Sukses

Sering Dikonsumsi, Ternyata 6 Makanan Ini Bisa Buat Kamu Cepat Tua

Makanan yang sering dikonsumsi ini ternyata bisa menyebabkan penuaan dini.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi tua adalah pasti. Namun bagaimana jika proses tuamu itu datang menghampiri lebih cepat? Benar saja, hal ini sangat mungkin terjadi pada siapa saja. Tak ada yang bisa menutupi atau memungkiri jika kulit sudah menjadi tua. Ternyata penyebab dari penuaan dini ini terjadi akibat dari kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Salah satunya adalah konsumsi makanan.

Makin banyaknya jenis makanan yang ada, jika kamu tak pandai dalam memilih dan mengonsumsinya dengan baik dan benar, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuhmu. Siapa sangka, makanan yang sering kamu konsumsi sehari-hari ini merupakan penyebab dari penuaan dini.

Siapa yang ingin mendapati penuaan dini? Tentunya tidak ada. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya penuaan dini, kamu bisa mengubah pola makan tidak sehat yang sering banget kamu konsumsi. Memang, tanpa disadari beberapa makanan yang sering kamu konsumsi ini ternyata menyebabkan kulitmu menjadi cepat tua.

Sebenarnya ada makanan apa saja yang bisa menyebabkan penuaan dini? Berikut Liputan6.com, Selasa (23/4/2019) telah merangkumnya dari Herbeauty mengenai beberapa makanan yang ternyata bisa membuat kondisi kulitmu menjadi cepat tua. Berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gula dan Kafein

Gula

Hidangan makanan yang biasa dikonsumsi tidak terlepas dari campuran gula. Nah, siapa sangka kalau ternyata gula menjadi salah satu penyebab nomor satu dalam membuat kondisi kulit menjadi cepat keriput.

Gula dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, yang secara tak langsung dapat memunculkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, pentingnya untuk mengurangi hingga menjauhi gula.

Kafein

Memang tidak ada yang salah dalam mengonsumsi beberapa sajian dengan olahan kafein seperti kopi. Namun jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak, maka bersiaplah untuk mendapatkan kondisi kulit yang cepat keriput.

Kafein dapat mendehidrasi kulit kamu, apalagi jika menambahkan susu dan gula. Kamu bisa cukup aman dalam mengonsumsi kafein atau kopi, namun dengan cara yang tepat. Kamu bisa minum segelas air setelah minum secangkir kopi. Hal ini untuk menangkal efek kafein atau kopi pada kulit kamu.

3 dari 6 halaman

Margarin

Margarin merupakan salah satu makanan penyebab penuaan dini. Penelitian telah menunjukkan hubungan langsung antara konsumsi margarin dengan proses penuaan. Ya, margarin jauh lebih buruk daripada mentega karena mengandung asam lemak yang memengaruhi elastisitas kulit dan kadar kolagen.

4 dari 6 halaman

Kentang Goreng

Siapa yang tak menyukai makanan ringan ini? Biasa dijadikan menu camilan, siapa sangka kalau ternyata kentang goreng dapat merusak kulitmu. Ya, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya menyebabkan penuaan dini.

Kentang goreng yang asin, digoreng dengan minyak, dan kentang yang akan menjadi gula di dalam tubuh. Tentunya semua bahan-bahan ini kurang baik untuk kondisi kesehatan tubuhmu apalagi kulit.

5 dari 6 halaman

Permen

Seperti yang diketahui, bahan dasar dari permen adalah gula. Gula pada permen merupakan gula olahan yang menjadi menyebabkan insulin menjadi meningkat dan tentunya meningkatkan berat badan dengan cepat.

Kamu bisa tetap mengonsumsi jenis permen seperti dark coklat. Namun pastikan kandungan pada dark coklat tersebut tidak ada bahan aditif dan gula yang berbahaya di dalamnya. Agar kamu tetap aman dalam mengonsumsinya tanpa takut menjadi tua.

6 dari 6 halaman

Daging Olahan

Hidup di era modern ini, pasti tak jauh dari pola mengonsumsi makanan cepat saji. Salah satunya yang biasa dikonsumsi masyarakat modern ini adalah daging olahan. Ya, sudah cukup banyak daging olahan seperti ham, bacon, dan sosis yang ternyata sangat tidak baik untuk kondisi kulit kamu.

Soalnya daging olahan ini dikemas dengan bahan pengawet yang di mana dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Agar tetap aman dalam mengonsumsi daging, kamu bisa memilih daging segar yang bisa diolah sendiri di rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini