Sukses

8 Wisata Gunung Merapi Ini Penuh dengan Cerita Sejarah, Bikin Takjub

Wisata gunung Merapi yang wajib dikunjungi untuk mengenal lebih dekat tentang Merapi dan sekitarnya yang seru dan indah.

Liputan6.com, Jakarta Wisata gunung Merapi bisa kamu jadikan alternatif lain saat berkunjung ke Jogja. Ya, seperti yang diketahui, kalau Jogja itu punya banyak sekali destinasi tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Tak hanya kental dengan nilai budayanya, kekayaan alam Jogja juga turut menghadirkan berbagai tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Inilah yang menjadi beberapa alasan para wisatawan untuk selalu mengunjungi Jogja.

Jogja juga terkenal dengan adanya gunung Merapi yang masih aktif hingga kini. Hal inilah yang membuat beberapa wisatawan penasaran dengan keberadaan gunung Merapi ini. Siapa sangka, keindahan pesona gunung Merapi ini tak terbantahkan lagi dengan beradunya misteri dan tragedi yang melingkupi tentang gunung ini.

Kota gudeg ini menjadi saksi sebuah terjadinya bencana alam, letusan Merapi pada 2010 silam. Tapi ternyata, di balik bencana ini Jogja masih tetap terlihat indah. Siapa sangka, daerah kawasan Merapi kerap dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Soalnya, banyak tempat-tempat di daerah Merapi ini yang menyajikan hal-hal luar biasa.

Wisata gunung Merapi ini memberikan pemandangan alam yang indah, hingga tempat berbau sejarah ada semua di sini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata gunung Merapi. Selain untuk berlibur, tempat wisata gunung Merapi ini juga memberikan pengalaman edukatif bagi pengunjungnya.

Nah, bagi kamu yang berencana ingin melakukan petualangan dan perjalanan yang penuh dengan tantangan, bisa banget menjadikan wisata gunung Merapi ini sebagai pilihannya. Berikut ini Liputan6.com, Selasa (23/4/2019) memberikan rekomendasi tempat wisata gunung Merapi yang wajib banget dikunjungi saat ke Jogja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Gunung Merapi yang Indah

Bunker Kaliadem

Wisata gunung Merapi yang tak boleh terlewatkan adalah bunker atau lubang bawah tanah. Tempat ini dulunya digunakan masyarakat di Desa Kepuharjo, Cangkringan, untuk melindungi diri ketika awan panas dari Merapi datang. Perjalanan ini akan penuh emosional saat wisatawan disajikan cerita-cerita seputar Bunker Kaliadem yang bisa kamu perloeh dari pemandu wisata di sana.

Selain mendapatkan cerita penuh emosional, kamu juga bisa menikmati indahnya alam di sekeliling Bunker Kaliadem ini. Kamu bisa menikmati setiap titik untuk berswafoto dan tentunya berfoto dengan Merapi dari dekat.

Museum Sisa Hartaku

Selain gunung Merapi yang menjadi ciri khasnya, kamu juga bisa lebih dekat merasakan bagaimana kejadian meletusnya Merapi saat itu dengan mengunjungi Museum Sisa Hartaku.

Berkunjung ke tempat wisata gunung Merapi yang satu ini, kamu dapat menemukan berbagai penyimpanan barang-barang warga setempat yang masih tersisa setelah terjadinya letusan gunung Merapi tersebut.

Berbeda dengan bentuk gedung museum pada umumnya yang penah kamu jumpai. Museum Sisa Hartaku ini berupa bangunan yang dulunya adalah rumah, yang saat ini rumah ini hanya tersisa dindingnya saja.

Di sana kamu bisa melihat banyak perkakasa sehari-hari yang sudah tidak layak digunakan lagi, seperti sepeda sepeda motor, TV, meja, kursi, peralatan dapur, hingga hewan ternak.

3 dari 4 halaman

Wisata Gunung Merapi Lengkap Mulai Sejarah Hingga Alam

Museum Gunung Merapi

Tak hanya Museum Sisa Hartaku, untuk lebih mengenal tentang gunung Merapi sendiri kamu bisa mengunjungi Museum Gunung Merapi. Berbeda dengan Museum Sisa Hartaku, museum ini memiliki bentuk gedung seperti pada umumnya.

Saat kamu masuk ke dalam gedung, kamu akan disuguhi dengan replika gunung Merapi berukuran besar lengkap dengan asap di puncaknya dan suara gemuruh yang menggema.

Nah, Museum Gunung Merapi ini adalah tempat terbaik untuk belajar mengenai kejadian letusan gunung Merapi dari masa ke masa. Lengkap banget. Di museum ini juga menyimpan jejak keganasan wedhus gembel yang menerjang rumah-rumah di lereng merapi.

Mengelilingi ruang pamer yang ada di sini bakal memberikan banyak pengalaman berupa pelajatan alam maupun cerita kehidupan yang sangat berharga. Selain replika gunung Merapi dan ruang pamer, museum ini juga dilengkapi dengan bioskop mini yang bisa menampung hingga 85 orang.

Makam Mbah Marijan

Sosok Mbah Marijan cukup dikenal sebagai guru kunci dari gunung Merapi. Ya, dirinya tewas akibat letusan pada tahun 2010 lalu. Meskipun hanya makam biasa, namun hingga kini banyak wisatawan yang berkunjung ke sana baik untuk berziarah maupun hanya sekedar ingin mengetahui kisah Mbah Marijan selam menjadi huru kunci Merapi.

Bukit Klangon

Mengusung konsep gardu pandang setinggi lima meter, bukit Klangon ini cocok banget untuk menikmati pemandangan gunung Merapi dan berfoto dengan latar yang sangat keren.

Waktu yang sangat baik untuk menikmati pemandangan dengan latar belakang Merapi ini adalah pagi hari saat matahari terbit ke bukit.

Bukit Klangon ini memiliki nama asli Wisata Alam Bukit Glagaharjo yang terletak di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan. Selain memiliki spot foto dengan latar gunung Merapi, bukit Klangon ini juga memiliki lintasan sirkuit downhill bagi para pembalap sepeda gunung.

4 dari 4 halaman

Wisata di Sekeliling Gunung Merapi Lainnya

The Lost World Castle

Tempat wisata gunung Merapi lainnya yang tak kalah seru adalah The Lost World Castle. Tempat wisata ini menawarkan spot foto yang unik. Identik dengan bentuk bangunan yang berupa kastil, yang memanfaatkan batu sisa erupsi Merapi sebagai bahan bajunya. Menjadikan tempat wisata ini sukses memikat para pengunjung.

Terdapat banyak spot foto menarik yang ada di sini. Salah satu spot yang sangat ramai diminati adalah spot paradise gate dan latar sayap. Selain itu ada juga spot dengan rumput hijau yang menghampar luas dengan latar berhias pohon sakura.

Perlu diketahuin bahwa tempat wisata ini merupakan daerah kawasan rawan bencana. Tepatnya terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Jadi mesti waspada karena bisa sewaktu-waktu erupsi.

Stonehenge Jogja

Jika melihat gambar ini, pasti kamu sudah tak asing lagi terkait keberadaannya. Ya, bangunan asli Stonehenge ini terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris.

Namun jika kamu ingin menikmati indahnya bangunan bebatuan ini, kamu tak perlu pergi ke Inggris. Kini replika Stonehenge bisa kamu nikmati di Jogja, terpatnya di Desa Cangkringan. Tepatnya terletak di kaki gunung Merapi.

The World Landmark Merapi Park

Tempat wisata gunung Merapi lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Marapi Park atau yang disebut juga dengan The World Landmarks Merapi Park. Tempat ini menawarkan beraneka ragam miniature dari beberapa landmark yang ada di dunia seperti menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty, dan lain sebagainya.

Selain itu, tempat wisata ini makin nampak indah dan bagus dengan adanya taman bunga warna-warni yang mengelilingi miniatur-miniatur ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini