Sukses

Ketahui Penyebab Paru-Paru Basah Ini Agar Bisa Mencegahnya Sejak Dini

Penyebab paru-paru basah yang perlu diketahui dan mencegahnya sedini mungkin.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab paru-paru basah masih belum banyak dipahami oleh orang. Padahal dengan mengetahui salah satu penyebab paru-paru basah, setidaknya kamu bisa mulai menghindari salah satu dari penyebab paru-paru basah ini. Tentunya, dengan mengetahui salah satu penyebab paru-paru basah, bisa menurunkan risiko pada diri kamu untuk terjangkit penyakit ini.

Penyakit paru-paru basah merupakan infeksi akut pada paru-paru yang bisa disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Penyakit ini memiliki istilah medis, yaitu pneumonia. Penyakit ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik. Oleh sebab itu, langkah pencegahan menjadi hal yang sangat penting.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini, berikut Liputan6.com, Selasa (23/4/2019) telah mengulas beberapa hal pentingnya. Telah merangkumnya dari berbagai sumber, mari mengenal dan mengetahui penyebab paru-paru basah serta cara mencegahnya yang bisa kamu lakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Tentang Penyakit Paru-paru Basah

Biasanya, peradangan paru-paru basah disebabkan oleh infeksi bakteri, tetapi juga dapat disebabkan oleh virus, jamur, atau parasit. Seperti diketahui, kuman-kuman ini terdapat di sekitar kita.

Walau demikian, biasanya mereka tidak bisa melewati pertahanan alami pada orang yang sehat. Pada saat menghirup udara pernapasan, kuman-kuman akan disaring terlebih dahulu melalui hidung dan sepanjang saluran nafas untuk melindungi paru-paru dari infeksi.

Sistem kekebalan tubuh tersebut diperani oleh bentuk hidung dan tenggorokan yang sedemikian rupa, reflek batuk dan bersin, dan adanya struktur rambut yang disebut silia di sepanjang saluran napas ini guna membantu menghentikan kuman agar tidak mencapai paru-paru.

Nah, untuk mencegah penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini, sebelumnya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab paru paru basah. Pneumonia ini bisa terjadi pada salah satu bagian paru-paru sebelah kanan, kiri atau bahkan keduanya.

Proses infeksi dan peradangan yang terjadi membuat kantung-kantung udara (alveolus) terisi cairan, maka tak heran disebut sebagai paru-paru basah. Hal ini menyebabkan alveolus tidak dapat berfungsi normal. Padahal alveolus ini berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen (masuk) dan karbondioksida (keluar) pada saat bernafas.

3 dari 6 halaman

Penyebab Paru-paru Basah

Lingkungan yang Kotor

Pada lingkungan yang kotor, juga akan menyebabkan mikroorganisme berkembang lebih pesat dan bisa menyebabkan infeksi pada seseorang yang tinggal di lingkungan kotor tersebut. Oleh karena itu, menjaga lingkungan agar tetap bersih bisa kamu lakukan untuk menghindari paparan berbagai mikroorganisme.

Daya Tahan Tubuh yang Buruk

Saat kondisi daya tahan tubuh kamu sedang tidak baik, maka akan sangat mudah terkena yang namanya paru-paru basah ini. Paru-paru basah ini akan menginfeksi penderitanya ketika mikroorganisme seperti jamur, bakteri, dan virus masuk ke dalam paru-paru.

Mikroorganisme ini tentunya masuk ke organ manusia karena tidak adanya sistem imun yang baik untuk menangkal berbagai mikroorganisme tersebut.

Nah, salah satu mikroorganisme yang menyebabkan paru-paru basah ini adalah Streptococcus pneumonia. Mikroorganisme ini biasanya bersarang permanen di tenggorokan.

Kalau kamu sedan dalam kondisi kekebalan tubuh yang baik, maka hal ini tidak menjadi masalah. Namun bagi kamu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, maka mikroorganisme tersebut akan turun ke paru-paru dan menginfeksi.

Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Penyebab paru-paru basah selanjutnya adalah terbiasanya mengonsumsi alkohol dan rokok. Merokok dan minum alkohol ini merupakan salah satu penyebab yang bisa membuat kondisi menurunnya kesehatab tubuhmu. Juga menjadi salah satu penyebab munculnya paru-paru basah.

Umumnya, perokok dan pecandu alkohol ini memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk sehingga memungkinkan mikroorganisme penyebab paru paru basah bisa mudah masuk ke dalam organ tubuh.

4 dari 6 halaman

Penyebab Paru-paru Basah

Memiliki Penyakit Tertentu

Penyebab paru-paru basah yang dikarenakan penyakit tertentu ini adalah penyakit HIV. Seseorang yang sedang mengidap HIV, maka akan rentan terkena penyakit paru-paru basah. Soalnya, HIV ini adalah salah satu penyakit yang mengakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Nah, makin menurunnya sistem kekebalan tubuh, maka semakin rentan juga tubuh kamu terkena berbagai penyakit, termasuk paru-paru basah ini.

Pada penderita HIV, penyakit paru-paru basah disebabkan oleh mikroorganisme jamur yang bernama Pneumoctystis carinii. Merupakan jenis jamur yang tidak berbahaya bagi seseorang yang terkena HIV. Namun pada penderita HIV, jenis jamur ini dapat menyebabkan perkembangan paru-paru basah menjadi lebih agresif dan berkembang dengan cepat.

Terkena Zat Kimia

Zat kimia juga bisa menimbulkan paru-paru basah. Zat kimia yang dimaksud di sini adalah ketidaksengajaan saat menghirup makanan atau zat yang berasal dari muntahan. Misalnya, yang biasa terjadi adalah menghirup atau menelan kembali muntahan yang berasal dari lambung.

Makanan muntahan ini telah mengalami proses pencernaan di lambung sehingga menyebabkannya menjadi asam. Nah, cairan muntahan yang masuk ke paru-paru ini akan menyebabkan paru-paru kamu terisi dengan cairan dan membuatnya terkena infeksi.

Penularan

Kasus ini memang jarang terjadi, namun paru-paru basah dapat ditularkan seperti halnya penyakit influenza pada umumnya. Virus yang menyebabkan paru-paru basah dapat menyebabkan penyakit pilek seperti halnya kasus influenza biasa.

Namun jika virus tersebut mencapai tenggorokan, saluran pernapasan atas, dan sinus, hingga mencapai paru-paru tentu paru-paru basah tidak dapat terhindarkan.

Virus RSV

Kalau virus RSV ini merupakan salah satu jenis mikroorganisme yang menyebabkan paru-paru basah pada anak-anak dan bayi. Virus ini biasanya menjadi penyebab paru-paru basah. Biasanya kondisi yang disebabkan oleh virus ini tidak mengancam kehidupan. Namun pada kondisi tertentu, terutama jika tidak segera mendapatkan penanganan medis, maka akan menyebabkan kondisi serius.

5 dari 6 halaman

Cara Mencegah Agar Terhindar dari Paru-paru Basah

Setelah mengetahui penyebab paru-paru basah, agar terhindar dari penyakit paru-paru basah ini, kamu bisa coba sejak dini untuk mencegahnya sendiri. Setidaknya, dengan melakukan pencegahan ini, kamu bisa terhindar dari penyakit paru-paru basah. Berikut cara mencegah paru-paru basah yang bisa kamu terapkan.

Memberikan Vaksin Penumonia

Pemberian vaksin pneumonia ini tidak hanya diberikan pada balita saja, melainkan dapat juga diberikan kepada orang dewasa dan orang tua. Soalnya, paru-paru basah ini dapat menginfeksi seluruh lapisan usia.

Pemberian vaksin tersebut dapat mencegah perkembangan virus, bakteri, dan jamur yang menyebabkan pneumonia. Maka ada baiknya kamu melakukan vaksin ini, meskipun kamu tidak memiliki tanda-tanda paru-paru basah.

Menjaga Kebersihan Diri

Virus, bakteri, dan jamur dapat masuk ke dalam tubuh melalui makana. Oleh karena itu, pastikanlah makanan yang kamu konsumsi terjaga kebersihannya agar kemungkinan masuknya mikroorganisme penyebab paru paru basah dapat dihindari. Selain itu, kamu bisa membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan agar berbagai mikroorganisme yang ada di tangan tidak masuk ke dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Agar Terhindar dari Paru-paru Basah

Menggunakan Antibiotik

Memang, antibiotik tidak disarankan, namun kamu dapat mengonsumsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi kamu yang sudah terkena paru-paru basah, mengonsumsi antibiotik dapat menekan perkembangan paru-paru basah. Sehingga prosesnya dapat diperlambat.

Nah, untuk menekan perkembangan paru-paru basah ataupun mencegahnya hadir di tubuh kamu, bisa juga melakukan istirahat yang teratur. Dengan istirahat yang teratur, penting untuk mengembalikan stamina tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Berhenti Merokok

Rokok memiliki kandungan zat kimia yang dapat memperburuk paru-paru. Zat kimia dalam rokok juga berpotensi melumpuhkan sistem kekebalan dalam tubuh. Asap rokok yang masuk ke dalam saluran napas juga berpotensi merontokkan bulu-bulu di saluran napas yang memiliki fungsi untuk menangkap berbagai mikroorganisme yang melewati saluran napas.

Dengan kata lain, merokok dapat meningkatkan resiko paru-paru basah. Untuk itu, berhentilah merokok jika tidak ingi terkena paru-paru basah atau berbagai jenis penyakit lainnya.

Olahraga

Dengan berolahraga, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lakukanlah olahraga secara rutin, setidaknya 20 menit per hari untuk memperoleh tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya penyakit paru-paru basah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini