Sukses

8 Kata Kata Bijak Tentang Kesabaran dari Para Tokoh Terkenal, Bisa Buat Evaluasi Diri

Liputan6.com, Jakarta Kata kata bijak tentang kesabaran tentunya sudah sangat banyak kamu dengar dimana mana. Tentunya bukan kata kata seperti “orang yang sabar pantatnya lebar” yang dibicarakan disini, tetapi kata kata terkait kesabaran yang bijak. 

Diantara kata kata bijak tentang kesabaran ini, banyak yang disampaikan oleh tokoh tokoh yang berpengaruh, baik dari Indonesia maupun tokoh dunia. Banyak sekali tokoh tokoh masa lalu yang menyampaikan pesan pesan dan kata kata bijak tentang kesabaran yang dapat kamu renungkan.

Tentunya kata kata saja tidak akan bisa mengubah seseorang bila orang tersebut tidak ingin berubah. Kata kata bijak tentang kesabaran ini hanya bisa menjadi penyemangat kamu untuk menjadi pribadi yang lebih sabar.

Dengan kata kata yang tidak hanya bijak namun juga indah, bisa membuat kamu lebih termotivasi untuk menjadi orang yang penyabar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/4/2019) tentang kata kata bijak tentang kesabaran

2 dari 5 halaman

Dari Khalifah Umar dan Ali

“Aku mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar” Umar bin Khatab

Kata kata bijak tentang kesabaran yang pertama pernah disampaikan oleh Umar bin Khatab. Salah satu khalifah umat islam tersebut menyampaikan bahwa rezeki yang terbaik adalah sabar.

Hal ini memang benar, apalagi banyak juga yang mengatakan bahwa sabar itu mahal yang berarti memang sabar adalah rezeki yang paling baik yang bisa kamu miliki. 

“Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini” Ali Bin Abi Thalib

Sedangkan salah satu khalifah umat islam lainnya mengatakan bahwa sabar terbagi menjadi dua macam, yaitu sabar atas sesuatu yang tidak kamu inginkan, dan sabar dari segala sesuatu yang kamu inginkan.

Hal ini seakan menjelaskan bahwa sabar tidak hanya dalam menghadapi cobaan atau ujian yang merupakan sesuatu yang tidak kamu inginkan, tapi sabar juga bisa menjelaskan tentang bagaimana kamu menahan diri dari nafsumu untuk memiliki sesuatu yang diinginkan.

Kata kata ini merupakan kata kata bijak tentang kesabaran yang kedua.

3 dari 5 halaman

Dari Buya Hamka dan Albert Einstein

“Cinta itu perang, yakni perang yang hebat dalam rohani manusia. Jika ia menang, akan didapati orang yang tulus ikhlas, luas pikiran, sabar dan tenang hati. Jika ia kalah, akan didapati orang yang putus asa, sesat, lemah hati, kecil perasaan dan bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan pada diri sendiri.” Buya Hamka

Kata kata bijak tentang kesabaran yang ketiga adalah kata kata dari Buya Hamka. Kata kata Buya Hamka ini mengibaratkan tentang cinta itu adlah perang dalam rohani manusia.

Perang tersebut akan menghasilkan orang yang sabar bila ia menang nantinya, tetapi perang tersebut juga bisa menghasilkan orang yang putus asa, sesat, lemahhati serta kecil perasaan bila perang itu tidak dimenangkannya.

“Orang bodoh seringkali beralasan sabar terhadap segala sesuatu yang sebenarnya dia mengalah dengan keadaan tanpa pernah berusaha” Albert Einstein

Kata kata dari Albert Einstein seorang ilmuwan yang namanya sudah pasti diketahui oleh semua orang berkat penemuan penemuannya ini mungkin akan sangat menohok bagi kamu yang berlindung di balik kata kata sabar.

Kata kata bijak tentang kesabaran ini menjelaskan bahwa banyak orang yang memakai kedok kata kata sabar dengan nasibnya, padahal dia tak pernah berusaha sedikitpun. Orang orang seperti ini dikatakan Albert Einstein sebagai orang yang bodoh.

4 dari 5 halaman

Dari Gus Dur dan Kahlil Gibran

“Sabar itu gak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti gak sabar” Gus Dur

Kata kata bijak tentang kesabaran satu ini tentunya sudah sering kamu dengar. Kata kata ini disampaikan oleh Gus Dur, mantan orang nomor 1 di Indonesia yang tentunya juga akan membuat kamu tersadar. Benar kata Gus Dur bahwa sabar itu tidak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti bukan sabar namanya.

“Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh” Kahlil Gibran

Kahlil Gibran memiliki pendapat bahwa orang yang sabar adalah orang yang kuat. Ini tergambar dari kata kata bijak tentang kesabaran yang disampaikannya yang memiliki makna bahwa orang yang kuat adalah orang yang tetap tegar dan sabar ketika mereka gagal atau sedang terjatuh.

5 dari 5 halaman

Dari Mario Teguh dan Moammar Emka

“Semua keberhasilan terbaik Anda, datang setelah kekecewaan besar yang Anda hadapi dengan sabar” Mario Teguh

Mario Teguh memiliki kata kata bijak tentang kesabaran yang lain lagi. Menurut Mario Teguh, keberhasilan terbaik yang kamu raih dihasilkan oleh kekecewaan besar yang telah kamu hadapi dengan sabar. 

“Aku mencintaimu dengan sadar dan akan terus mencintaimu dengan sabar” Moammar Emka

Kata kata dari Moammar Emka ini memiliki tema cinta. Menurut kata kata bijak tentang kesabaran dari Moammar Emka ini mengatakan bahwa seseorang yang mencintai dengan sadar, dan akan terus mencintai pasangannya dengan sabar. Bisa juga dianggap sebagai ungkapan kesetiaan.

Loading