Sukses

Kuliner Malam Jogja yang Terkenal dengan Cita Rasa Khas, Wajib Kamu Cicipi

Salah satu kuliner malam Jogja ini buka 24 jam dalam sehari

Liputan6.com, Jakarta Kuliner malam Jogja tidak selalu soal Nasi Gudeg yang juga menjadi makanan khas Jogja. Banyak jenis kuliner malam Jogja yang bisa kamu nikmati mulai dari berbagai macam olahan nasi, hingga bakmi bisa kamu temui di sudut-sidut kota Jogja dan jangan kaget karena pasti banyak pembelinya. 

Jogja memang terkenal dengan tempat wisata yang memiliki banyak tempat hiburan. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, peninggalan sejarah, candi, hingga wisata moderen seperti mall, toko souvenir, dan wisata kuliner.

Wisata kuliner Jogja juga cukup beragam. Mulai dari kuliner khas Jogja seperti gudeg, aneka camilan khas Jogja seperti bakpia, hingga minuman dan aneka makanan ringan lainnya.

Selain wisatawan yang selalu berdatangan setiap harinya, bahkan setiap jamnya, Jogja seperti tidak pernah tidur untuk menyuguhkan hiburan bagi yang mencarinya. Selain itu, Jogja sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia membuat banyak kafe-kafe dan tempat nongkrong yang buka hingga malam hari dan menjadi tempat berkumpul para pelajar tersebut.

Wisatawan yang datang ke Jogja juga tidak perlu bingung jika malam hari tiba-tiba terasa lapar atau ingin menikmati kuliner malam Jogja, karena di Jogja terdapat berbagai macam kuliner malam yang bahkan buka hingga 24 jam.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa kuliner malam Jogja yang cukup terkenal dan wajib kamu cicipi ketika kamu berada di Jogja, yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (23/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Nasi Gudeg

Gudeg adalah salah satu makanan khas Jogja yang sangat digemari oleh para wisatawan. Gudeg bisa ditemui di berbagai tempat di Jogja terutama di pusat kota Jogja. Gudeg juga sering di jual pada waktu malam hari, dan menjadi kuliner malam Jogja yang wajib kamu cicipi.

Banyak tempat yang menyediakan gudeg hingga malam hari bahkan buka hanya pada waktu malam hari saja. Contohnya Gudeg Yu Yam dan Gudeg Yu Yah, yang ada di daerah Jalan Magelang, Yogyakarta. Warung gudeg ini buka malam hari mulai pukul 24.00-07.00 WIB.

3 dari 7 halaman

2. Angkringan

Jogja juga terkenal dengan angkringannya. Banyak angkringan yang biasanya mulai buka dari sore hari hingga malam hari. Kamu bisa menemukan angkringan di beberapa tempat di Jogja seperti di daerah Stasiun Tugu, Jalan Malioboro, dan lain sebagainya.

Kuliner malam Jogja yang satu ini juga banyak di datangi oleh wisatawan hingga pelajar yang ingin menikmati suasana malam di Jogja, atau hanya untuk sekedar makan saja. Selain itu, angkringan juga terkenal dengan harganya yang murah dan merakyat.

Kamu harus mencoba kuliner malam Jogja yang satu ini. Salah satu angkringan yang cukup terkenal adalah Angkringan Lik Man yang berlokasi di Jalan Wongsodirjan, Jogja.

4 dari 7 halaman

3. Soto Sampah

Jangan takut dengan namanya. Walaupun mungkin untuk sebagian orang yang baru mendengarnya Soto Sampah akan terdengar aneh, namun kuliner malam Jogja satu ini juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin menikmati kesegaran kuah soto di malam hari.

Soto Sampah dijuluki demikian karena memang memiliki rempah-rempah dan campuran di dalam soto yang beragam dan mirip sampah. Namun rasanya tidak akan mengecewakan. Soto Sampah buka mulai dari pukul 19.00 WIB hingga pagi hari. Lokasinya berada di Jalan Kranggan, Cokrodiningratan, Kota Yogyakarta.

5 dari 7 halaman

4. Nasi Rames Demangan

Kuliner malam Jogja yang satu ini berlokasi di daerah Demangan, tepatnya di Jalan Affandi Nomor 5, Klintren, Gondongkusuman, Kota Yogyakarta. Nasi Rames Demangan buka mulai dari malam hari hingga sampai pagi hari sekitar pukul 04.00 WIB.

Banyak mahasiswa dan pelajar yang makan di sini karena harganya yang cukup murah dan pastinya banyak pilihan menu makannya. Sangking banyaknya pembeli, kamu harus rela antri untuk menikmati Nasi Rames Demangan yang sudah melegenda ini.

6 dari 7 halaman

5. Mie Ayam Grabyas

Mie Ayam Grabyas berlokasi di kawasan Malioboro tepatnya di Jalan Malioboro Nomor 60, Suryatmajan, Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata kuliner malam Jogja satu ini buka mulai dari pukul 23.30-03.30 WIB.

Mie Ayam Grabyas menggunakan emperan toko yang telah tutup sebagai lokasinya. Namun kuliner ini tidak pernah sepi dan berhenti melayani pesanan pelanggan. Tidak ada yang berbeda dari mie ayam pada umumnya yang terdiri dari mie basah kecil, sawi hijau, daging ayam, dan pangsit.

Kemudian campuran tadi disiram dengan kuah kaldu berisi dua butir bakso sehingga memunculkan perpaduan rasa gurih hangat ketika disantap dimalam hari.

7 dari 7 halaman

6. Sate Samirono

Sate Samirono adalah kuliner Jogja yang buka bahkan 24 jam dalam sehari. Jadi Sate Samirono bisa menjadi kuliner malam Jogja yang bisa kamu cicipi ketika malam hari ingin menikmati sate.

Warung sate ini sudah cukup terkenal di Jogja dan sudah berdiri sejak tahun 1977. Banyak jenis sate yang dijual di sini diantaranya adalah sate bebek, sate ayam, gulai, sate buntel, tongseng, nasi goreng, dan tengkleng. Harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp.8.000 sampai dengan Rp.23.000 rupiah saja. Lokasi Sate Samirono berada di Jalan Colombo 105/ 35 Jogja.

Selain beberapa kuliner malam Jogja di atas, masih banyak kuliner lainnya yang cukup terkenal dan menyajikan makanan enak dan bisa kamu cicipi. Jogja memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang tidak pernah tidur akan aktivitasnya. Jadi jangan bingung ketika merasa lapar tengah hari ketika di Jogja, karena banyak kuliner malam Jogja yang bisa kamu datangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini