Sukses

8 Makanan Ini Ampuh Atasi Sembelit, Salah Satunya Alpukat

Sembelit adalah gangguan kesehatan berupa sulit buang air besar.

Liputan6.com, Jakarta Sembelit merupakan suatu masalah pada perut yang tentunya sangat menjengkelkan. Hal ini bisa menjadi pengganggu bagi kamu dalam menjalani aktivitas.

Sembelit sebenarnya adalah gangguan kesehatan berupa sulit buang air besar. Banyak orang yang menganggap gangguan kesehatan berupa sembelit ini sebagai gangguan yang sepele, padahal bila dibiarkan bisa mendatangkan risiko penyakit yang lebih besar nantinya. Apalagi bila kamu terlalu sering mengalaminya.

Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui makanan sehari hari apa saja yang bisa mengatasi dan mencegah terjadinya sembelit. Beberapa buah-buahan, sayuran dan makanan yang dapat ditemukan dimana mana bisa menjadi alternatif dalam mengatasi sembelit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/4/2019) ragam makanan sehari hari yang ampuh mengatasi sembelit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pisang dan Pepaya.

1. Pisang

Makanan sehari-hari untuk mengatasi sembelit yang pertama adalah Pisang. Tentunya bukan menjadi rahasia lagi bahwa pisang merupakan buah buahan yang sangat baik untuk tubuh, termasuk dalam mengatasi sembelit. Pisang dapat melancarkan penceranaan dengan kandungan mineral yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan tubuh. Tetapi kamu harus memerhatikan lagi, kamu harus mengonsumsi pisang yang sudah benar benar matang. Bila kamu mengonsumsi pisang yang belum matang, malah bisa menyebabkan sembelit itu sendiri.

2. Pepaya

Pepaya juga sudah terkenal sebagai buah buahan yang bisa melancarkan pencernaan. Kandungan papain pada pepaya bisa membantu melumatkan dan menyerap nutrisi dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki oleh pepaya juga membantu tubuh dalam mencerna makanan. Karena itulah pepaya sangat ampuh dalam mengatasi sembelit.

3 dari 5 halaman

Alpukat dan Gandum Utuh.

3. Alpukat

Masih dari kelompok buah buahan, makanan sehari hari yang ampuh mengatasi sembelit adalah buah alpukat. Alpukat yang kaya akan serat dapat membantu makanan bergerak lebih cepat pada usus halus dan membantu penyerapan air untuk mengatsi dan mencegah terjadinya sembelit.

4. Gandum Utuh dan Oats

Gandum utuh biasanya rendah akan lemak dan memiliki serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi. Dengan kandungan kandungan tersebut gandum utuh dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit pada tubuh kamu. Selain itu, oats juga merupakan sumber serat yang bermanfaat dalam mengatasi sembelit. Hal ini masih terkait dengan biji gandum yang terdapat dalam oatmeal yang juga baik untuk kesehatan jantung.

4 dari 5 halaman

Kacang Kacangan dan Apel.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga menjadi salah satu makanan sehari hari yang ampuh mengatasi sembelit. Kacang kacangan biasanya dapat menyediakan serat dua kali lebih banyak dibandingkan dengan sayuran lainnya. Dengan harganya yang murah dan mudah ditemukan dimana mana, kacang kacangan seperti kacang polong dapat menjadi alternatif untuk mengatasi sembelit.

6. Apel

Apel memiliki kandungan 1,2 gram serat larut dan 2,8 gram serat tidak larut yang sebagian besarnya dalam bentuk serat makanan yang disbeut pektin. Pektin dapat melunakkan tinja dan mengurangi waktu proses pencernaan yang dilakukan di usus. Hal inilah yang membuat apel bisa mengatasi sembelit. Zat pektin ini juga dimiliki oleh pisang.

5 dari 5 halaman

Kiwi dan Air Putih.

7. Kiwi

Orang yang mengonsumsi kiwi setiap hari selama empat minggu bisa buang air besar lebih baik. Dengan 2,5 gram serat, vitamin K, vitamin C, Vitamin E, Potassium, dan Folat membuat kiwi merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk perut kamu. Terutama karena kandungan serat dan air yang dimiliki kiwi sangat tinggi.

8. Air putih

Selain makanan makanan sehari hari yang telah disebutkan, ternyata air putih yang menjadi minuman sehari hari kamu juga bisa menjadi minuman yang ampuh mengatasi sembelit.

Tentunya kamu sudah tahu bahwa air memang sangat aik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, kamu harus minum air putih dengan teratur agar bisa mengatasi sembelit. Air akan membantu kotoran lebih mudah bergerak dari usus besar. Bila kamu kurang minum, makan kotoran tersebut akan sulit keluar dan menumpuk di dalam usus besar.

Oleh karena itu, air putih memiliki peran yang begitu penting dalam mengatasi smebelit karena mengonsumsi serat saja tidak cukup bagi tubuh kamu. Mengonsumsi serat tanpa meminum air putih hanya akan membuat sembelit yang kamu rasakan semakin parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.