Sukses

6 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan, Perlu Kamu Hindari

Hindari kebiasaan buruk ini, karena bisa mengancam kesehatanmu.

Liputan6.com, Jakarta Melakukan aktivitas setiap hari tentunya bakal memberikan efek yang menguntungkan bagi diri sendiri. Namun bagaimana kalau di antara kegiatan yang kamu lakukan ini, ternyata terselip kebiasaan buruk yang ternyata malah mengganggu kesehatanmu? 

Alih-alih ingin menghasilkan sesuatu dari sebuah kegiatan yang dilakukan, namun kebiasaan yang buruk ternyata malah berdampak tidak sehat.

Tentunya kamu tak ingin, bukan? Ya, tanpa disadari kamu pernah melakukan kebiasaan buruk entah itu disengaja ataupun tidak. Bahkan karena seringnya kamu melakukan kebiasaan tersebut, malah menjadi kebiasaan yang rutin atau biasa kamu lakukan. Hal ini terjadi, mungkin kamu berpikir kalau ini bukanlah masalah yang besar.

Namun siapa sangka, jika kebiasaan buruk ini jika dipertahankan dalam waktu yang lama malah berdampak buruk bagi kesehatan tubuhmu. Nah, berikut ini Liputan6.com, Selasa (23/4/2019) telah merangkum beberapa kebiasaan buruk yang perlu segera kamu jauhi agar tak mengancam kesehatanmu kelak. Dilansir dari Reader’s Digest, ini kebiasaan buruk yang perlu kamu jauhi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Duduk Terlalu Lama

Banyak kegiatan yang dilakukan hanya dengan duduk. Nyamannya mengerjakan sesuatu dengan duduk ini, ternyata memberikan dampak yang cukup buruk bagi kesehatan kamu.

Semakin seringnya kamu duduk, maka mampu memberikan risiko pada gaya hidup yang tidak sehat. Dimana akan muncul beberapa penyakit seperti kenaikan berat badan, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Agar terhindar dari penyakit ini kelak, kamu bisa melakukan sedikit pergerakan jika kegiatanmu dihabiskan dengan duduk. Kamu bisa melakukan jalan secara berkala.

Saat kamu duduk, perlu juga memperhatikan postur tubuh agar tak mengalami sakit punggung atau leher. Posisikan lutut kamu pada sudut 90 derajat dan kaki rata di lantai atau permukaan datar. 

3 dari 7 halaman

Menatap Layar Komputer Sepanjang Hari

Menurut American Optometric Association, rata-rata para pekerja di Amerika menghabiskan tujuh jam untuk menatap layar komputer. Dimana hal ini dapat menyebabkan sindrom pada penglihatan.

Menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan masalah pada penglihatan, termasuk ketegangan mata bahkan kerusakan retina.

Jika memang kegiatanmu mengharuskan berada di depan layar komputer, kamu bisa melakukan aturan 20-20-20. Artinya adalah, setiap 20 menit kamu perlu melakukan istirahat dengan 20 detik menatap sesuatu yang jaraknya 20 kaki.

Hal ini dapat mengurangi ketegangan pada mata dan juga dapat meningkatkan kedipan agar mata kamu tidak kering dan iritasi.

4 dari 7 halaman

Menahan Buang Air Kecil

Menahan buang air kecil sangat tidak baik bagi kesehatanmu. Jika kamu menahannya, maka akan membuat alirannya menjadi stagnan dan memberi kesempatan bakteri untuk tumbuh di kandung kemih. Hal ini juga memungkinkan untuk pindah kembali ke hulu ginjal.

Menahan buang air kecil berisiko terkena infeksi kandung kemih, ginjal, bahkan prostat. Apalagi jika kamu memiliki kondisi urologis atau sedang hamil. Pastikan kamu untuk buang air kecil empat hingga tujuh kali dalam sehari (setidaknya setiap empat hingga enam jam).

Jika tidak, menandakan bahwa kamu kurang cukup cairan dan mungkin mengalami dehidrasi.

5 dari 7 halaman

Menggigit Kuku

Ternyata, kebiasaan menggigit kuku ini ternyata akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuhmu. Terlihat sepele, ternyata dengan menggigit kuku dapat menyebabkan keruskan pada kuku dan infeksi kulit sekitarnya yang disebut dengan paronychia.

Berbagai dampak buruk pada kesehatan yang dapat terjadi jika kamu terbiasa menggigiti kuku adalah dapat merusak gigi, penyebaran kuman yang dapat mengakibatkan rusaknya sistem pernapasan atas dan infeksi lainnya.

Menggigit kuku biasanya merupakan kebiasaan bawah sadar seperti kecemasan. Sebuah penelitian di Kanada juga menemukan bahwa menggigit kuku juga disebabkan oleh kebosanan dan frustasi.

6 dari 7 halaman

Tidak Memberikan Tabir Surya

Tabir surya sangat penting bagi perlindungan kulit tubuhmu. Namun bagi kamu yang memiliki kegiatan super padat, pasti melewatkan beberapa area tubuh untuk tidak diberikan tabir surya. Padahal, ada beberapa area tubuh yang ternyata sangat perlu kamu beri tabir surya. Selain bagian wajah dan badan, ternyata kamu juga tak boleh melewatkan area jari-jari kaki, alas kuku, telinga, bahkan kulit kepala.

Jadi pastikan untuk memberikan tabir surya ke seluruh bagian kulit terluar tubuhmu, agar terhindar dari paparan matahari yang langsung mengenai kulitmu. Selain itu, kamu juga perlu mengulangi pemakaian tabir surya saat sedang berada di luar ruangan. Hal ini berguna agar kulitmu selalu mendapat atau menyerap tabir surya selalu.

7 dari 7 halaman

Mengenakan Sepatu yang Salah

Alas kaki menjadi komponen yang sangat dibutuhkan guna menunjang kegiatanmu. Alih-alih ingin melindungi kaki, namun jika memilih alas kaki yang salah justru akan membuat kaki kamu akan mendapatkan efek yang kurang baik. Ya, alas kaki yang kamu kenakan dapat memengaruhi kesehatan kaki, lutut, pinggul, dan juga punggung kamu.

Oleh karena itu, pastikan kamu memilih alas kaki yang mampu memberikan kenyaman secara menyeluruh. Baik dalam memilih high heels, sepatu olahragam bahkan sandal jepit, pastikan memiliki pendukung yang baik guna melindungi kakimu secara utuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini