjadi tumpukan sampah tersebut dulunya adalah rumah mereka. Namun, mau tidak mau burung bangau yang malang tersebut justru harus hidup berdampingan dengan sampah.

3 dari 8 halaman

2. Kepiting hermit gunakan bola plastik sebagai cangkangnya.

Kepiting hermit atau yang biasa dikenal sebagai kepompong adalah salah satu hewan lucu. Tak hanya bentuknya yang unik, tapi cangkangnya yang warna-warni juga jadi poin plus hewan mungil satu ini.

Namun sayangnya, cangkang kepompong yang indah mulai diburu untuk dijadikan souvenir. Terlihat dari jepretan foto tersebut, kepiting hermit harus menggunakan bola kecil berbahan plastik jadi rumah baru mereka.

4 dari 8 halaman

3. Bocah menatap nanar halaman belakang rumahnya.

Jepretan foto yang diambil di Manila ini memperlihatkan betapa mirisnya penampakan bumi sekarang ini. Seorang bocah tertangkap kamera menatap nanar halaman belakang rumahnya yang penuh dengan genangan sampah.

Sungai yang seharusnya menjadi mata air justru tercemari dengan sampah-sampah plastik yang sulit terurai.

5 dari 8 halaman

4. Beruang hitam dan kantong kresek.

Di Kanada, beruang hitam terlihat membawa kantong kresek berisi sampah. Para binatang malang ini nampaknya kesulitan mendapatkan makanan yang layak.

6 dari 8 halaman

5. Singa laut bermain botol plastik.

Dalam jepretan foto ke-lima di atas, singa laut tampak sedang bermain-main dengan botol plastik. Terlebih lagi, di belakangnya terlihat sampah yang berserakan.

7 dari 8 halaman

6. Peserta Wajib Militer di Korea Selatan mengenakan masker.

Di Korea Selatan, wajib militer menjadi kewajiban bagi para pria. Dalam foto yang diambil Januari 2019 lalu, terlihat mereka mengenakan masker saat upacara peresmian. Pasalnya, udara di Negeri Ginseng sedang dalam kondisi buruk akibat tingkat debu yang tinggi.

8 dari 8 halaman

7. Berangkat sekolah dalam polusi udara.

Foto di atas diambil di Pakistan ketika anak-anak berangkat sekolah oleh ibunya. Terlihat jarak pandang yang begitu pendek akibat polusi udara yang parah. Udara yang tercemar tak hanya menghalangi jarak pandang namun dapat berakibat fatal pada tubuh manusia.